Comscore Tracker

Jangan Lakukan 6 Hal Sepele Ini Saat Liburan di Luar Negeri, Bahaya!

Wajib tahu nih biar liburanmu gak berubah jadi masalah

When in Rome, do as the Romans do 

Bagi kamu yang hobi travelling, peribahasa ini menjadi pedoman utama yang harus selalu kamu ingat dan junjung tinggi. Mencari tahu budaya dan tradisi masyarakat tempat tujuan berlibur menjadi hal wajib agar liburanmu tetap menyenangkan. Sebab bisa saja hal yang kamu anggap biasa di daerah asalmu, menjadi hal tabu untuk dilakukan di daerah lain.

Seperti di enam negara ini, beberapa hal sepele justru menjadi larangan keras. Alih-alih menikmati liburan, kamu malah bisa dipandang aneh bahkan berurusan dengan hukum bila melanggarnya. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Peraturan mengambil foto di Dubai dan UEA

Jangan Lakukan 6 Hal Sepele Ini Saat Liburan di Luar Negeri, Bahaya!unsplash.com/Atharva Tulsi

Untuk alasan keamanan, pemerintah Dubai melarang untuk mengambil foto di semua gedung pemerintahan dan militer seperti Dubai Chamber, Dubai Court, dan Dubai Civil Defence. Selain itu, mengambil foto orang lain tanpa permisi juga sangat dilarang karena melanggar privasi.

Jadi bila kamu berlibur ke negara ini dan bertemu anak kecil lucu, misalnya, jangan coba-coba untuk mengambil foto tanpa izin dan menyimpannya, ya! Bisa-bisa kamu dituntut hukuman penjara enam bulan dan denda hingga 500.000 AED atau setara Rp1,9 miliar Rupiah. 

2. Makna gestur tangan OK di Tukri

Jangan Lakukan 6 Hal Sepele Ini Saat Liburan di Luar Negeri, Bahaya!npr.org

Bila di negara-negara lain termasuk Indonesia menyatukan jari telunjuk dan jempol merupakan simbol persetujuan, OK atau hal baik, maka hal ini berbeda di Turki. Jangan sekali-kali melakukan ini karena mempunyai dua makna negatif. Yang pertama adalah menuduh orang lain homoseksual dan yang kedua menyuruh orang lain pergi menjauh.  

3. Perbedaan makna gestur tangan di Yunani

Jangan Lakukan 6 Hal Sepele Ini Saat Liburan di Luar Negeri, Bahaya!veem.com

Tampaknya kamu lebih baik selalu menggunakan bahasa verbal saat berada di Yunani. Sebab di sini hampir semua gestur mempunyai makna yang berbeda dengan negara lain.

Contohnya gerakan membuka telapak tangan seperti menunjukkan angka 5, berarti moutza atau menganggap orang lain idiot. Mengacungkan jempol sama seperti menghina menggunakan jari tengah. Sedanggkan gestur OK menggunakan jari telunjuk dan jari tengah dianggap pelecehan seksual. 

Baca Juga: 9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murah

4. Membagi tagihan restoran di Prancis

Jangan Lakukan 6 Hal Sepele Ini Saat Liburan di Luar Negeri, Bahaya!unsplash.com/Mohau Mannathoko

Bagi orang Prancis, membicarakan soal uang adalah hal yang tidak sopan, termasuk juga membagi tagihan restoran. Apabila temanmu membayar semua tagihan, maka giliranmu di acara makan selanjutnya. Atau bisa juga disepakati sebelum acara tiba, biasanya orang yang mengajak adalah yang akan mentraktir. 

5. Memberikan uang tip di Jepang

Jangan Lakukan 6 Hal Sepele Ini Saat Liburan di Luar Negeri, Bahaya!eater.com

Bila di Indonesia uang tip dianggap bonus atas kepuasan pelayanan, maka tidak begitu di Jepang. Pemberian tip bukan sebuah kebiasaan di Negeri Sakura. Orang Jepang terbiasa dengan budaya rasa hormat dan kerja keras. Maka pelayanan yang baik merupakan standar dan tip dianggap tidak perlu. 

6. Menyentuh lawan jenis di India

Jangan Lakukan 6 Hal Sepele Ini Saat Liburan di Luar Negeri, Bahaya!insightguides.com

Bagi orang India khususnya umat Muslim dan Hindu, menyentuh lawan jenis adalah hal yang tidak sopan. Bila ingin bersalaman, mereka cukup meletakkan tangan pada posisi menangkup seperti saat berdoa. Di beberapa kondisi juga mereka menunggu pihak perempuan untuk mengulurkan tangan terlebih dahulu. 

Sudah tahu kan apa saja yang tidak boleh kamu lakukan saat berkunjung ke enam negara tersebut? Jangan sampai lupa dan melanggarnya, ya! 

 

Baca Juga: 10 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri bagi Pemula

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya