Comscore Tracker

5 Negara yang Miliki Budaya Uang Tip, Diwajibkan Lho!

Tips bagian dari do or don't ketika traveling ke luar negeri

Pada mulanya budaya memberikan uang tip lahir di Inggris dan menyebar ke seluruh dunia. Sebenarnya tidak ada aturan tertulis yang berisi kewajiban kamu untuk memberikan sejumlah uang tip di negara tertentu.

Namun di beberapa bagian negara, jika kamu tidak memberikan uang tip ketika berkunjung ke restoran atau hotelnya, maka yang terjadi selanjutnya adalah kamu tidak akan dilayani lagi kalau berkunjung kembali.

Duh gak mau kan kalau itu terjadi? Jadi untuk kamu yang berencana pelesiran ke luar negeri, baca artikel di bawah ini langsung yuk!

1. Amerika Serikat

5 Negara yang Miliki Budaya Uang Tip, Diwajibkan Lho!pexels/HelenaLopes

Budaya memberikan uang tip atas balas jasa yang dilakukan adalah tradisi yang sudah mengakar dalam budaya negeri Paman Sam ini. Bila kamu pelesiran ke Amerika, jangan sampai lupa memberikan uang tip sebesar 15 sampai dengan 20 persen dari bill pesanan kamu kepada pelayan restoran, roomboy, ataupun layanan jasa lain yang kamu perlukan ya.

2. Prancis

5 Negara yang Miliki Budaya Uang Tip, Diwajibkan Lho!unsplash/square

Membayangkan Prancis pasti sepaket dengan hal-hal yang berbau romantisme. Nah kalau di sana memberikan uang tip sifatnya sukarela. Bisa dilihat dari keramahan mereka dalam melayani kebutuhan kamu atau kualitas produk yang mereka jual.

Baca Juga: 5 Tips Persiapan Dokumen untuk Traveling ke Luar Negeri

3. Jerman

5 Negara yang Miliki Budaya Uang Tip, Diwajibkan Lho!unsplash/square

Kalau di negara lain kamu bisa memberikan uang tip dengan meletakkan recehan di meja, di Jerman hal ini termasuk ke dalam kategori tidak sopan. Lalu caranya bagaimana? Sampaikan secara lisan kepada orang yang ingin kamu berikan uang tip saja ya!

4. Kanada

5 Negara yang Miliki Budaya Uang Tip, Diwajibkan Lho!unsplash/square

Aturannya tidak jauh dengan Amerika. Tapi kalau kamu menolak memberikan uang tip karena sajian dan layanan yang tidak memuaskan langsung sampaikan saja ya kepada sang pemilik. Mereka akan senang hati mendapatkan umpan balik dari pelanggan kok.

5. Rusia

5 Negara yang Miliki Budaya Uang Tip, Diwajibkan Lho!unsplash/zhanjiangchen

Di Rusia kalau ingin memberikan uang tip langsung saja kepada orang atau pihak yang kamu tuju. Karena kalau kamu gabungkan sekaligus ke dalam nota pembayaran hotel atau restoran, sisa uang tersebut akan menjadi milik pihak pengelola.

Nah itu dia 5 negara yang melanggengkan tradisi memberikan uang tip. Namun yang perlu diingat adalah beda negara beda kultur. Di Tiongkok dan Jepang kamu dilarang untuk memberikan uang tip karena bisa diartikan sebagai bentuk penghinaan yang tidak bisa ditoleransi.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang doyan traveling ke luar negeri ya!

Baca Juga: 5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!

Sindi Alya Syahputri Photo Verified Writer Sindi Alya Syahputri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya