Comscore Tracker

5 Cara Menjadikan Travelling Sebagai Pekerjaan Tetapmu

Liburan asyik, duit ngalir teruus

Traveller sejati atau travelling sebagai pekerjaan mungkin masih jarang dijadikan profesi bagi orang Indonesia. Profesi ini banyak dilakukan oleh orang luar negeri. Tak jarang mereka travelling berbulan-bulan bahkan tahunan dan tak kembali ke negaranya demi menjelajah ke seluruh penjuru dunia.

Mungkin kita berpikir mereka adalah orang kaya yang tak perlu bekerja. Padahal tak semuanya demikian. Mereka juga orang biasa, sama seperti kita. Lalu, darimana mereka bisa mendapatkan uang untuk travelling? Empat cara berikut ini bisa kamu tiru jika ingin menjadikan travelling sebagai pekerjaan utamamu.

1. Volunteer traveller

5 Cara Menjadikan Travelling Sebagai Pekerjaan Tetapmuworkingtraveller.com

Ada banyak jenis volunteer yang ditawarkan berbagai organisasi dan negara. Khusus untuk menjadi traveller sejati, kamu harus mengambil volunteer travel. Volunteer Travel sendiri memiliki banyak program pilihan sesuai dengan minat dan bakatmu. Ada program mengajar, pelestarian lingkungan, budaya dan komunitas dan program arkeologi.

Setelah memilih salah satu dari program diatas, kamu bisa memilih lebih spesifik lagi mengenai pekerjaan yang kamu inginkan. Misalnya memetik anggur di perkebunan Eropa selama 2 jam sehari dan 3 hari seminggu, tinggal bersama lansia  yang hanya sendirian di rumah dan menemani mereka hanya  beberapa jam sehari dan sisanya kamu bisa jalan-jalan, atau benar-benar hanya menjadi traveller dengan mencari host yang bisa memberikanmu tempat tinggal.

Untuk mendaftar menjadi volunteer traveller, kamu bisa daftar melalui situs-situs volunteer yang banyak bertebaran di internet. Perlu diingat, volunteer travel ini tidak cocok bagi kamu yang manja yang terbiasa dilayani. Untuk menjadi seorang volunteer traveller, kamu harus menjadi pribadi yang mandiri, kuat dan tangguh, mudah bergaul dan menyukai tantangan.

2. Travel Blogger

5 Cara Menjadikan Travelling Sebagai Pekerjaan Tetapmuthirstyaffiliates.com

Bagi kamu yang hobi travelling dan menulis, menjadi seorang travel blogger rasanya sangat cocok untukmu. Travelling adalah hal yang sangat mengasyikkan yang bisa membuat pikiran menjadi relax. Jika travelling bisa menghasilkan uang, kenapa harus mengeluarkan uang untuk travelling. Apalagi jika kamu mempunyai kemampuan menulis yang baik.

Kamu bisa menuliskan semua cerita dan pengalamanmu selama travelling kedalam sebuah blog yang bisa menjadi penghasilan utamamu jika kamu benar-benar menekuninya. Saat ini sudah banyak travel blogger yang sukses dengan menjadikan blog sebagai ladang penghasilannya. Selain menghasilkan uang, menjadi travel blogger juga bisa memberikan banyak manfaat bagi yang membaca tulisanmu karena banyak orang mencari referensi terlebih dahulu sebelum pergi berlibur ke suatu tempat.

3. Travel Vlogger

5 Cara Menjadikan Travelling Sebagai Pekerjaan Tetapmuwww.youtube.com

Tidak pintar merangkai kata, tetapi hobi ngomong dan Travelling, mending kamu jadi travel vlogger aja daripada cuma ngomong yang nggak jelas dan nggak berkualitas. Profesi vlogger belakangan ini memang sedang booming. Banyak orang berlomba-lomba membuat vlog. Travel Vlog kelihatannya menarik untuk dijadikan pilihan.

Untuk menjadi seorang travel vlogger yang sukses, tentu video kamu harus membuat video wisata semenarik mungkin, serta informasi yang kamu sampaikan juga harus bermanfaat. Sehingga akan menarik banyak subscribers yang berujung pada penghasilan yang cukup lumayan.

4. Traveller Instagram

5 Cara Menjadikan Travelling Sebagai Pekerjaan Tetapmuwww.gogirlmagz.com

Kalau kamu enggak hobi nulis panjang ala travel blogger dan enggak percaya diri ngoceh sendirian ala travel vlogger, tapi kamu suka mengabadikan setiap momen perjalanan wisatamu baiknya upload aja foto-foto kecemu ke Instagram. Jika fotomu bagus dan kamu konsisten yang akhirnya menarik minat banyak orang untuk jadi followersmu, kamu pun akhirnya bisa menjadi traveller Instagram.

Enggak sedikit orang di zaman yang serba digital ini juga bekerja secara digital. Menjadi seorang traveller Instagram juga sudah menjadi pilihan banyak orang dan terbukti banyak yang sukses dan hidup dari instagram dan travelling.

5. Tour Guide

5 Cara Menjadikan Travelling Sebagai Pekerjaan Tetapmuwww.reference.com

Tour guide merupakan profesi yang sudah ada sejak lama, jauh sebelum travel blogger, travel blogger dan traveller instagram bermunculan. Seorang tour guide bertanggungjawab untuk memandu wisatawan yang ia bawa. Dengan menjadi seorang tour guide tentunya kamu memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi banyak tujuan wisata di seluruh dunia.

Travelling sejatinya bukan untuk melarikan diri dari kehidupan, melainkan untuk membuat hidup kita lebih hidup dan agar kehidupan itu sendiri tidak lari dari kita. Jika kamu benar-benar memilki gejolak luar biasa untuk menjadi seorang traveller sejati dan menjadikan travelling-mu tak sekedar menghamburkan uang, cobalah pilih salah satu dari lima poin di atas dan tekunilah apa yang sudah kamu pilih.

 

Anne Yaa Photo Community Writer Anne Yaa

Travel, food, flowers, nature enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You