Comscore Tracker

5 Tips Agar Traveling Kamu Termasuk Ibadah dan Berbuah Pahala

Traveling sambil ibadah, kenapa enggak?

Biasanya tujuan utama traveling bagi kebanyakan orang adalah sebagai sarana untuk membuat hati bahagia atau sekedar menggunakan waktu liburan dengan bersantai di tempat yang menyenangkan. Padahal traveling sendiri bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk beribadah dan bisa berbuah pahala, lho.

Agar traveling kamu berbuah pahala dan menjadi ibadah, tentunya ada tips dan caranya tersendiri. Contohnya seperti 5 tips di bawah ini yang bisa kamu simak dan segera kamu praktikan, guys.

1. Niatkan traveling untuk menambah keimanan kamu dengan cara menikmati setiap keindahan yang Tuhan ciptakan

5 Tips Agar Traveling Kamu Termasuk Ibadah dan Berbuah Pahalapixabay.com/id/users/free-photos-242387/

Kamu pernah enggak, sih mendengar kata tadabur alam? Tadabbur alam sendiri bisa kita artikan memahami atau mempelajari tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Tuhan dengan melihat beragam ciptaannya. 

Sebelum berangkat traveling, niatkan terlebih dahulu untuk beribadah atau menikmati kebebesaran-kebesaran Tuhan, berupa alam yang indah. Tidak hanya itu, di saat kamu melihat keindahan pun, kamu bisa memuji nama-Nya. Gampang banget bukan? Selain pikiran kamu menjadi tenang, hati juga akan lebih terasa tentram.

2. Berusaha menjaga alam, dengan tidak membuang sampah sembarangan

5 Tips Agar Traveling Kamu Termasuk Ibadah dan Berbuah Pahalapixabay.com/id/users/langll-822640/

Hayo ngaku, kamu termasuk traveler yang suka membuang sampang sembarangan enggak? Jika hal ini masih kamu lakukan, berhentilah dari sekarang. Karena tentunya, hal ini mempunyai dampak buruk bagi alam dan keindahan tempat wisata yang kamu kunjungi. 

Tidak membuang sampah atau tidak merusak alam ketika traveling tidak hanya bermanfaat bagi alam sekitar saja. Tetapi kamu juga akan mendapatkan pahala dan prilaku ini layak banget untuk dikasih jempol.

Baca Juga: 10 Tips dan Trik Mengambil Foto yang Instagramable Saat Traveling

3. Saat mampir ke masjid untuk melakukan salat, apa salahnya untuk mengisi kotak amal yang ada

5 Tips Agar Traveling Kamu Termasuk Ibadah dan Berbuah Pahalapixabay.com/id/users/jpeter2-697843/

Tentunya meskipun kamu sedang traveling, bukan berarti kamu boleh meninggalkan shalat lho. Jika kamu menemukan masjid, apa salahnya untuk melaksanakan salat wajib terlebih dahulu. Tidak hanya itu, kalau kamu mempunyai rezeki lebih, kamu juga bisa bersedekah dengan memasukannya kedalam kotak amal.

4. Bersikap ramah kepada setiap orang saat traveling dan perbanyaklah tersenyum

5 Tips Agar Traveling Kamu Termasuk Ibadah dan Berbuah Pahalapixabay.com/id/users/stocksnap-894430/

Orang indonesia sendiri terkenal dengan sopan santunnya dan sikapnya yang selalu ramah kepada semua orang. Maka dari itu, disaat traveling juga kamu harus selalu ramah dan tidak lupa juga untuk tersenyum. Selain dari indah dilihatnya, hal ini juga mempunyai nilai lebih dan akan berbuah pahala lho. Intinya membuat senang hati orang lain itu sangat baik deh.

5. Membagikan tips dan cerita liburan, agar bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang

5 Tips Agar Traveling Kamu Termasuk Ibadah dan Berbuah Pahalapixabay.com/id/users/free-photos-242387/

Jika kamu suka menulis atau suka bercerita, apa salahnya untuk membagikan cerita atau tips traveling kamu kepada banyak orang. Bisa di blog pribadi atau bisa juga kamu bagikan di media sosial. Berikanlah tips-tips yang bermanfaat bagi banyak orang dan tips-tips yang bisa diterima juga oleh banyak orang. Percayalah jika niat kamu tulus, semuanya akan berbuah pahala.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan, agar traveling kamu berbuah pahala.

Baca Juga: 5 Hal yang Hanya Dirasakan Ketika Solo Traveling Selama di Perjalanan

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You