Comscore Tracker

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api Ekonomi

Mudik tenang, hati senang

Home sweet home. Sejauh apapun merantau pasti akan tetap merindukan kampung halaman. Bertemu dengan orang tua, keluarga dan kawan-kawan.

Dan biasanya momen libur lebaran dan libur sekolah menjadi momen untuk kembali ke kampung halaman atau yang biasa disebut mudik.

Ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa dipilih untuk mudik. Ada pesawat, kapal laut, kereta api, bus, mobil, bahkan motor.

Kereta api merupakan salah satu kendaraan umum di Indonesia yang banyak peminatnya. Ada 3 kelas yang bisa dipilih, yaitu kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Nah kali ini penulis akan membahas tentang mudik menggunakan kereta api ekonomi. Selain karena waktu tempuh yang lebih cepat dibanding menggunakan bus atau mobil, harga tiket kereta api juga terbilang murah. Dan sekarang fasilitas yang disediakan pihak PT Kereta Api Indonesia pun cukup nyaman, ber AC dan setiap penumpang pasti mendapatkan tempat duduk. Tak seperti jaman dahulu yang berebutan kursi dan panas. Lalu apa saja tips mudik menggunakan kereta api ekonomi? Mari kita bahas satu per satu.

1. Belilah tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api EkonomiDok. Pribadi

Karena banyaknya peminat pengguna kereta api, maka hendaknya membeli tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan. Pihak PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), sudah memberlakukan pembelian tiket H-90. Jadi, 3 bulan sebelumnya kita sudah bisa membeli tiket kereta api.

Hal itu bertujuan agar siap lebih dini dan juga mengantisipasi kehabisan tiket di saat peak season. Peak season biasanya terjadi pada saat weekend, hari libur nasional, libur anak sekolah, libur akhir tahun, dan libur lebaran.

Walaupun anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya tiket penuh, akan tetapi akan lebih baik jika Anda tetap membelikannya tiket. Agar anak Anda tetap mendapatkan jatah tempat duduk. Bila perlu belilah tiket tambahan agar ia bisa beristirahat dengan nyaman selama perjalanan.

Jangan lupa pesanlah tempat duduk yang berhadapan sehingga Anda dan keluarga bisa tetap berkumpul dan tentunya akan lebih nyaman.

Pembelian tiket pun sekarang lebih mudah. Ada banyak penyedia tiket online. Banyak promo yang ditawarkan pula. Jadi tak perlu antri di loket lagi. 

2. Persiapkan segala keperluan yang akan dibawa dan bawalah baju ganti di tas yang terpisah dari koper/ransel

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api Ekonomistock.adobe.com

Dikarenakan akan melakukan perjalanan jauh, maka hendaknya kita mempersiapkan segala keperluan yang akan dibawa. Pertimbangkan pula berapa lama kita akan mudik, sehingga bisa diperkirakan akan membawa koper ataukah tas ransel biasa.

Selama perjalanan, bisa saja anak berkeringat atau baju basah dan kotor ketumpahan makanan minuman. Maka dari itu, siapkan baju ganti di tas yang berbeda dengan yang di koper atau ransel. Daripada harus bongkar-bongkar koper mencari baju ganti. Hal ini akan lebih mudah, kan?

3. Sounding anak-anak

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api Ekonomimegmeekermd.com

Bila Anda mudik dengan membawa anak-anak maka sebelum mudik sebaiknya sounding dulu anak-anak.

"Nanti tanggal sekian bulan sekian kita akan mudik ke tempat eyang naik kereta ya."

Lalu ceritakanlah seperti apa naik kereta api itu (bagi anak yang baru pertama naik kereta), agar anak punya gambaran. Biasanya anak akan excited

Baca Juga: Otoritas Pelabuhan Siapkan 21 Kapal untuk Pemudik Natal & Tahun Baru

4. Sediakan makanan minuman serta mainan atau buku bacaan

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api Ekonomitwitter.com/indika9160fm

Karena perjalanan mudik menempuh waktu yang cukup lama maka sediakanlah makanan dan minuman untuk dikonsumsi di kereta. Memang pihak PT KAI menyediakan layanan restorasi, tetapi membawa makanan dan minuman dari rumah akan lebih baik, kan?

Jangan lupa pula bawakan mainan atau buku bacaan agar anak tak merasa bosan di kereta api. 

5. Bawa suplemen atau obat-obatan yang diperlukan

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api Ekonomipixabay.com/mitto

Bawalah pula suplemen atau obat-obatan yang diperlukan agar tubuh tetap fit selama perjalanan dan selama mudik. Memang kita tidak mengharapkan terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga sehat terus ya!

6. Bila barang bawaan banyak, pakailah jasa porter

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api EkonomiIDN Times/Indiana Malia

Mudik ke kampung halaman biasanya membawa oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara. Barang bawaan pun akan bertambah. Jika mengalami kesulitan saat membawa barang bawaan, Anda bisa menggunakan jasa porter. Yaitu jasa yang diberikan oleh petugas porter untuk menaik turunkan barang bawaan ke gerbong tempat duduk Anda.

7. Bawalah bantal leher atau Anda bisa menyewa bantal di kereta

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api Ekonomii.dailymail.co.uk

Menempuh perjalanan jauh dengan kondisi duduk lama bisa membuat badan lelah. Nah untuk mengantisipasinya bawalah bantal leher agar Anda bisa tidur di kereta.

Jika tak mempunyai atau terlalu repot membawa bantal leher, Anda juga bisa menyewa bantal yang disediakan pihak PT KAI. Dengan biaya sewa Rp 7.000 saja, Anda dan anak-anak bisa nyaman tidur di kereta. 

8. Dampingi anak-anak saat ke toilet di kereta

8 Tips Mudik Menyenangkan Menggunakan Kereta Api Ekonomiilovebeingmom.com

Toilet di kereta api tak memang hampir sama seperti toilet pada umumnya. Hanya saja pintunya terbuat dari besi, sehingga saat membuka tutup pintu akan rawan terjepit. Selain itu, karena kereta terus berjalan maka ada kemungkinan anak bisa jatuh karena guncangan kereta. Maka dari itu dampingilah anak-anak Anda saat ke kamar mandi kereta.

Demikianlah 8 tips mudik menggunakan kereta api ekonomi. Semoga bermanfaat. Selamat mudik! Selamat berjumpa dengan keluarga, sanak saudara, dan handai taulan di kampung halaman. 

Mau nyobain mudik dengan menggunakan kereta api? yuk pesen aja tiket mu sekarang di Tokopedia dan gunakan kode promo Tokopedia untuk diskon tambahan!

Baca Juga: Gak Perlu Bosan Saat Mudik ke Surabaya, 5 Tempat Ini Bisa Jadi Pilihan

Sasa Aiza Kamila Photo Writer Sasa Aiza Kamila

Mom of three great kids.. Yang akan dan masih terus belajar, belajar dan belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya