Comscore Tracker

Butuh Berlibur? Ini 5 Kiat Cerdik Liburan Hemat dan Menyenangkan

Menikmati liburan tanpa banyak kepikiran biaya bisa gak ya?

Menjalani rutinitas yang sangat padat setiap harinya tentu membuat kita bosan sampai tidak jarang stres sendiri. Dari tugas kampus yang tidak ada habis-habisnya, sampai tuntutan target dari atasan yang semakin hari semakin besar. Semua membuat kita kehabisan akal karena sudah penat dan jenuh dengan kegiatan yang itu-itu saja.

Yang dibutuhkan tidak lain tidak bukan hanyalah berlibur. Melepas penat dengan melihat dan menikmati suasana baru di tempat yang baru.

Siapa sih yang gak pengen belribur ke tempat yang diimpikan, tapi dengan biaya yang minim? Sudah pasti semua dari yang masih berstatus mahasiswa sampai yang sudah berkeluarga juga ingin nih liburan yang hemat tapi tetap menyenangkan.

Bisa sih sebenarnya mengatur semua biaya yang kemungkinan akan digunakan selama berlibur. Tapi sudah pasti akan ada saja yang menjadi beban pikiran karena khawatir budget akan membengkak. Lalu seperti apa ya kira-kira cara agar liburan kita bisa hemat budget tapi juga menyenangkan?

1. Persiapkan semuanya dari jauh-jauh hari

Butuh Berlibur? Ini 5 Kiat Cerdik Liburan Hemat dan Menyenangkansophiemichelin.com

Mengalami kepenatan dalam aktivitas sehari-hari sudah pasti membuat kita tidak sabar untuk menikmati liburan bukan? Tapi jika ingin berhemat tapi tetap menyenangkan ya sudah pasti jangan gegabah. Persiapkan semuanya dari jauh-jauh hari.

Mulai dari pemesanan tiket kamu bisa mencari promo dari berbagai maskapai atau penyedia tiket online yang biasanya akan memberikan promo besar-besaran. Termasuk untuk tiket hotel atau penginapan, bahkan bisa juga paket tour and travel yang menawarkan semua kebutuhan selama liburan di tempat yang kita tuju. 

Yang kita butuhkan adalah ketekunan mencari promo sana-sini dan kesabaran untuk menunggu waktu berlibur. Di saat yang bersamaan, kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk mengambil cuti atau menyesuaikan dengan libur kuliahmu. Sehingga liburanmu tidak akan terganggu dengan tugas dan tanggung jawab yang harus kamu selesaikan.

2. Ikut program open trip bersama teman

Butuh Berlibur? Ini 5 Kiat Cerdik Liburan Hemat dan Menyenangkanyouthincmag.com

Sudah menjadi trend di era millenial, suka berlibur bukan berarti kita harus mengeluarkan budget berlebih. Salah satu solusi yang banyak ditawarkan seperti program open trip bersama orang lain. Di mana dalam satu tour yang akan kita lakukan, kita akan bersama dengan orang lain di dalamnya. Bisa teman sendiri atau justru orang yang tidak kita kenal. Ada banyak yang bisa didapatkan saat mengikuti open trip ini?

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti program open trip adalah berhemat. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk sekali trip ke tempat yang kamu sukai, bisa dibagi bahkan jauh lebih murah dari yang harus kamu keluarkan sendirian.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan teman baru karena bisa bertemu dengan sesama traveler lain. Mau liburan ala backpacker atau yang lebih kece lagi, boleh juga pakai open trip. Tenang saja, liburanmu tetap akan menyenangkan kok.

Baca Juga: Traveler, Ini 5 Tips Menata Perlengkapan Liburan Biar Hemat Tempat

3. Perjuangkan hadiah liburan dari kantormu

Butuh Berlibur? Ini 5 Kiat Cerdik Liburan Hemat dan Menyenangkanglassdoor.co.uk

Jika ingin berlibur tanpa biaya atau bahkan malah dapat uang saku, kamu juga bisa mendapatkannya dari kantor tempatmu bekerja. Biasanya sebuah perusahaan akan memberikan karyawan mereka reward atas hasil kerja dan prestasi yang sudah dicapainya. Reward pun bentuknya bermacam-macam, mulai dari bonus berupa uang, beasiswa untuk melanjutkan sekolah sampai liburan ke tempat yang kita inginkan.

Tidak ada salahnya memperjuangkan hadiah ini. Toh kamu tidak merugikan perusahaan karena kamu juga tetap bekerja dengan baik dan malah berprestasi. Kamu bisa menikmati liburan yang dibiayai kantor, malah biasanya kamu juga akan mendapatkan uang saku dari kantormu. Kamu bisa berhemat tapi liburanmu tetap bisa jadi liburan yang kece.

4. Ikuti kompetisi berhadiah liburan

Butuh Berlibur? Ini 5 Kiat Cerdik Liburan Hemat dan Menyenangkanunsplash.com/@vanillabearfilms

Selain mendapatkan reward liburan dari kantor, kamu juga bisa memperjuangkan hadiah liburan dari kompetisi yang kamu ikuti. Banyak kompetisi yang dibuat dan diadakan dengan hadiah yang sangat menarik. Seperti lomba menulis, membuat vlog sampai dengan kompetisi membuat film pendek. Hadiah yang ditawarkan bukan hanya uang dan barang yang diinginkan. Tapi juga liburan.

Jika sudah begini, kita bisa memanfaatkan dengan mencoba mengikuti kompetisi tersebut. Meski tidak biasa dan harus mencoba sangat keras, sudah pasti hasil yang didapatkan akan sangat memuaskan. Liburan impian bisa dijalani dengan suka cita. Hemat tapi juga menyenangkan.

5. Bekerja secara nomaden

Butuh Berlibur? Ini 5 Kiat Cerdik Liburan Hemat dan Menyenangkanunsplash.com/@hjbarraza

Kalau yang satu ini bisa menjadi pilihan banyak millenial di era teknologi. Tetap bekerja, berpenghasilan tapi bisa sekalian menikmati liburan. Ya, bekerja secara nomaden adalah kuncinya. Mau jadi freelance atau pekerja remote suatu perusahaan, kamu tetap bisa bekerja di manapun kamu mau. Mau di rumah, kantor, atau bahkan di tempat liburan yang dipenuhi dengan pepohonan rindang atau sambil mendengar debur ombak di pinggir pantai.

Bekerja secara nomaden membuatmu bisa berlibur kemanapun kamu mau. Meski tetap mengeluarkan biaya sendiri, tapi pekerjaanmu akan menggantikan biaya dengan yang baru. Meski melelahkan karena harus membawa banyak barang, tapi kerjamu sangat menyenangkan karena bisa dilakukan dari mana saja sesuai dengan tempat yang kamu inginkan. 

Kalau kamu sendiri paling ingin melakukan apa nih untuk liburan hemat tapi tetap menyenangkan? Boleh yang mana saja kok, asal tetap bertanggungjawab terhadap semua tugas dan tanggung jawabmu sebelum meninggalkannya berlibur ya. Selamat berlibur!

Baca Juga: Deretan Penginapan Murah di Singapura, Liburan Hemat tapi Tetap Nyaman

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You