Comscore Tracker

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happy

Kata siapa bawa anak-anak itu ribet?

Bulan penghujung tahun memang identik dengan libur panjang. Kamu yang sudah berkeluarga, pasti gak mau melewatkannya begitu saja kan? Melihat keceriaan anak dalam liburan pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. 

Banyak keluarga yang memilih road trip atau menggunakan mobil pribadi untuk berlibur. Pasalnya, tiket pesawat di akhir tahun pastinya lebih mahal, sedangkan tiket kereta ketersediaannya terbatas. 

Nah, kalau mau perjalanan liburanmu bersama si kecil lebih simpel, gak ribet dan menyenangkan, yuk terapkan tips-tips berikut!

1. Atur baju anak dalam kantong plastik berdasarkan hari dalam berlibur

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happythecrazycraftlady.com

Dengan tips ini, kamu bisa lebih mudah menemukan baju anak dalam koper setiap harinya. Masukkan dari mulai penutup kepala sampai kaos kaki anak dalam beberapa kantong plastik sesuai jumlah hari liburan. Kamu bakal terhindar dari mengaduk-aduk isi koper untuk sekedar mencari-cari celana dalam anak.

2. Libatkan anak untuk menyiapkan mainan kesukaan atau buku yang mau dibawa

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happyinstagram.com/ichasoebandono

Bawalah mainan untuk mengatasi rasa jenuhnya di perjalanan. Bahkan, mainan atau buku favoritnya juga bermanfaat sebagai penghibur saat anak lelah atau bosan di tempat liburan. Ajak si kecil untuk menyiapkannya. Cukup yang paling disukai saja, jangan kebanyakan ya.

3. Sebelum berangkat, briefing singkat dulu dengan si kecil supaya lebih siap dan bersemangat

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happyinstagram.com/ichasoebandono

Ceritakan dengan santai pada anak-anak tentang kemana tujuan liburan, apa saja yang ada disana dan hal-hal seru apa yang bisa dilakukan. Katakan pula pada si kecil kalau perjalanan panjang kali ini gak akan terasa bosan karena akan melewati pemandangan yang indah. Pokoknya, ceritakan saja hal-hal menarik untuk meningkatkan semangatnya.

Baca Juga: Sebelum Liburan, Pastikan 5 Alat Pengaman Ini Terpasang di Mobilmu

4. Bawain snack dan minuman favorit, serta perhatikan jadwal makan si kecil

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happyinstagram.com/ichasoebandono

Sedia snack sebelum si kecil rewel karena rasa lapar. Kalau tiba jadwal makan anak, sebaiknya berhenti dulu di tempat makan atau rest area. Pastikan perut anak tetap kenyang supaya staminanya dalam berlibur tetap terjaga.

5. Ciptakan permainan dalam mobil saat anak mulai rewel dan bosan

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happyinstagram.com/ichasoebandono

Misalnya dengan bermain teropong. Sulaplah suasana perjalanan dalam mobil seperti sedang bertualang. Minta si kecil untuk menemukan dimana gunung atau layang-layang dengan teropongnya. Contoh lain, bungkuslah beberapa mainan si kecil dengan kertas kado. Minta anak untuk menebak dan membukanya. Ini sangat menyenangkan buat si kecil. 

6. Beri jeda dalam perjalanan untuk istirahat, duduk berjam-jam membuat si kecil lelah

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happyinstagram.com/ichasoebandono

Rewelnya anak terjadi karena rasa lelah atau lapar. Duduk berjam-jam dalam car seat jelas membuat tubuhnya kaku dan lelah. Biarkan saja perjalanan sedikit lambat karena beberapa kali jeda, sebab anak perlu aktifitas fisik sebelum kembali duduk lama. Melihat si kecil tetap gembira, jauh lebih menyenangkan daripada cepat sampai tapi anak sering rewel dan malah kelelahan di tempat tujuan.

7. Belikan oleh-oleh yang disukai si kecil supaya perjalanan pulang tetap happy

7 Tips Liburan Bareng Anak Supaya Gak Ribet dan Makin Happyinstagram.com/ichasoebandono

Belilah buah tangan yang menjadi kegemaran si kecil, entah itu mainan, sepatu atau pun baju. Si kecil akan sangat senang dan punya sesuatu untuk dikenang dari liburannya. Bahkan saking senangnya, bisa jadi selama perjalanan pulang, ia akan terus memeluk oleh-olehnya itu.

Nah, itulah beberapa tips simpel supaya liburanmu dengan anak-anak tercinta tetap happy dan gak ribet. Selamat liburan akhir tahun, ya!

Baca Juga: Anti Bosan, 5 Kegiatan Ini Bisa Dilakukan Bersama Anak Saat Liburan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You