Comscore Tracker

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauh

#RamadanMasaKini Persiapkan dengan sebaik mungkin ya!

Bepergian jauh memang aktivitas yang selalu dilakukan oleh sebagian manusia kapan saja bahkan saat berpuasa di bulan Ramadan. Gak hanya berlaku bagi wanita hamil maupun orang sakit, Islam juga memberi keringanan kepada orang yang bepergian jauh untuk tidak berpuasa dan bisa meng-qadha'  puasa tersebut di selain bulan Ramadan.

Meski begitu, terkadang masih banyak kalangan muslim yang tetap berniat untuk berpuasa sekalipun sedang dalam perjalanan jauh seperti mudik, silaturahmi atau sekadar traveling ke tempat wisata baik sendirian maupun bersama keluarga menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, biar menyenangkan dan tidak lekas lelah sepanjang perjalanan, kamu harus memperhatikan 5 hal ini.

1. Rencanakan tempat-tempat yang akan dikunjungi serta cari tahu dan pahami rutenya

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauhpexels.com/rawpixel.com

Perencanaan adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai aktivitas, termasuk ketika akan bepergian jauh. Dalam perencanaan ini, hal yang mesti kamu pahami secara detail seperti lokasi mana saja yang akan dikunjungi, berapa lama waktu yang kamu tempuh hingga sampai di tujuan serta rute yang paling tepat dalam mencapai tujuan.

Setelah perencanaan yang kamu buat sudah matang dan memahaminya, secara gak langsung kamu telah mempersiapkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi serta kamu juga bisa menghemat waktu dan energi tanpa harus bingung mengenai rute sebab sudah dipersiapkan sebelumnya.

2. Jaga stamina dan kesehatan sebelum memulai perjalanan

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauhunsplash.com

Begitu pun dengan kondisi fisik dan stamina yang cukup harus kamu persiapkan jauh hari sebelum melakukan perjalanan jauh. Soalnya kalau tidak dipersiapkan sebelumnya, tubuh kamu akan sangat rentan terkena penyakit seperti maag, pusing dan sebagainya.

Untuk itu, di beberapa hari sebelumnya saat berbuka maupun sahur sebaiknya mengonsumsi vitamin khusus untuk membuat tubuh tetap fit saat bepergian dan asupan energi serta cairan yang cukup supaya tidak mengalami dehidrasi saat di tengah perjalanan.

Baca Juga: Terapkan 5 Tips Jitu Ini Agar Kamu Gak Mudah Sakit Saat Traveling

3. Melakukan perjalanan di malam hari

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauhpexels.com/Yuting Gao

Berhubung puasa dilaksanakan sejak terbitnya fajar hingga azan magrib, maka alangkah baiknya kalau bepergian di malam hari. Hal ini sangat membantu orang yang berpuasa untuk tidak mudah haus lantaran terpapar sinar matahari, selain itu badan kamu juga sedang memiliki energi yang cukup karena sudah berbuka dan minum air.

4. Membawa makanan dan bekal untuk berbuka puasa

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauhlifestyle.okezone.com

Selain untuk menghemat pengeluaran saat sedang di perjalanan, membawa bekal sendiri dari rumah untuk berbuka puasa bisa menghindari risiko buruk lantaran membeli dan mengonsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan.

Gak harus makanan yang penuh dengan lauk pauk seperti halnya saat berbuka di rumah, kamu juga bisa membawa air mineral dan roti maupun kurma untuk sekadar membatalkan puasa.

5. Membawa obat-obatan yang diperlukan

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauhunsplash.com/freestocks.org

Tak kalah penting dengan bekal untuk berbuka, persediaan obat-obatan juga diperlukan sebagai bentuk antisipasi akan kemungkinan timbulnya penyakit selama di perjalanan seperti maag maupun kebiasaan mual di perjalanan.

6. Membawa barang bawaan secukupnya

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauhpexels.com/Porapak Apichodilok

Sebelum berangkat, memerhatikan dan mempertimbangkan kembali barang apa saja yang penting untuk dibawa juga bisa memudahkan kamu agar tidak ada barang yang ketinggalan ketika di tengah perjalanan serta tidak bikin ribet karena barang yang kamu bawa hanya seadanya.

8. Istirahat sejenak ketika merasa ngantuk

7 Hal Ini Harus Diperhatikan Orang Berpuasa saat Bepergian Jauhpexels.com/pixabay

Tatkala orang yang berpuasa sedang melakukan perjalanan jauh dengan transportasi umum seperti bus dan kereta api, merasa lelah dan mengantuk tidak perlu lagi dikhawatirkan. Kamu bisa lebih mudah istirahat di kursi sambil menunggu tiba sampai di tujuan.

Tapi kalau kamu menggunakan mobil pribadi bersama keluarga maupun teman, sebaiknya yang bertugas menyetir mobil istirahat sejenak dulu di sela-sela perjalanan tatkala merasa ngantuk. Hal ini harus diperhatikan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lantaran si sopir mengantuk saat perjalanan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum bepergian jauh ketika sedang berpuasa.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Peace Lover Photo Community Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You