Comscore Tracker

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih Hostel

Buat kamu yang jastip, pilih yang ada liftnya ya

Traveling ke luar negeri memang sudah menjamur di kalangan generasi Milenial, mulai dari traveling ke negara-negara Asia sampai dengan lintas benua. Gak sedikit kaum Milenial yang ke luar negeri lewat open trip atau tur yang diselenggarakan oleh travel agent, di mana untuk penginapan tidak perlu repot-repot karena sudah ada yang mengatur. Namun tidak jarang pula anak-anak zaman now memilih cara backpacking mandiri alias semua rencana perjalanan, penginapan, dan lain sebagainya diatur sendiri karena jatuhnya lebih hemat.

Salah satu budget yang cukup besar selain tiket pesawat untuk traveling adalah penginapan. Banyak macam penginapan saat ini mulai dari hotel, hostel, sampai rumah pribadi yang disewakan. Namun untuk backpacking di luar negeri kebanyakan Milenial memilih hostel karena harganya murah dan diakui resmi oleh negara setempat. Nah, ini dia tips-tips memilih hostel yang pas dengan budget dan membuat travelingmu makin lancar!

1. Lokasi yang strategis

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/albersHeinemann

Lokasi adalah faktor paling penting untuk kamu yang mau traveling. Pilih lokasi yang dekat dengan tempat-tempat yang ingin kamu datangi. Biasanya ada di pusat kota atau kawasan sentral. Selain itu pastikan lokasi hostel yang kamu pilih dekat dengan public transportation seperti stasiun kereta, tram, dsb. Lokasi yang strategis membuat kamu dapat menghemat budget transportasi dan membuat kamu tidak terlalu capek untuk berjalan kaki.

2. Pilihan kamar yang sesuai preferensi

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/gery

Biasanya hostel memiliki beberapa tipe kamar, ada yang semuanya cowok dengan total 4 ranjang, campur total 6 ranjang, dan lain sebagainya. Pilih kamar yang benar-benar sesuai preferensimu. Jangan karena temenmu kepengen tinggal di kamar campur lalu kamu juga ikut-ikutan walaupun gak nyaman. Kenyamanan kamu adalah nomor satu. Kalaupun berbeda preferensi dengan teman perjalananmu itu gak akan jadi masalah karena kita jadi nambah teman dengan backpacker-backpacker lainnya.

3. Wifi lancar

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/MIOTRAN

Modal utama backpacker saat traveling adalah koneksi internet karena selama traveling pasti tidak jauh dari yang namanya Google Maps, AccuWeather, aplikasi transportasi, dst. Nah kebanyakan backpacker memang membawa wifi sendiri dari Indonesia atau bisa juga beli Sim Card di negara tujuan.

Namun demi menghemat budget, ada juga membeli kuota yang secukupnya saja saat sedang jalan. Nah dengan kebiasaan generasi milenial yang wajib posting foto di Instagram, bisa aja kuota yang tersedia udah gak mencukupi. Salah satu jalan keluarnya adalah memakai wifi yang tersedia di hostel. Lumayan kan jadi hemat kuota.

4. Fasilitas dapur

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/MichaelGaida

Lidah orang Indonesia memang terkadang susah disesuaikan dengan lidah orang-orang luar negeri. Abon cabe, rendang kering, sampai Indomie merupakan makanan-makanan yang wajib dibawa ke luar negeri apalagi ke negara yang jenis makanannya sangat berbeda dengan Indonesia. Di sini yang setiap hari makan nasi, bisa saja di luar negeri gak ketemu nasi sama sekali.

Nah dapur memegang peranan penting untuk kamu yang sering kelaperan tapi gak pengen keluar banyak duit. Selain kamu bisa masak makanan sendiri yang kamu bawa dari Indonesia, kamu juga bisa memasak makanan dari bahan-bahan yang kamu beli di pasar setempat.

5. Fasilitas makanan di hostel

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/RitaE

Selain dapur, kebanyakan hostel juga memberikan fasilitas makanan untuk para penghuninnya, misal: Tiap Senin pagi akan ada Pancake gratis, tiap Rabu malam akan ada Hotdog gratis, dan seterusnya. Banyak pula yang menyediakan fasilitas sarapan pagi. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih hostel karena dengan adanya fasilitas ini, maka budget travelingmu dapat ditekan untuk urusan makanan.

Baca Juga: 8 Kota di Eropa Ini Cocok untuk Backpacker Akar Rumput, Hemat Beb!

6. Kebersihan

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/FranckinJapan

Kebersihan merupakan satu hal yang penting untuk kamu perhatiin. Jadi pastiin sebelum kamu memilih hostel, baca review-reviewnya juga mengenai kebersihan hostel tersebut, mulai dari kebersihan kamar tidur, dapur, sampai kamar mandi. Gak mau kan setelah traveling kamu jadi sakit? Lebih baik kamu membawa sarung bantal sendiri atau handuk sendiri ketika traveling sehingga kebersihan terjaga.

7. Lift atau tangga biasa

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/ambroo

Kebanyakan hostel berada di pusat kota sehingga bangunan hostel pun dibuat seperti apartemen. Kamar-kamar biasanya dimulai dari lantai 2, lantai 3, dan seterusnya. Lantai 1 digunakan untuk resepsionis dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Nah, kamu juga perlu mempertimbangkan barang bawaan yang kamu bawa. Ada yang membawa barang minimalis sehingga hostel yang menyediakan tangga biasa saja sudah cukup. Namun ada pula yang membawa barang sangat banyak apalagi yang membuka jasa titip beli atau jastip sehingga hostel yang menyediakan fasilitas lift akan lebih memudahkan.

8. Loker

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/stephriddell

Pilih hostel yang menyediakan loker terutama di kamar tidur untuk keamanan barang-barangmu yang kamu tinggal selama travelling. Hal ini dikarenakan kamu akan berbagi kamar dengan berbagai orang asing. Kalaupun ternyata hostel incaran kamu tidak menyediakan loker, maka setidaknya kopermu harus memiliki gembok sendiri untuk keamanan barang-barangmu.

9. Waktu operasional hostel

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/PhotoMIX-Company

Jam atau waktu operasional juga menjadi salah satu pertimbangan kamu dalam memilih Hostel karena biasanya backpacker akan memanfaatkan waktu sebaik-baiknnya untuk mengunjungi destinasi wisata secara maksimal. Ada yang pulang tengah malam karena perjalanan yang jauh, ada yang harus check out pagi-pagi buta untuk penerbangan. Hal ini benar-benar menjadi bahan pertimbangan kamu. Jangan sampai ketatnya jam operasional hostel menjadi penghambat kamu mengeksplorasi negara tujuanmu.

10. Fasilitas hostel lainnya

Backpacking ke Luar Negeri, Perhatikan 10 Hal Ini Saat Pilih HostelPixabay/Free-Photos

Banyak hostel yang menyediakan fasilitas-fasilitas lainnya, misal Airport Transport, Paket Trip Hemat, Free Party, Free Camping, dsb. Fasilitas-fasilitas hostel lainnya juga dapat menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih hostel selama itu sesuai dengan preferensi dan tujuan wisatamu karena biasanya hostel akan memberikan diskon khusus buat kamu sebagai penghuninya untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas tersebut.

Nah, semoga ke depannya kamu bisa benar-benar memilih hostel yang sesuai preferensimu ya. Siapa tahu ketemu jodoh pula untuk kamu yang masih single. Happy traveling!

Baca Juga: Gak Sampai Rp 100 Ribu, Ini 8 Hostel Jogja yang Cocok untuk Backpacker

Rachel Jessica Photo Verified Writer Rachel Jessica

Pecinta pizza yang otaknya terdiri dari sekumpulan paradoks yang terjalin satu sama lain. Simpelnya adalah seorang INFP.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You