Comscore Tracker

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!

Bisa bingung nih kalau main ke sana

Sudah bukan rahasia lagi kalau Korea Utara punya segudang peraturan aneh yang cenderung tak masuk akal bagi rakyatnya. Salah satunya adalah melarang benda-benda yang lazimnya kita gunakan atau konsumsi setiap hari, seperti di bawah ini.

1. Coca-Cola

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!Mashable.com

Barang-barang bikinan asing, utamanya Amerika Serikat, jadi sesuatu yang sangat dilarang di Korea Utara. Termasuk salah satunya Coca-Cola. Tapi bukan berarti warga sana sama sekali gak boleh sama sekali beli minuman bersoda. Mereka tetap bisa menikmati Cola buatan China.

2. McDonald's

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!financialpost.com

Say goodbye sama McDonald's yang biasa jadi pilihan utamamu saat kelaparan tengah malam. Karena gerai fast food satu ini sama sekali tidak ada di Korea Utara. Gak cuma McDonald's, gerai makanan bergaya Barat lainnya juga tak tersedia di sana.

3. Celana dan baju berbahan jeans

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!Unsplash.com/Ben Weber

Jeans jadi jenis pakaian yang paling populer kita kenakan sehari-hari. Selain nyaman, modelnya juga modern dan cocok dipadukan dengan gaya apapun. Sayang, pakaian berbahan jeans gak bisa kamu temukan di Korea Utara. Alasannya, sang pemimpin tunggal menganggap celana dan atasan jeans terlalu ke-Barat-baratan.

4. Rokok

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!Unsplash.com/Mathew MacQuarrie

Kamu gak bakal menemukan perokok di Korea Utara, karena benda ini dilarang beredar di sana. Awalnya distribusi rokok dilarang karena mantan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, alergi terhadap asapnya. Jadi ada sisi positifnya sih, karena negara jadi bebas asap rokok deh.

5. Pembalut

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!mid-day.com

Pembalut, tampon, dan sejenisnya merupakan benda yang wajib dimiliki wanita saat tamu bulanan datang. Tapi hal serupa nampaknya sulit didapat oleh para perempuan di Korea Utara.

Di sana harga pembalut sangat mahal dan hanya kalangan tertentu saja yang mampu membelinya. Untuk mengantisipasinya, mereka biasanya membuat pembalut sendiri dari kapas dan kain yang akan dicuci setiap harinya.

6. Majalah

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!Unsplash.com/Giulia Bertelli

Media cetak dapat pengawasan superketat dari negara untuk memastikan konten yang tersebar tak memuat berita negatif tentang negaranya, maupun informasi seputar dunia luar. Untuk itu, majalah modern dan kekinian seperti yang kita produksi di Indonesia tak diperbolehkan masuk ke Korea Utara.

7. Rumah

Duh, 7 Benda Sehari-Hari Ini Gak Bisa Kamu Beli di Korea Utara Lho!Unsplash.com/Dane Deaner

Di Korea Utara, cuma kalangan elit dan tentara yang mendapat izin membangun rumah maupun melakukan transaksi jual beli properti. Rakyat biasa disarankan untuk berbagi rumah yang telah disediakan pemerintah dengan orang lain. Selain berbagi, sebuah rumah bisa mendadak berpindah tangan atau kepemilikan.

Dari tujuh hal di atas, kamu paling gak betah hidup tanpa benda yang mana, nih?

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya