Comscore Tracker

Doa Naik Kereta Api dan Menempuh Perjalanan Jauh, Beserta Artinya

Supaya kamu selalu terhindar dari hal-hal buruk

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat. Tiket yang terbilang murah dan dan bebas hambatan jadi alasan utama kenapa kereta api tak pernah sepi penumpang. Gak perlu khawatir terjadi macet dan lainnya.

Namun, segala hal buruk tentu dapat terjadi atas kehendak Allah SWT, termasuk saat sedang perjalanan naik kereta api. Biar selalu aman, berikut doa naik kereta api dan perjalanan jauh.

1. Doa perjalanan naik kereta api

Doa Naik Kereta Api dan Menempuh Perjalanan Jauh, Beserta Artinyaflickr.com

Saat kereta api hendak berangkat, kita dianjurkan untuk membaca doa yang diajarkan Nabi Nuh AS. Doa tersebut ada dalam Al Quran, Surat Hud ayat 41.

Berikut lafal doa perjalanan naik kereta api:

بسم الله مجرها ومرساها إن ربي لغفور رحيم

Bismilahi majreha wa mursaha inna robbii laghofuururrohim

Artinya: "Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

2. Doa saat bepergian jarak jauh

Doa Naik Kereta Api dan Menempuh Perjalanan Jauh, Beserta Artinyapinterest.com/fatmah

Selain melafalkan doa naik kereta api, kita juga dianjurkan membaca doa perjalanan jauh. Sebab, kereta api identik dengan bepergian jarak jauh. Setelah membaca doa naik kereta, lanjutkan dengan doa berikut ini.

Lafal doa bepergian jarak jauh:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, Engkau pula yang melindungi keluarga."

Baca Juga: Begini Doa dan Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban 

3. Manfaat membaca doa perjalanan naik kereta api

Doa Naik Kereta Api dan Menempuh Perjalanan Jauh, Beserta Artinyaunsplash.com/charlotte

Membaca doa-doa di atas tentu bermanfaat dan akan mendapat keberkahan di baliknya. Doa tersebut merupakan perwujudan kita untuk meminta perlindungan dan keselataman selama perjalanan berlangsung. Berharap dihindarkan dari hal-hal buruk, seperti kecelakaan.

Melalui kalimat hawwin'alaina safaranaa dalam doa bepergian jarak jauh, kita memohon kemudahan kepada Allah SWT. Meski kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, hanya Allah SWT yang tahu jalan hidup kita ke depannya.

Itulah doa saat perjalanan naik kereta api yang bisa kamu amalkan. Semoga perjalananmu lancar dan selalu dilindungi Allah SWT, ya.

Baca Juga: Doa dan Tata Cara Menyembelih Ayam dengan Benar, Sudah Tahu? 

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya