Comscore Tracker

Jaga Keselamatan, 6 Cara Tetap Aman Bepergian ke Luar Negeri

Jangan sampai jadi korban kejahatan saat traveling!

Saat bepergian ke daerah yang berbeda, sangat penting untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri apalagi di tempat yang asing. Biar perjalananmu dapat lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut yang bakal membantumu untuk lebih berhati-hati. Berikut enam cara agar tetap aman saat traveling. Simak sampai selesai!

1. Melakukan riset perjalanan

Jaga Keselamatan, 6 Cara Tetap Aman Bepergian ke Luar Negeriilustrasi riset peta (pexels.com/Taryn Elliott)

Sebelum kamu bepergian, pastikan kamu sudah melakukan riset mengenai kota atau negara tujuan bepergianmu. Tentukan tempat menginap yang tempat dan kenalilah lingkungan seperti apa yang akan kamu tuju.

Hal ini berguna supaya kamu dapat mengetahui dan beradaptasi dengan baik terhadap situasi lingkungan dan kebudayaan yang ada di sana. Kamu bisa melakukannya dengan membaca ulasan wisatawan, blog dari traveler, atau berkonsultasi dengan penduduk setempat.

2. Hindari menarik perhatian

Jaga Keselamatan, 6 Cara Tetap Aman Bepergian ke Luar Negeriilustrasi orang sedang mengenakan perhiasan (pexels.com/cottonbro)

Jangan menarik perhatian pada diri sendiri dengan mengenakan pakaian yang mencolok atau perhiasan berlebih. Hal ini karena dapat memicu para penipu atau perampok untuk bertindak jahat pada dirimu.

Berpakaianlah sewajarnya. Selain itu, kamu bisa juga membawa alat-alat pelindung diri yang dapat membantu kamu di saat terjadi hal yang tidak menyenangkan selama bepergian.

3. Buat salinan dokumen penting 

Jaga Keselamatan, 6 Cara Tetap Aman Bepergian ke Luar Negeriilustrasi wanita yang sedang menggandakan dokumen (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pastikan kamu memiliki banyak salinan dokumen perjalanan dan kartu kredit. Pisahkan dokumen yang asli dari salinan saat bepergian. Tinggalkan setumpuk salinan lain di rumah atau dengan teman tepercaya.

Kamu mungkin memerlukan paspor, SIM, atau bentuk identifikasi lainnya kapan saja. Dokumen yang dipindai paling baik disimpan secara online, tetapi kamu juga harus mencetak salinannya. Hal ini supaya jika kamu pulang, maka kamu tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan dokumentasi yang tepat.

Baca Juga: 8 Tips Traveling Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan, Gak Bikin Crancky!

4. Jaga kontak kamu dengan keluarga dan teman

Jaga Keselamatan, 6 Cara Tetap Aman Bepergian ke Luar Negeriilustrasi pria yang sedang bertelepon (pexels.com/Ono Kosuki)

Terlepas dari keberadaan kamu atau berapa lama kamu bepergian, selalu pastikan untuk memberi tahu teman dan keluarga tentang lokasi kamu.

Ketika kamu pergi ke luar negeri, sangat penting untuk menjaga kontak dengan keluarga dan teman. Supaya bila terjadi hal yang tidak diinginkan, setidaknya kerabatmu dapat mengetahui lokasi terakhirmu yang mungkin dapat membantu di saat genting.

5. Hati-hati dengan Wi-Fi umum

Jaga Keselamatan, 6 Cara Tetap Aman Bepergian ke Luar Negeriilustrasi Wi-Fi gratis (pexels.com/RODNAE Production)

Jangan terlalu nyaman dengan koneksi internet publik. Data pribadi kamu, seperti kartu kredit atau SSN, dapat diakses saat kamu menggunakan Wi-Fi publik. Saat bepergian, jika kamu memerlukan koneksi nirkabel, maka sebaiknya kamu menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) agar dapat terhubung ke internet dengan aman.

6. Amankan kamar hotelmu

Jaga Keselamatan, 6 Cara Tetap Aman Bepergian ke Luar Negeriilustrasi pria sedang menutup pintu hotel (pexels.com/Pixabay)

Hotel memang memiliki protokol keamanan yang ketat, tetapi kamu masih perlu mengambil langkah-langkah untuk membuat kamarmu lebih aman. Pastikan untuk selalu mengunci pintu, jendela, dan kunci gerendel sebelum pergi. Ada jammer yang bisa diletakkan di bawah pintu sebagai lapisan perlindungan ekstra.

Saat kamu tidak berada di kamar, buatlah seolah-olah kamu berada di sana dengan memasang tanda di pintu dan tutup tirai atau jendela. Bahkan jika ada yang mengaku dari petugas hotel, jangan biarkan orang asing masuk ke kamarmu, kecuali jika seseorang telah diperintahkan untuk datang ke kamarmu sebelumnya atas pesanan kamu sendiri.

Tips-tips di atas bisa kamu terapkan ya selama bepergian ke luar daerah. Pastikan untuk selalu menjaga diri dan barang-barangmu dengan baik agar perjalananmu dapat berjalan lancar dan berkesan. Namun, jika sekarang belum perlu-perlu banget bepergian, sebaiknya di rumah aja dulu, ya.

Baca Juga: 5 Tips Bepergian dengan Motor saat Musim Penghujan Tiba, Terapin Yuk?

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya