Comscore Tracker

5 Kamera Ini Cocok Dibawa Saat Travelling, Gak Pakai Ribet

Apa kamera travelling pilihanmu?

Rasanya kurang lengkap jika kamu liburan tapi gak mendokumentasikan liburan seru kamu ke sosial media. Pamer foto-foto instagramable di spot destinasi wisata udah jadi hal wajib dilakukan. Nah, untuk mendapatkan foto yang layak diunggah, tentu kamu membutuhkan kamera. Meski saat ini banyak kamera bermunculan, tapi tak semua jenis kamera cocok untuk Anda bawa saat liburan. Kamu tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan destinasi wisata mana yang dikunjungi atau apakah bisa digunakan tanpa ribet. Nah, artikel ini akan membantumu untuk menentukan kamera mana yang cocok untuk menemani liburanmu.

1. Kamera smartphone

5 Kamera Ini Cocok Dibawa Saat Travelling, Gak Pakai Ribetpexels.com/Life Of Pix

Kamu tidak ingin ribet dengan membawa banyak gadget saat liburan? Menggunakan kamera smartphone bisa jadi pertimbanganmu. Meski banyak orang meragukan kemampuan kamera smartphone dalam mengambil gambar, tapi kamu tidak perlu terlalu khawatir. Saat ini banyak bermunculan kamera smartphone yang canggih dengan berbekal lensa ukuran 12-16 megapixel dan sensor kamera canggih. Kamu pun bisa dengan mudah mengedit hasil tangkapan foto dengan aplikasi yang ada. Kelebihan lain, kamu bisa langsung mengunggah foto liburan ke sosial media.

2. Action camera

5 Kamera Ini Cocok Dibawa Saat Travelling, Gak Pakai Ribetpexels.com/Gabriela Palai

Jika kamu suka travelling ke alam bebas, action camera seperti GoPro atau DJI, sangat cocok untuk kamu. Kamera ini tidak akan membatasi ruang gerakmu dalam mengambil gambar, karena ukuran kamera ini sangat mungil. Kamu pun dengan mudah mengabadikan aktivitas ekstrim yang kamu lakukan selama liburan. Beberapa merek seperti GoPro bahkan mampu mengambil gambar atau mereka di bawah air. Mau pergi ke hutan tropis, gunung, laut hingga gurun pasir pun, kamu tidak perlu khawatir kamera yang kamu bawa akan rusak.

3. Kamera mirrorless

5 Kamera Ini Cocok Dibawa Saat Travelling, Gak Pakai Ribetunsplash.com/@anete_lusina

Buat kamu yang merasa keberatan dengan body DSLR yang lumayan berat untuk dipegang, kamera mirrorless menjadi pilihan yang tepat. Meski bentuknya jauh lebih kecil dari DSLR, tapi kemampuannya setara. Kamera ini jadi alternatif terbaik untuk berburu foto-foto bagus meski kamu awam fotografi. Pada seri pemula, pengoperasian kamera ini cukup mudah. Selain itu bagi kamu yang hobi selfie dan membuat vlog, mirrorless tergolong kamera yang mudah digunakan untuk selfie ataupun nge-vlog.

Baca Juga: 4 Smartphone dengan Hasil Kamera Super Jernih Ini Harganya Terjangkau

4. Kamera pocket

5 Kamera Ini Cocok Dibawa Saat Travelling, Gak Pakai Ribetexpertreviews.co.uk

Buat kamu yang ngerasa kemahalan dengan harga kamera mirrorless, opsi lain adalah kamu bisa menggunakan kamera pocket. Kamera ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan harga kamera mirrorless. Meski lebih murah tapi kamu gak perlu khawatir soal kualitasnya foto. Hasil tangkapan fotonya gak kalah kok dari kamera mirrorless, salah satu yang terbaik di kelas kamera ini adalah merek Canon G7X. Catatan buat kamu juga nih, kamu tidak bisa gonta-ganti lensa karena ciri khas kamera pocket adalah memiliki lensa built-in.

5. Instant camera

5 Kamera Ini Cocok Dibawa Saat Travelling, Gak Pakai Ribetpexels.com/Lisa Fotios

Siapa yang tak kenal dengan Polaroid? Semacam kamera analog yang mana hasil foto langsung yang tercetak usai menjepret. Polaroid sebenarnya adalah salah satu dari sekian banyak merek kamera instan yang hits pada dekade 80-an yang kini kembali hype. Kamera instan saat ini cukup digemari, karena kamu bisa langsung melihat cetakan hasil foto-foto liburan.

Hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan dengan kamera ini adalah berkreasi membuat kolase foto-foto liburan ala scrapbook. Sayangnya, aktivitas jepret fotomu harus dibatasi jumlah film. Jadi, kamu perlu membawa banyak cadangan film jika ingin memotret banyak hal. Namun saat ini ada beberapa jenis kamera instan hybrid, jadi kamu bisa memilih hasil foto untuk dicetak langsung atau menyimpannya di kartu memori.

Memilih kamera yang sesuai untuk tujuan travelling kamu sangat penting. Tentu kamu tidak ingin kecewa karena hasil tangkapan fotomu tidak memuaskan atau kamera kamu rusak.

Baca Juga: 7 Kelebihan Oppo F11 Pro yang Memiliki Kamera Beresolusi Tinggi

Terra Esa Photo Community Writer Terra Esa

Penikmat sego babat meski akhirnya berujung sakit tenggorokan. Karena hidup adalah tantangan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You