Comscore Tracker

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Traveling

Buat perjalananmu menjadi lebih menyenangkan

Saat kita bepergian di jalan, kesepian tentu saja bisa menyerang pada saat-saat yang tidak tepat di perjalanan.

Ambil contoh ketika kita melihat beberapa kegiatan pasangan di jalan, kita mungkin merasa kesepian melihat pemandangan itu.

Faktanya, perasaan kesepian mungkin menyerang kapan saja. Tidak ada solusi pasti untuk hal tersebut tapi tentu ada beberapa hal yang membantu kita menggeliat keluar dari perasaan kesepian.

1. Online

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingeasyvoyage.de

Hampir semua hal di dunia ini terhubung secara virtual. Kita selalu dapat mengaktifkan internet langsung di telepon atau memilih tinggal di tempat dengan WiFi gratis dan menemukan sesuatu yang luar biasa untuk menghilangkan kesepian dari perjalanan.

Cobalah terhubung dengan dunia virtual untuk berbagi pemikiran dan tetap terhubung dengan kehidupan. Buatlah video dan cerita seputar perjalanan kita dan bagikan di media sosial.

2. Berhubungan dengan keluarga atau teman

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingiphonehacks.com

Keluarga dan teman-teman selalu ada untuk kita. Beberapa menit percakapan pasti akan membuat kita menyadari kalau kita tak sepenuhnya sendirian. Berbincang-bincanglah sebentar dengan keluarga atau temanmu. Semakin banyak berbicara, kita semakin tidak merasa kesepian.

3. Jangan ragu untuk berbicara dengan penduduk lokal

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingthecleverfilipina.com

Kita sering bepergian ke tujuan yang kurang dikenal dan ada saatnya kita tidak akan bertemu sesama wisatawan selama berhari-hari. Bukalah rasa keingintahuanmu tentang berbagai gaya hidup masyarakat setempat dengan memulai percakapan yang dapat dilakukan oleh siapa pun.

Dalam kebanyakan kasus, percakapan ini dapat berkembang menjadi persahabatan yang menghilangkan berbagai elemen kesepian. Cobalah tersenyum dan sapalah orang yang kamu temui.

4. Dengarkan musik yang bisa mengubah jiwa

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingt-online.de

Musik bisa menjadi terapi yang luar biasa di setiap perjalanan yang kita lakukan. Mulailah perjalanan solo dengan mengatur musik yang tepat di ponselmu. Cobalah dengarkan lagu-lagu yang belum pernah kamu dengar sebelumnya, terutama lagu yang menyenangkan agar tidak merasa bosan dan kesepian.

Bahkan ketika kita telah kembali ke rumah, mendengarkan musik tadi bisa menjadi kenangan dalam perjalanan yang tak terlupakan.

Baca Juga: 5 Tips Traveling Menyenangkan Tanpa Tersesat, Bikin Liburan Jadi Happy

5. Olahraga

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingmsn.com

Yang satu ini lebih didasarkan pada sains daripada pengalaman. Berlari atau segala bentuk aktivitas fisik lainnya dapat melepaskan endorfin ke dalam tubuh, yang merupakan cara ilmiah untuk menenangkan pikiran kita dengan berbagai perasaan yang lebih bahagia.

Dengan demikian, perasaan kesepian yang muncul diharapkan bisa tertutupi dengan kebahagiaan yang terbentuk dari hormon endorfin tersebut.

6. Cobalah sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingvacation.com

Mencoba sesuatu yang baru untuk pertama kalinya dapat memberi kita kesenangan nyata. Ini adalah bagian penting untuk membuat perjalanan tak terlupakan dan banyak hal lainnya ketika kita bepergian sendirian. Tempat-tempat yang sulit dikunjungi di dunia dapat memberi sensasi nyata dan membuat semangat kita melonjak tinggi.

7. Menulis

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingtripsavvy.com

Kita tidak perlu menjadi penulis atau penyair untuk mengekspresikan diri dengan kata-kata. Kedengarannya sepele, menulis secara online atau offline saat di perjalanan dapat membantu kita untuk fokus pada hal positif sebanyak mungkin.

Kita dapat menulis tentang berbagai hal yang membuat kita takjub bersama dengan orang-orang yang kita temui ataupun kegembiraan kita saat bepergian ke suatu tempat. Dengan begitu, kita akan memiliki kenangan yang bertahan sampai seumur hidup.

8. Rencanakan perjalanan kita berikutnya

8 Tips Mengatasi Rasa Kesepian Saat Solo Travelingtravellingchoice.org

Terakhir, untuk menumbuhkan jiwa petualang, hal selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah bepergian kembali. Kita bisa merencanakan perjalanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi atau jarang dikunjungi orang.

Bepergian ke tempat di mana ada legenda atau tempat terpencil mungkin adalah salah satu ide yang bagus. Ini bisa menjadi ide yang membuat kita bersemangat, menikmati perjalanan, dan melupakan kesepian saat solo traveling.

Seperti yang dikatakan oleh orang bijak, beberapa pengalaman paling baik adalah jika langsung dialami sendiri.

Bepergian ke beberapa tempat terpencil pasti akan membantu mengumpulkan beberapa pengalaman menyenangkan yang dapat memberi kita sekantong kenangan yang jauh lebih berharga dan membantu melawan perasaan kesepian. Jadi, jangan takut melakukan solo traveling ya!

Baca Juga: 5 Tips Aman Gunakan Aplikasi Kencan Saat Solo Traveling

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya