Comscore Tracker

Catat, 6 Tata Krama Ini Harus Kamu Patuhi Saat Traveling ke Jepang

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung!

Seperti yang kita tahu, Jepang merupakan negara yang sangat mementingkan tata krama. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Jepang, ada baiknya mempelajari tata krama yang berlaku disana. Hal tersebut dimaksudkan supaya kamu tau apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di Jepang.

Panduan ini akan sangat berguna untuk membantumu beradaptasi di sana. Nah, berikut ada 6 tata krama di Jepang yang harus kamu ketahui saat berkunjung ke Jepang. Pastikan bahwa kamu tidak melanggarnya ya!

1. Jangan meletakkan sumpit secara vertikal dengan mangkuk saat makan

Catat, 6 Tata Krama Ini Harus Kamu Patuhi Saat Traveling ke Jepangmatcha-jp.com

Seperti yang kita ketahui, orang Jepang memiliki kebiasaan makan menggunakan sumpit. Namun ternyata, makan dengan sumpit juga ada tata kramanya lho! Ketika makan, jangan sampai meletakkan sumpit secara vertikal dalam mangkuk. Letak sumpit yang vertikal dengan mangkuk menyerupai ritual di pemakaman.

Kamu dapat meletakkan sumpit tersebut di sebelah piring. Selain itu, hindari pula menggosok-gosokkan sumpit tersebut secara bersamaan, karena kebiasaan tersebut dianggap sebagai hal yang tidak sopan di Jepang. 

2. Tidak meninggalkan uang tip

Catat, 6 Tata Krama Ini Harus Kamu Patuhi Saat Traveling ke Jepangthrillist.com

Kebiasaan satu ini memang berbeda seperti di Indonesia atau negara Barat, orang Jepang tidak suka bila diberi tip. Meninggalkan tip bisa dianggap sebagai sebuah penghinaan. Oleh karena itu, ketika kamu memberikan beberapa lembar atau koin di restoran ataupun tempat lain, maka sesegera mungkin mereka akan mengembalikan uangmu tersebut.

3. Melepas alas kaki tiap kali masuk ke dalam ruangan

Catat, 6 Tata Krama Ini Harus Kamu Patuhi Saat Traveling ke Jepangtravelingyuk.com

Tidak hanya di drama ataupun film saja, ternyata masyarakat Jepang juga memiliki kebiasaan untuk melepas alas kakinya ketika hendak masuk ke ruangan. Kebiasaan ini tidak hanya berlaku di dalam rumah, tetapi juga di berbagai tempat, seperti tempat ibadah, sekolah, hotel dan berbagai tempat lainnya.

Namun biasanya akan disediakan juga alas kaki khusus yang bisa dipakai ketika di dalam ruangan. Masyarakat Jepang menganggap jika sepatu yang digunakan di luar tidak bersih sehingga harus diganti ketika memasuki rumah.

Baca Juga: 6 Jenis Bento Khas Jepang Ini Akan Membuatmu Lapar Seketika

4. Memberi dan menerima sesuatu dengan kedua tangan

Catat, 6 Tata Krama Ini Harus Kamu Patuhi Saat Traveling ke Jepanghuffingtonpost.com

Tidak hanya di Korea, ternyata kebiasaan ini juga dianut oleh masyarakat Jepang. Ketika memberi ataupun menerima sesuatu dari orang lain, kamu harus menggunakan kedua tanganmu.

Menerima atau memberi susuatu dengan kedua tangan adalah ara menghargai sesuatu di Jepang. Bahkan untuk menerima atau memberi sesuatu yang kecil seperti kartu nama pun harus menggunakan kedua tangan!

5. Tidak makan sambil jalan

Catat, 6 Tata Krama Ini Harus Kamu Patuhi Saat Traveling ke Jepangmandiripoker.wordpress.com

Umumnya orang Jepang tidak makan sambil jalan. Kalau pun mereka mampir ke stan makanan cepat saji di jalanan, maka akan dimakan saat itu juga sambil berdiri. Sementara minuman yang dibeli dari banyak mesin penjual otomatis yang tersedia di tempat umum juga langsung dikonsumsi di sana.

Selain itu, mereka juga menghindari makan dan minum di angkutan umum karena dianggap sebagai suatu perbuatan yang tidak sopan, kecuali untuk perjalanan jarak jauh. Jadi kalau kamu ingin makan sambil jalan, harus mikir dua kali nih!

6. Tidak memonopoli pembicaraan

Catat, 6 Tata Krama Ini Harus Kamu Patuhi Saat Traveling ke Jepangvariety.com

Kamu tipe orang yang suka memotong pembicaraan orang lain? Kalau iya, maka kamu harus menghentikan kebiasaanmu tersebut. Di Jepang, pengendalian diri merupakan etika dalam percakapan.

Saat berbicara dengan orang asing  atau orang yang belum terlalu akrab, sebaiknya tidak memonopoli pembicaraan dan memberikan kesempatan padanya untuk berbicara. Selain itu, juga dianjurkan untuk menjadi pendengar yang baik dan tidak memotong pembicaraan orang.

Itulah 6 tata krama yang harus kamu patuhi saat berkunjung ke Jepang. Kamu tentunya gak mau dianggap gak sopan kan? oleh karena itu, jangan sampai melanggar ya!

Baca Juga: 6 Film Jepang Tentang Cinta Terlarang Guru dan Muridnya, Baper Abis!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya