Comscore Tracker

Menurut Pilot, Ini 4 Posisi Tempat Duduk Terbaik di Dalam Pesawat!

Biar "pewe" di dalam kabin

Sebagian besar maskapai penerbangan menawarkan opsi untuk memesan kursi sebelum kamu menumpang terbang. Walaupun kamu tak perlu memilih tempat dudukmu, sebenarnya ada banyak manfaat untuk melakukannya.

Tempat kamu duduk di kabin pesawat ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur, ruang untuk kaki dan jumlah serta pengaruh turbulensi yang kamu rasakan, lho. Jadi, kursi sebelah mana saja di pesawat yang harus kamu pilih?

Dilansir dari Dailymail, pilot maskapai penerbangan komersial, Jonny Knowlson, mengungkapkan tempat mana saja yang bisa memberimu pengalaman terbang terbaik. Berikut daftar tipsnya.

1. Bagian sayap

Menurut Pilot, Ini 4 Posisi Tempat Duduk Terbaik di Dalam Pesawat!Flickr.com/SCFiasco

Jika kamu memiliki paranoia maupun mudah mabuk saat terbang, cobalah untuk memesan kursi di sebelah atau dekat sayap si burung baja. Area ini adalah area yang paling sedikit terpengaruh oleh turbulensi.

"Apakah kamu tahu duduk di atas sayap di pesawat besar yang terbang di ketinggian yang lebih tinggi akan menguntungkan Anda?" tanya Jonny memulai tipsnya.

"Menjadi lebih dekat ke pusat massa pesawat dari kekuatan seperti daya angkat, torsi, angin, gravitasi, daya seret dan daya dorong adalah tempat terbaik untuk perjalanan yang mulus."

2. Hindari duduk dekat toilet maupun dapur

Menurut Pilot, Ini 4 Posisi Tempat Duduk Terbaik di Dalam Pesawat!Youtube.com/Kent Wien

Mereka yang duduk lebih dekat dengan mesin pesawat mungkin merasa lebih sulit untuk beristirahat. Jika kamu hendak tidur dalam perjalanan, disarankan untuk memilih kursi di area lorong (aisle) yang terletak di bagian tengah kabin pesawat.

Selain itu, kamu juga akan terhindar dari gangguan para penumpang yang menggunakan toilet baik di bagian depan maupun belakang pesawat selama perjalanan.

“Ini akan lebih sepi dari (duduk dekat) jendela. Tempat terbaik untuk tidur adalah di bagian tengah kabin. Kamu (akan) jauh dari kebisingan toilet dan kru yang sedang bekerja di dapur," papar Jonny.

3. Dekat pintu keluar darurat

Menurut Pilot, Ini 4 Posisi Tempat Duduk Terbaik di Dalam Pesawat!Videoblocks.com

Selama perjalanan, khususnya perjalanan jauh, kamu akan merasa capek dan ingin melakukan peregangan. Nah, tempat terbaik untuk meregangkan otot-otot adalah tempat duduk di sebelah pintu keluar darurat. Area ini memiliki ruang kaki yang lebih lapang.

Satu-satunya kelemahan duduk di dekat pintu keluar keselamatan ini adalah, kamu akan sering diminta untuk menjaga area tersebut tetap bersih. Tidak masalah bukan?

4. Duduklah di sebelah kiri kabin

Menurut Pilot, Ini 4 Posisi Tempat Duduk Terbaik di Dalam Pesawat!videoblocks.com

Bagi kamu yang tidak suka menunggu giliran keluar dari pesawat yang relatif membutuhkan waktu cukup lama, kemudian mengantre lagi saat pemeriksaan paspor di bandara, maka pilihlah tempat duduk di sebelah kiri.

Pasalnya, pintu-pintu pesawat cenderung berada di sisi ini, sehingga memudahkanmu untuk keluar dengan cepat.

"Jika kamu berada di pesawat besar, maka duduk di sisi kiri pesawat menjadi sangat penting jika kamu ingin menghindar dari posisi belakang antrian paspor itu."

Itulah tips-tips yang bisa dipertimbangkan saat kamu bepergian dengan pesawat komersial agar perjalananmu terasa nyaman. Kini kamu gak perlu bingung lagi memilih posisi tempat duduk di pesawat, kan?

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You