Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!

Jangan cuma bawa foto liburan

Sudah jadi kebiasaan kita bawa oleh-oleh sepulang liburan dari daerah tersebut, baik untuk diberikan kepada kerabat maupun untuk dikonsumsi sendiri. Apalagi di kawasan wisata seperti Lombok, pilihan oleh-olehnya pasti beragam.

Tapi kalau kamu bingung memutuskan ingin membeli apa, coba simak dulu 10 oleh-oleh khas Lombok yang unik dan rasanya enak, wajib untuk kamu bawa pulang di bawah ini. 

1. Kerajinan dari ketak

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/dinar.nurna

Ketak, sejenis tanaman liar yang banyak tumbuh di Lombok. Karena seratnya kuat, ketak kerap dijadikan bahan pembuatan kerajinan tangan, mulai dari tas, tatakan gelas, tempat perhiasan, meja hias, dan sebagainya.

Penampilan barang-barang anyaman ketak pun pasti kelihatan artsy banget, siapa pun dijamin suka.

2. Kain tenun Sasak

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/ermawatinovia

Kain tenun jadi salah satu kerajinan tangan kebanggaan Lombok. Motif kain tenun yang dikerjakan masyarakat sana tentu saja berbeda dengan lainnya, unik dan punya ciri khas tersendiri. Selain dijual dalam bentuk kain, kamu bisa menemukan kerajinan berbahan kain tenun seperti tas, syal, hingga baju

3. Kopi

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/oi_ammo_coffee

Ada banyak kopi khas Nusa Tenggara Barat yang bisa kamu temukan di Lombok. Mulai dari kopi Gunung Rinjani, Gunung Tambora, hingga kopi lokal khas Desa Parabe, Lombok.

Apalagi kalau kamu pecinta kopi, membelinya langsung di desa penghasil kopi bakal jadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

4. Abon ikan marlin

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/aboncielo

Kalau abon ayam atau sapi, kamu pasti sudah sering coba, ya kan? Tapi kalau abon ikan marlin mungkin cuma bisa ditemukan di Lombok.

Abon ikan marlin punya banyak kelebihan, selain rasanya yang gurih. Di antaranya rendah kolesterol dibanding abon sapi, serta dilengkapi kandungan Omega 3 dan DHA.

5. Mutiara Lombok

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/indonesianpearl8

Si pecinta fashion mungkin langsung jatuh cinta sama kilauan mutiara yang dibudidayakan masyarakat Lombok. Biasanya mutiara ini dijual berupa butiran atau yang sudah disemat dalam perhiasan, seperti kalung, cincin, atau anting.

Ada berbagai jenis dan warna mutiara laut yang bisa kamu pilih, mulai dari keemasan, hitam, abu-abu, putih, kekuningan, dan lain-lain. Kalau mau lebih beragam, bisa pilih mutiara tawar yang hadir dalam warna cerah seperti pink, oranye, hijau, kuning, merah, atau putih.

6. Tuak manis

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/legendatuakmanis

Jangan salah paham dulu sama tuak yang satu ini. Dibandingkan minuman keras yang memabukkan, tuak satu ini punya rasa manis yang menyegarkan karena terbuat dari aren atau pohon enao. Sekilas mirip sama bir pletok yang bisa kamu temui di Jakarta dan sekitarnya, ya?

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Madiun yang Praktis Dibawa Pulang, Rasanya Enak

7. Kerajinan tembikar

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!wisatadilombok.com

Kerajinan lokal yang bakal banyak ditemui adalah tembikar, terutama di kawasan Banyumelek, Lombok Barat. Ada kendi bernama maling yang unik banget, karena lubang untuk memasukkan air justru berada di bawah, bukan di atas.

Benda-benda dari tanah liat lainnya seperti guci, gelas, piring, anglo, dan sebagainya, bisa dijadikan buah tangan unik. 

8. Madu Sumbawa

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/madu_ammasumbawa

Madu jenis ini sering banget ditemui di Lombok, meskipun asalnya dari Sumbawa. Sehingga akhirnya jadi oleh-oleh khas Lombok.

Jenisnya banyak, tapi salah satu yang unik adalah madu putih dari lebah yang bersarang di sela-sela karang putih. Harganya pun beragam, ada yang berkisar Rp30 ribuan, ada pula yang ratusan ribu.

9. Terasi bakar Lombok

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/tissacake

Ibu-ibu yang doyan masak pasti tertarik beli terasi bakar khas Lombok sebagai oleh-oleh, deh. Warga di daerah pesisir biasanya memproduksi terasi udang ini untuk dimasak atau dijual. Katanya sih di balik dahsyatnya ayam taliwang, ada terasi bakar ini.

10. Kacang mede

10 Oleh-oleh Khas Lombok yang Unik, Bukan Dodol Rumput Laut Ya!Instagram.com/oleh2khas_lombok

Kacang mede atau kacang mete jadi camilan nikmat yang bisa kamu bawa pulang usai liburan ke Kota Seribu Masjid ini. Lombok menjadi salah satu penghasil kacang mede terbesar di Indonesia, lho.

Gak sekadar kacang mede panggang atau goreng, ada juga kacang yang sudah dibumbui aneka rasa, seperti keju hingga ayam panggang.

Gimana dengan oleh-oleh khas Lombok yang unik seperti di atas. Jadi sekarang gak bingung lagi kan mau bawa oleh-oleh apa sepulang dari liburan Lombok? Ada favoritmu?

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya yang Enak, Bikin Ketagihan

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You