Comscore Tracker

Berencana Mengunjungi Roma? Ini Tips Hemat Liburan di Kota Keabadian

Biar pulang liburan gak pusing karena kantong jebol

Libur akhir tahun akan segera tiba. Sebagian besar dari kamu tentu telah merencanakan waktu liburmu mau dipakai untuk apa, hanya berdiam di rumah, liburan ke pantai, ke gunung, ke luar kota, atau bahkan ke luar negeri?

Kalau kamu berencana untuk menikmati musim dingin di Eropa khususnya Roma, kamu harus simak artikel ini sampai selesai. Dilansir dari theculturetrip.com, berikut ini adalah 6 tips liburan hemat di Roma. Yuk kita simak.

1. Pilih waktu berkunjung dan penginapan yang tepat

Berencana Mengunjungi Roma? Ini Tips Hemat Liburan di Kota Keabadiandiscoverwalks.com

Kamu disarankan mengunjungi Roma di musim dingin karena ini merupakan waktunya low-season. Selain itu kamu juga bisa menikmati salju yang gak ada di Indonesia. Sedangkan untuk penginapan, sebaiknya kamu memilih pinggiran kota Roma seperti Testaccio, Pignetto, dan San Lorenzo.

Selain harga penginapan lebih miring, di daerah ini kamu bisa lebih banyak berinteraksi dengan waga lokal. Untuk bepergian ke pusat kota, kamu bisa memanfaatkan transportasi umum yang tarifnya murah. 

2. Makan di tempat makan penduduk lokal

Berencana Mengunjungi Roma? Ini Tips Hemat Liburan di Kota Keabadianeurocheapo.com

Pusat kota Roma dipenuhi dengan beraneka jenis restoran, tapi bagi penduduk lokal cita rasa terbaik tetap dimiliki restoran pinggiran kota. Restoran pizza di pedesaan memberikan penawaran harga yang lebih masuk akal.

Kamu juga disarankan memilih kedai makanan yang dikelola keluarga lokal yang banyak terdapat di sisi jalan. Mereka menyediakan pasta dengan porsi besar dan anggur rumahan. Kamu bisa membelinya dan menikmati makan siangmu di piazza atau taman sambil menikmati udara Roma. Perfecto!

3. Kunjungi objek wisata gratis

Berencana Mengunjungi Roma? Ini Tips Hemat Liburan di Kota Keabadiannypost.com

Sebagian besar objek wisata di Roma digratiskan setidaknya satu hari dalam sebulan. Objek wisata yang dikelola pemerintah seperi Colosseum, Palatine Hill dan Meseum Capitoline digratiskan setiap hari Minggu pertama di setiap bulan. Sedangkan Meseum Vatikan dan Kapel Sistina digratiskan di hari Minggu terakhir di setiap bulan.

Sayangnya kamu harus rela antre untuk menikmati fasilitas gratis ini. Solusinya kamu disarankan untuk membeli three-days Roma pass yang juga mencakup dua tempat wisata, berbagai diskon dan penggunaan transportasi yang gak terbatas.

Solusi lainnya adalah mengunjungi tempat wisata gratis lainnya seperti Pantheon, Trevi Fountain, dan Piazza Navona. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Colosseum, Destinasi Bersejarah di Roma

4. Isi botol air minum di nasoni

Berencana Mengunjungi Roma? Ini Tips Hemat Liburan di Kota Keabadiantripadvisor.co.uk

Nasoni adalah air mancur kecil yang dialirkan hingga ke kota. Pemerintah Roma memberikan akses bebas ke semua orang termasuk wisatawan untuk memperoleh air bersih, segar dan siap minum yang bisa didapat kapan pun.

Kamu bisa memanfaatkan nasoni ini untuk berhemat lho. Ada lebih dari 2.000 nasoni yang tersebar di seluruh kota Roma.

5. Jangan menggunakan taksi

Berencana Mengunjungi Roma? Ini Tips Hemat Liburan di Kota Keabadianjoyofrome

Untuk menghemat budget, kamu tidak disarankan untuk menggunakan taksi di kota ini karena tarifnya sangat mahal. Roma dikenal sebagai kota yang ramah untuk pejalan kaki. Banyak jalanan indah di sepanjang kota yang sayang sekali untuk kamu lewatkan begitu saja. Biar gak nyasar, jangan lupa untuk mengambil peta kota Roma di bandara, stasiun atau penginapan. 

Untuk jarak jauh kamu bisa memanfaatkan metro dengan tarif €1,5 per perjalanan yang membawamu hingga ke ujung kota. Bisa juga menggunakan jaringan bus yang melewati jalanan kota. Jangan lupa beli tiketnya di kios-kios penjualan tertentu ya. 

6. Temukan aperitivo

Berencana Mengunjungi Roma? Ini Tips Hemat Liburan di Kota Keabadianbuzz4tours.com

Apertivo adalah tradisi pemasaran restoran yang kerap dilakukan di kota Roma. Pihak restoran memberlakukan promosi untuk pembelian minuman tertentu akan mendapatkan akses ke meja buffet sepuasnya.

Mirip seperti happy hour, apertivo berlangsung di jam sebelum makan malam (sekitar jam 6-9 malam). Kalau kamu memanfaatkan apertivo kamu bisa menghilangkan budget untuk makan malam.

Liburan di Eropa pasti menghabiskan anggaran yang gak sedikit, tapi dengan 6 tips ini kamu bisa menekan biaya dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lain seperti oleh-oleh. 

Baca Juga: Berkunjung ke Eropa? Jangan Lewatkan 5 Destinasi Indah di Latvia Ini

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya