Comscore Tracker

5 Tips Menghemat Biaya Makan Saat Mudik dengan Jalur Darat

Jangan kalap!

Bagi sebagian orang jalur darat adalah salah satu alternatif terbaik untuk menghemat biaya pulang kampung di tengah harga tiket pesawat yang sedang mahal- mahalnya. Namun, sering kali pengeluaran yang dikeluarkan hampir sama dengan naik pesawat karena biaya makan selama di perjalanan yang sangat mahal. Berikut adalah tips menghemat biaya makan saat menggunakan jalur darat.

1. Jangan asal pesan makanan tanpa menanyakan harga terlebih dahulu

5 Tips Menghemat Biaya Makan Saat Mudik dengan Jalur DaratUnsplash.com/Fraser Cottrell

Mungkin terkesan gengsi atau malu untuk menanyakan harga terlebih dahulu sebelum memesan. Tapi, kamu harus jeli jika ingin menghemat pengeluaranmu selama di perjalanan. Karena sudah banyak pelanggan yang terjebak dengan restauran atau rumah makan yang ternyata mempunyai harga yang sangat mahal dan tidak sebanding dengan kualitas makanan yang mereka sajikan.

2. Membawa bekal yang bisa bertahan lama di perjalanan

5 Tips Menghemat Biaya Makan Saat Mudik dengan Jalur DaratUnsplash.com/Le Creuset

Jika kamu ingin menghemat biaya makananmu hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah membawa bekal yang tidak mudah basi. Misalnya, membawa ikan teri sambal. Setidaknya, ini akan sangat mengurangi biaya yang harus kamu habiskan untuk membeli lauk pauk selama di perjalanan.

Baca Juga: 8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Laut

3. Membawa persediaan mie instan

5 Tips Menghemat Biaya Makan Saat Mudik dengan Jalur DaratUnsplash.com/charles

Jika kamu merasa membuat bekal sendiri terlalu ribet, kamu bisa membawa mie instan. Karena, biasanya di tempat pemberhentian bis harga mie instant bisa naik dari harga biasanya.

4. Beli cemilan yang bisa mengenyangkan sebelum berangkat

5 Tips Menghemat Biaya Makan Saat Mudik dengan Jalur Daratunsplash.com/Roman Kraft

Kamu tidak bisa sesuka hati meminta supir untuk berhenti ketika kamu lapar. Oleh karena itu, kamu perlu membeli cemilan sebelum berangkat. Usahakan untuk selalu membawa cemilan yang cukup sebelum berangkat karena bisa jadi harga cemilan di daerah yang kamu tuju akan meningkat. 

5. Tetapkan budget yang masuk akal untuk biaya makan selama di perjalanan

5 Tips Menghemat Biaya Makan Saat Mudik dengan Jalur DaratUnsplash.com/Green Chamaleon

Hal yang sering kali salah dilakukan orang- orang dalam menentukan budgetnya adalah mereka menentukan budget yang tidak realistis. Mengeluarkan biaya yang murah memang hal yang diinginkan semua orang tapi ingat budget yang tidak realistis juga akan menyiksa mu selama diperjalanan. Oleh karena itu, buatlah budget yang realistis. 

Semoga perjalanan kamu menyenangkan ya. 

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

You never know how strong you are until being strong is the only choice you have Bob Marley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You