Comscore Tracker

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!

Wah, kamu gak akan pernah nyesel deh!

Meskipun belum semahsyur pantai-pantai di Bali, kini berbagai pantai di Gunung Kidul sudah mulai banyak dikenal dan menjadi salah satu tempat destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.

Pantai yang secara geografis terletak di sebelah selatan Yogyakarta ini memang memiliki daya pikat yang menawarkanmu pengalaman liburan berkesan! Buat kamu yang masih bingung kenapa harus berwisata pantai ke Gunung Kidul, berikut 17 alasannya.

1. Pilihan pantai yang beragam dan tematik

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!tripzilla.id

Meskipun sama-sama terletak di selatan Jogja, ada banyak pantai di Gunung Kidul yang memiliki nama yang berbeda-beda. Terlebih, setiap pantai tersebut memiliki ciri khas tertentu. Seperti misalnya Pantai Kukup yang terkenal dengan terumbu karang pantainya yang seru untuk mencari ikan, Pantai Krakal yang terkenal dengan pasir putihnya, Pantai Timang dengan nelayan udangnya, Pantai Baron yang mahsyur dengan kampung nelayannya, Pantai Nglambor yang terkenal dengan snorkelingnya, dan masih banyak lagi.

Faktanya, hingga kini masih banyak lho bermunculan pantai-pantai baru sehingga bisa menambah pilihanmu. Yuk tinggal pilih aja, nih mana yang kamu suka.

2. Kemudahan akses jalan dan infrastruktur

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!jejakpiknik.com

Pantai-pantai di Gunung Kidul gak sulit kok untuk dicapai kendaraan roda dua ataupun empat. Yang terpenting, banyak jalan menuju pantai yang sudah diaspal mulus dan jarang sekali ada lubang. Perjalanan dari kota Jogja ke sana bisa menempuh perjalanan kurang lebih dua sampai tiga jam, tergantung kelancaran lalu lintas. Biasanya sih, lalu lintasnya jarang macet, kecuali saat libur lebaran atau libur anak sekolah.

Kalau mau naik kendaraan umum, kamu bisa naik bus dari terminal Giwangan di Jogja atau di ringroad Jalan Wonosari menuju ke terminal baru Wonosari dengan tarif Rp15 ribu. Setelah itu, kamu bisa mencari minibus yang menuju ke arah pantai dengan tarif sekitar Rp10 ribu. Selain itu, akses ke sinyal handphone pun mudah didapatkan.

3. Pantai yang bersih dan air laut yang jernih

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!blog.reservasi.com

Yup, hampir semua pantai di Gunung Kidul masih terjaga kebersihannya, lho. Air laut di pantai-pantai Gunung Kidul juga masih sangat jernih dan bebas polusi. Kepedulian masyarakat sekitar akan kebersihan lingkungan bisa jadi ikut berkontribusi terhadap kebersihan pantai di sana, guys.

4. Pasir putih nan halus yang membentang luas

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!yukpiknik.com

Gak bisa dipungkiri, salah satu hal yang menjadi daya tarik suatu pantai tentu pasir putihnya. Kabar baiknya, hampir seluruh pantai di Gunung Kidul memiliki pasir putih halus yang membentang di sepanjang pinggir pantai. Tentunya, kamu bisa bermain pasir sepuasnya, tiduran di atas pasir, bikin istana pasir, main bola voli pantai, menuliskan nama orang tersayang di pasir, atau sekadar berfoto ria.

Baca Juga: Indah Banget! 7 Pantai Gunung Kidul Ini Layak Disebut Hidden Paradise

5. Bukit karang yang curam tapi instagramable banget!

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!datawisata.com

Hampir semua pantai di Gunung Kidul memiliki bukit-bukit karang batu curam dan terjal yang menjadi ciri khasnya. Meskipun curam, nyatanya keberadaan bukit karang ini menambah pesona pantai. Di beberapa pantai, kamu juga bisa memanjat ke atasnya karena sudah disediakan undakan tangga.

6. Sunrise dan sunset yang sangat menawan

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!yogyakarta.panduanwisata.id

Sama seperti di kebanyakan pantai, kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang sangat indah di banyak pantai di Gunung Kidul. Hmm, gak kalah deh dari pantai di Bali!

7. Fasilitas di sekitar pantai yang beragam

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!jejaktraveler.com

Buat kamu wisatawan dari luar kota, gak usah bingung karena banyak sekali tersedia penginapan murah di sekitar pantai. Harganya bervariasi, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 ribu per malam ketika musim liburan.

Oh iya, tersedia pula beragam fasilitas yang cukup lengkap di sekitar pantai seperti toilet, kamar mandi atau ruang bilas, musala atau masjid, rumah makan, pertokoan, dan masih banyak lagi. Duh, bikin betah deh pokoknya! Tak hanya itu, tersedia juga jasa tour guide buat kamu yang ingin menggunakannya.

8. Kamu juga bisa camping, lho!

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!jejakpiknik.com

Kalau gak mau menginap di hotel dan pecinta camping, kamu juga bisa kok mendirikan tenda di beberapa pantai seperti Pantai Greweng dan Pantai Sanglen. Sudah hemat, lebih dekat dengan alam lagi!

9. Gak terlalu padat orang, jadi lebih private kan

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!jejakpiknik.com

Buat kamu yang gak terlalu suka keramaian, mengunjungi pantai di Gunung Kidul bisa jadi pilihan yang tepat. Kecuali hari Minggu dan musim libur sekolah, pantai-pantai di sana biasanya gak terlalu ramai sehingga suasana tenang dan damai ini tentu bisa membuatmu merasa nyaman.

10. Keramahan warga sekitar pantai

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!pegipegi.com

Gak perlu diragukan lagi, hal lain yang menjadi kelebihan pantai-pantai di Gunung Kidul ini adalah keramahan warga yang tinggal di sekitarnya. Nah, asyik banget kan?

11. Tiket masuk pantai yang sangat terjangkau

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!datawisata.com

Tiket masuk ke kawasan pantai di Gunung Kidul sangatlah terjangkau, karena hanya dibanderol sebesar Rp5.000-10.000 saja per orang. Dengan tiket ini, kamu biasanya gak hanya bisa memasuki ke satu pantai namun juga ke banyak pantai yang letaknya gak terlalu berjauhan satu sama lain.

Baca Juga: Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakarta

12. Harga penginapan, barang, dan makanan yang terjangkau

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!jarangpanas.com

Buat kamu yang menginginkan budget traveling, gak perlu cemas karena harga penginapan serta barang dan makanan yang dijual di sekitar pantai-pantai di Gunung Kidul gak terlalu mahal. Eits, tapi jangan lupa nego ya guys agar traveling-mu lebih hemat.

13. Di beberapa pantai ada pilihan olahraga air

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!kabarhandayani.com

Di beberapa pantai di Gunung Kidul, kamu juga bisa lho memilih beberapa olahraga air yang ditawarkan. Kamu bisa snorkeling di Pantai Drini, Nglambor, Sadranan, dan Wedi Ombo, flyboard di Pantai Baron, jetski di Pantai Indrayanti, hingga surfing di Pantai Krakal, Ngandong, dan Wedi Ombo.

14. Buat kamu pecinta kuliner seafood, ada banyak rumah makan seafood dan kamu juga bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!jarangpanas.com

Saat sedang traveling, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan daerah sekitar. Nah, beberapa pantai seperti Pantai Kukup memiliki banyak rumah makan yang menawarkan beragam seafood dan minuman segar. Selain itu, ada pula pedagang olahan seafood yang dapat dijadikan camilan, seperti rajungan dan udang goreng, keripik rumput laut, peyek undur-undur laut, dan masih banyak lagi. 

Di beberapa pantai seperti Pantai Baron dan Sadeng, kamu juga bisa lho mengunjungi tempat pelelangan ikan (TPI) untuk berburu berbagai jenis seafood yang dijual dengan harga murah. Selain punya pilihan yang beragam, seafood yang dijual di TPI pun masih segar karena merupakan hasil tangkapan langsung nelayan dari laut.

15. Selain seafood, kamu juga bisa mencicipi kuliner ekstrim khas Gunung Kidul

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!infokbn.com

Di Gunung Kidul sendiri, terdapat beberapa kuliner ekstrim yang bisa kamu beli dan cicipi, seperti bacem codhot atau kelelawar, serta belalang, tawon, ulat, dan puthul atau kumbang goreng, dan lain-lain. Khusus untuk belalang dan ulat goreng, kamu akan dapat dengan mudah menemui penjualnya di sepanjang jalan kota Jogja menuju pantai. Berani coba?

16. Banyak souvenir yang bisa menjadi buah tangan menarik

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!masesuryadi.bravesites.com

Seperti tempat wisata pada umumnya, terdapat pula banyak pedagang sovenir di di beberapa pantai di Gunung Kidul. Mulai dari beragam aksesoris, kerajinan kerang, hingga pakaian dan tas. Hmm, cocok tuh buat oleh-oleh!

17. Selain pantai, ada banyak pilihan wisata di Gunung Kidul

17 Alasan Liburan ke Pantai di Gunung Kidul, Pasti Bikin Rindu!swaragunungkidul.com

Nah, ternyata Gunung Kidul gak cuma menawarkan wisata pantai, lho. Ada banyak pilihan tempat wisata alam lain di daerah ini yang juga terkenal dan instagramable banget, seperti kebun buah Mangunan, gunung purba dan embung Nglanggeran, goa Pindul, geosite Ngingrong, puncak Green Village, telaga biru Semin, dan masih banyak lagi. Banyak alasan liburan ke Gunung Kidul, kan?

Dengan panorama pantai yang cantik dan berbagai kelebihan lainnya, masih belum tertarik untuk mengunjungi pantai-pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia ini?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Taman di Yogyakarta, Pas buat Tamasya Keluarga!

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You