Comscore Tracker

5 Informasi Penting untuk Berwisata ke Pantai Watu Ulo Jember

Batu karang menyerupai ular raksasa #LokalIDN

Jember adalah salah satu wilayah di Jawa Timur dengan potensi wisata alamnya yang melimpah, salah satunya yaitu Pantai Watu Ulo. Lokasinya terletak di Desa Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kab. Jember.

Kata Watu Ulo sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu Watu yang berarti batu dan Ulo berarti ular, jika digabungkan bermakna batu ular. Inilah alasan mengapa pantai ini disebut sebagai pantai Watu Ulo karena memiliki gugusan batu yang menyerupai ular raksasa.

Untuk berkunjung ke pantai yang satu ini, ada beberapa informasi penting yang harus kamu tahu. Berikut lima informasi penting berwisata ke Pantai Watu Ulo Jember.

1. Kisah Asal Usul Pantai Watu Ulo

5 Informasi Penting untuk Berwisata ke Pantai Watu Ulo Jemberinstagram.com/nasionp

Konon asal muasal batu yang menyerupai ular raksasa tersebut adalah seekor naga jahat yang sedang bersemedi bernama Nogo Rojo. Dia sangat rakus dan memakan segala ikan di laut sehingga masyarakat sangat dirugikan dengan hadirnya naga tersebut.

Pada akhirnya ada seorang lelaki bernama Raden Marsudo yang berhasil membunuh Nogo Rojo dan memotong bagian tubuhnya menjadi tiga bagian. Bagian kepala berada di Banyuwangi, bagian ekor berada di Pacitan, dan bagian tubuhnya berada di Jember.

2. Rute Menuju Lokasi

5 Informasi Penting untuk Berwisata ke Pantai Watu Ulo Jemberinstagram.com/dolanjember

Berjarak sekitar 33 km dari arah Jember kota kamu bisa melaju ke selatan menuju Kecamatan Sabrang. Dari pusat kecamatan tersebut kamu cukup lurus hingga sampai di Desa Sumberrejo dan menemukan papan arah menuju Pantai Watu Ulo. 

Baca Juga: 10 Tempat Paling Angker di Jember, Ada Tumbal untuk Nyi Roro Kidul

3. Harga Tiket Masuk

5 Informasi Penting untuk Berwisata ke Pantai Watu Ulo Jemberinstagram.com/jellabr_

Harga tiket masuk di pantai ini cukup terjangkau, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp7.500 untuk harga per orang serta tambahan uang parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

4. Aktivitas Wisata

5 Informasi Penting untuk Berwisata ke Pantai Watu Ulo Jemberinstagram.com/pesonaalamkuy

Ada beragam aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Tentunya jangan lupa untuk hunting foto di atas batu karang yang menyerupai ular ya. Selain itu kamu bisa menyaksikan sunset di sore hari, berjemur, memancing, dan berburu kuliner ikan bakar yang tersedia di warung makan pesisir pantai.

5. Penginapan

5 Informasi Penting untuk Berwisata ke Pantai Watu Ulo Jemberinstagram.com/ricky_joe

Kamu bisa memilih beberapa tempat penginapan yang tersedia disekitar pantai ini, salah satu yang menjadi rekomendasi adalah Tepi Laut Cottage. Dengan desain bangunan menyerupai rumah panggung tradisional, dapat menjadi pilihan bagi kamu yang merindukan nuansa klasik. Harga per malam di Tepi Laut Cottage berkisar antara 200 ribuan. 

Itulah tadi beberapa informasi penting sebelum kamu melakukan kunjungan wisata di Pantai Watu Ulo Jember. Jangan lupa abadikan momen kala berkunjung ke sana ya!

Baca Juga: Berbahan Dasar Tape, Ini Dia 5 Jenis Camilan Khas Jember

Windy Ayu Lestari Photo Verified Writer Windy Ayu Lestari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya