Comscore Tracker

Meski Ribet, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Bikin Itinerary sebelum Traveling

Banyak manfaatnya, lho!

Traveling merupakan momen yang pas untuk melepas penat dan menjelajah berbagai tempat baru. Karena kamu mungkin gak bisa traveling setiap saat, maka gunakan kesempatan traveling-mu sebaik-baiknya. Membuat itinerary atau rencana perjalanan merupakan salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pengalaman berkesan selama traveling.

Sebuah itinerary umumnya berisi rencana perjalanan, seperti kota atau destinasi apa saja yang akan dikunjungi, bagaimana caranya ke sana, apa saja yang ingin dilihat, kegiatan apa saja yang akan dilakukan, dan masih banyak lagi. Itinerary juga bisa berisi hal-hal detail lainnya seperti akomodasi, jadwal makan, daftar oleh-oleh yang ingin dibeli, hingga estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

Dengan adanya itinerary, kamu bisa terhindar dari kebingungan atau ketidakjelasan ketika sedang traveling. Ini karena kamu sudah merencanakan semuanya dengan matang. Sayangnya, gak sedikit orang yang masih merasa malas untuk menyusun itinerary karena terkesan ribet.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu perlu menyusun itinerary sebelum traveling.

1. Membantu memaksimalkan waktu

Meski Ribet, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Bikin Itinerary sebelum TravelingPexels.com/Burst

Walau menyenangkan, sayangnya traveling biasanya dibatasi waktu. Namun kalau ada itinerary, kamu bisa memaksimalkan waktumu yang terbatas itu. Karena semuanya sudah terencana dengan baik, kamu bisa fokus dan jadi gak bingung lagi mau melakukan apa saat sudah sampai di lokasi tujuan. Dengan begitu, gak ada waktu yang terbuang percuma selama traveling.

2. Membantu memprioritaskan keinginan

Meski Ribet, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Bikin Itinerary sebelum TravelingPexels.com/Haley Black

Sebuah itinerary akan memudahkan kamu dalam memprioritaskan dan mengalokasikan waktu untuk hal yang ingin kamu nikmati selama traveling, misalnya atraksi atau landmark yang jadi tujuanmu. Kamu mungkin punya banyak tujuan atraksi atau landmark untuk dikunjungi dalam waktu singkat.

Kalau kamu punya itinerary, kamu bisa mengunjungi terlebih dahulu tempat-tempat yang memang sangat ingin dikunjungi berdasarkan prioritas kamu. Selanjutnya kalau ada waktu yang tersisa, kamu bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk mengunjungi tempat-tempat yang gak terlalu ingin kamu datangi. Dengan begitu, kamu gak akan kehilangan sesuatu yang benar-benar ingin kamu kunjungi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harus Mencoba Solo Traveling, Lebih Bebas dan Seru!

3. Mempermudah mobilitas selama traveling

Meski Ribet, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Bikin Itinerary sebelum TravelingUnsplash.com/Aslı Yılmaz

Keberadaan itinerary bisa memudahkan mobilitas kamu selama traveling, lho. Kamu bisa jadi lebih mudah dan cepat bepergian dari satu lokasi ke destinasi lainnya. Kamu bisa menyusun strategi untuk mengunjungi tempat-tempat yang saling berdekatan atau terletak dalam posisi satu arah.

Meskipun saat ini sudah ada internet atau teknologi yang memudahkan kamu untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya, tapi kamu bisa saja berada di daerah yang sulit sinyal atau menghadapi masalah seperti kehabisan pulsa.

4. Biaya atau pengeluaran jadi lebih terkontrol

Meski Ribet, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Bikin Itinerary sebelum TravelingUnsplash.com/bady qb

Selama traveling, bisa jadi akan ada banyak godaan yang bikin kantong jebol. Kamu mungkin saja tergiur membeli oleh-oleh, mencicipi beragam kuliner lokal, mencoba berbagai wahana berbayar, dan lain-lain. Meski menyenangkan, tapi setelah traveling berakhir kamu malah jadi 'bokek'.

Lain halnya kalau kamu punya itinerary. Sebuah itinerary yang baik berisi daftar rencana akomodasi, transportasi, lokasi atau atraksi, dan makanan selama traveling beserta estimasi biayanya. Estimasi biaya ini bisa kamu cari tahu di internet untuk kemudian disesuaikan dengan budget-mu. Kamu tentu akan memilih hotel dengan kualitas serupa namun dengan harga lebih miring, bukan? Dengan begitu, kamu pun bisa lebih hemat selama traveling.

5. Memastikan hal-hal penting gak terlupakan

Meski Ribet, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Bikin Itinerary sebelum TravelingPixabay.com/Hans

Selama proses pembuatan itinerary, kamu mungkin akan berpikir mengenai hal-hal penting yang mungkin kamu butuhkan selama traveling. Misalnya, obat-obatan tertentu, vaksinasi tertentu, jenis pakaian yang sesuai dengan cuaca di destinasi traveling, atau nomor telepon darurat seperti rumah sakit, kedutaan, dan kantor polisi. Dengan begitu, kamu gak akan mengabaikan berbagai hal yang sebenarnya penting tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu perlu membuat itinerary sebelum traveling. Meski membuatnya cukup ribet, ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Jadi, apa sekarang kamu mau meluangkan waktu sejenak sebelum traveling untuk membuat itinerary terlebih dahulu? 

Baca Juga: Ini 9 Kebiasaan Baru Traveling yang Bisa Berlaku Usai Pandemik Corona

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya