Comscore Tracker

Berdasarkan Prioritasnya, Ini 5 Saran dalam Memilih Kursi Pesawat

Selamat mengudara, ya

Kendati terbilang relatif merogoh kocek yang lebih dalam, perjalanan melalui moda transportasi yang satu ini memang memangkas waktu yang signifikan serta jangkauan rute yang lebih variatif. Aspek lain yang sekiranya patut dipertimbangkan yakni kenyamanan selama mengudara di dalam pesawat tersebut, apalagi jika menempuh perjalanan yang lumayan lama. Misalnya, pemilihan kursi pesawat.

Nah, pemilihan tersebut tentunya ditentukan berdasarkan prioritas yang diinginkan penumpang. Apa saja sih triknya?

1. Pilih sisi kiri jika ingin tidur nyaman, dan sisi kanan jika ingin menikmati pemandangan

Berdasarkan Prioritasnya, Ini 5 Saran dalam Memilih Kursi Pesawatmsn.com

Usut punya usut, sisi kiri dan sisi kanan pada pesawat akan memberikan sensasi yang berbeda bagi penumpang. Pasalnya, sisi kiri lebih memungkinkan penumpang untuk dapat menyandarkan kepala ke dinding pesawat sebab jendela pada sisi tersebut tak persis di samping tempat duduk.

Namun, sisi kanan pesawat menyuguhkan pemandangan yang lapang. Sebab, jendela pada sisi tersebut memang berada di samping tempat duduk. Penumpang pun dapat menikmati pemandangan atau bahkan memotretnya dengan lebih leluasa.

2. Jika tak ingin terasa sempit, hindari memilih kursi di dekat koridor ataupun toilet

Berdasarkan Prioritasnya, Ini 5 Saran dalam Memilih Kursi Pesawatusatoday.com

Apabila hendak menghindari suasana menjadi kian terasa sempit, maka jangan memilih kursi di dekat dekat koridor ataupun toilet. Hal ini didasari oleh kemungkinan lalu-lalang penumpang yang hendak ke toilet, bahkan terjadi antrian yang imbasnya malah membuat area di sekitar kursi tersebut menjadi lebih sesak. 

Baca Juga: Ini 10 Tipe Pesawat yang Paling Banyak Dipakai Maskapai Penerbangan

3. Jika rentan mabuk udara, pilih kursi di bagian tengah alias sejajar dengan sayap pesawat

Berdasarkan Prioritasnya, Ini 5 Saran dalam Memilih Kursi Pesawatwired.com

​Bagi yang kerap mabuk udara akibat turbulens, maka pilihlah kursi di tengah pesawat alias area yang sejajar dengan sayap pesawat. Pasalnya, bagian tersebut merupakan area yang paling stabil ketika pesawat mengalami turbulens karena lebih dekat ke pusat massa pesawat. Alhasil, efek turbulensi terhadap penumpang pun dapat lebih dikurangi.

4. Jika enggan mengantri turun saat pesawat sudah mendarat, pilih kursi di bagian depan

Berdasarkan Prioritasnya, Ini 5 Saran dalam Memilih Kursi Pesawatyoutravel.com.au

Kursi di bagian depan pesawat memungkinkan penumpang untuk lebih dahulu turun dari pesawat saat sudah mendarat kelak. Oleh sebab itu, kursi ini agaknya pas bagi penumpang yang enggan lama mengantri atau bersesak-sesakkan untuk turun dari pesawat. Tak hanya itu, lokasi pintu darurat yang berada di bagian depan pesawat pun akan lebih mudah dijangkau apabila terjadi hal-hal yang membahayakan.

5. Jika ingin memilih kursi, lakukan pada awal waktu sebab pilihan kursi kosong masih banyak

Berdasarkan Prioritasnya, Ini 5 Saran dalam Memilih Kursi Pesawatskift.com

Usahakan untuk melakukan pemilihan kursi pesawat ketika kursi masih cukup banyak yang kosong. Dengan kata lain, pesanlah kursi pada awal waktu jika melakukan online booking ataupun datang lebih awal saat check-in langsung di bandara.

Semoga perjalananmu aman dan nyaman, ya! Selamat mengudara!

Baca Juga: 5 Elemen yang Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You