Comscore Tracker

Catat, Ini 5 Tips Jalur Darat dari Malaysia-Singapura atau Sebaliknya

Tertarik mencobanya untuk liburanmu kelak, guys?

Malaysia dan Singapura kerap dijadikan destinasi liburan sebab lokasinya yang saling berdekatan. Salah satu moda transportasi umum yang ramai digunakan adalah jalur darat alias melalui kereta api ataupun bus. Terutama untuk bus, selain tarif yang terbilang ramah di saku, durasi perjalanan pun cukup singkat yakni 5-6 jam (apabila tak macet dan kendala lain).

Nah, berikut beberapa hal yang sekiranya patut kamu pertimbangkan jika memilih jalur darat, tepatnya via bus, dari Malaysia ke Singapura ataupun sebaliknya. 

1. Tentukan lokasi penjemputan berdasarkan pertimbangan yang telah disusun

Catat, Ini 5 Tips Jalur Darat dari Malaysia-Singapura atau Sebaliknyacapacitymedia.com

Terdapat beragam bus company yang menyediakan rute Malaysia-Singapura ataupun sebaliknya. Harga serta titik keberangkatannya pun beragam. Oleh sebab itu, jelilah mencari tahu lokasi mana yang sesuai dengan posisi saat akan menaiki bus tersebut.

Misalnya, jika bertolak dari Malaysia, pilihan lokasi umumnya berupa Terminal Bersepadu Selatan (TBS), Berjaya Times Square, Bangsar, dan Bukit Bintang. Sedangkan apabila bertolak dari Singapura, penumpang dapat memilih Boon Lay, Golden Mile Tower, Golden Mile COmplex, Beach Road, Kitchener Complex, The Plaza, ataupun Little India.

2. Tentukan lokasi pemberhentian berdasarkan prioritas yang telah direncanakan

Catat, Ini 5 Tips Jalur Darat dari Malaysia-Singapura atau Sebaliknyasmemagazine.asia

Selain lokasi keberangkatan, titik pemberhentian sesampainya di negara tujuan juga sangat patut dipertimbangkan. Misalnya, pilihlah lokasi yang terdekat dengan hotel tempatmu akan menginap, terutama jika memilih jadwal bus yang sampainya telah malam.

Selain itu, pertimbangan lain yakni lokasi pemberhentian yang sekiranya terdekat dengan destinasi wisata yang hendak segera dituju sesaat turun dari bus. Misalnya, jika bus yang dinaiki diestimasikan akan tiba di negara tujuan saat siang.

Baca Juga: 5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungi

3. Lakukan penukaran uang sebelum berangkat ke negara tujuan

Catat, Ini 5 Tips Jalur Darat dari Malaysia-Singapura atau Sebaliknyatripsavvy.com

Sebelum berangkat, sangat disarankan untuk melakukan penukaran mata uang asing berdasarkan negara tujuan (Ringgit atau Singapore dollar). Sesuaikan banyaknya dengan estimasi kebutuhan selama berpelesir kelak. Kendati kartu kredit dapat pula dipakai selama menghabiskan waktu di negara bersangkutan, namun peran uang tunai tetaplah penting.

Hal ini akan sangat krusial terutama ketika baru saja sampai di Malaysia ataupun Singapura, apalagi jika bus tersebut mendarat telah larut malam atau dini hari. Imbasnya, layanan penukaran uang seperti money changer tak lagi beroperasi.

4. Patuhi aturan imigrasi di kedua negara, serta bersikap gesit agar tak malah ketinggalan bus

Catat, Ini 5 Tips Jalur Darat dari Malaysia-Singapura atau Sebaliknyadreamstime.com

Selama menempuh perjalanan darat dari Malaysia ke Singapura dan sebaliknya, bus akan berhenti di kantor imigrasi kedua negara tersebut. Patuhi semua instruksi selama melakukan imigrasi 'keluar' ataupun 'masuk' yang berlaku di negara bersangkutan. 

Selain itu, bersikaplah awas supaya tak malah ketinggalan bus sebab lengah dengan waktu. Tak ada salahnya pula mendokumentasikan foto dan nomor plat bus sebelum beranjak ke dalam kantor imigrasi, serta cobalah mengingat beberapa penumpang di bus yang sama.

5. Susun trip itinerary sematang mungkin dengan mempertimbangkan faktor-faktor terkait

Catat, Ini 5 Tips Jalur Darat dari Malaysia-Singapura atau Sebaliknyasimplycleaver.com

Sebelum berangkat, susunlah rencana liburan sematang mungkin. Misalnya, spot menarik di sekitar penginapan, jarak antar penginapan dengan destinasi liburan yang ingin dituju, kemungkinan macet, moda transportasi selama di negara tujuan, ketersediaan makanan halal bagi Muslim, hingga kesesuaian daftar destinasi wisata dengan jadwal bus untuk kembali dari Singapura atau Malaysia.

Hal ini bertujuan agar liburanmu dapat lebih terencana. Alhasil, momen liburan pun akan terasa lebih memuaskan sebab tak tergesa-gesa dan kemungkinan-kemungkinan di luar perencanaan dapat lebih siap dihadapi kelak.

Itulah beberapa tips terkait jalur darat via bus antara Malaysia dan Singapura ataupun sebaliknya. Semoga tips di atas membantumu dalam merencanakan perjalanan liburan.

Baca Juga: Liburan Tiba, Ini 5 Kuliner Singapura yang Wajib Dicoba ala JWestBros!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya