Comscore Tracker

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!

Nomor 5 sering banget kejadian

Selain makan, liburan jadi hal penting yang diperlukan setiap orang. Apalagi kalau jenuh dan penat sudah menyerang, liburan bisa jadi obat yang ampuh. Ketika liburan, banyak manfaat yang kita dapatkan, seperti pengalaman baru, pikiran jadi fresh, hingga menjalin pertemanan baru. 

Tapi tak jarang ada penyesalan yang muncul ketika usai liburan. Lho kok bisa? Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya rasa penyesalan setelah traveling.

1. Tidak tahu ada tempat wisata bagus di sekitar penginapan

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!stokpic.com/Ed Gregory

Pernah gak sih menyesal karena tidak mengunjungi tempat yang bagus atau lagi hits? Biasanya kita baru tahu ketika perjalanan pulang atau ketika sudah kembali ke rumah. Penyebabnya, kita kurang riset soal destinasi yang dituju, terutama yang di sekitar penginapan. Yaah, sayang kan?

2. Pakaian yang dibawa tidak sesuai cuaca dan kondisi setempat

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!unsplash.com/stilclassics

Bisa jadi kondisi atau cuaca di tempat tinggal kita dan destinasi tujuan sama sekali berbeda, meskipun masih satu negara. Misalnya di Pulau Jawa sudah sering hujan, tapi di Indonesia Timur justru masih panas kerontang.

Padahal kita sudah siap-siap membawa baju hangat, jaket tebal, atau perlengkapan baju musim hujan. Nah, biar gak salah, sebaiknya riset dulu kondisi atau cuaca terkini destinasi tujuan kamu ya!

3. Tidak membawa pakaian yang menarik untuk berfoto

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!unsplash.com/DmitriyIlkevich

Saat traveling, kurang afdol rasanya kalau tidak mengabadikan momen diri. Berfoto merupakan salah satu caramu menyimpan kenangan selama berlibur, apalagi kalau lokasinya amat cantik. 

Siapkan outfit terbaikmu untuk hunting foto kece selama traveling. Jangan sampai menyesal karena hanya memakai pakaian seadanya.

4. Lupa membeli makanan khas setempat

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!IDN Times/Yoshi Nathania

Jangan fast food lagi fast food lagi dong kalau liburan ke kota atau negara lain! Kamu harus mencicipi masakan khas daerah setempat, supaya lidahmu mengecap lebih banyak rasa dan pengalaman. Siapa tahu kamu justru terinspirasi membuka bisnis kuliner dari sana. 

5. Kurang cukup waktu untuk eksplorasi daerah yang dikunjungi

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!pexels.com/OleksandrPidvalnyi

Mungkin inilah penyesalan terbesar traveler. Kurang cukup waktu merupakan hal yang paling tidak menyenangkan, rasanya seperti diburu waktu. Kamu akan merasa kurang puas karena tidak mengeksplorasi daerah yang kamu kunjungi dengan tenang dan mendalam. Biar gak menyesal, sebaiknya buatlah daftar tujuan yang ingin dikunjungi dan cocokkan dengan waktu yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Jenis Destinasi Wisata dan Bahayanya, Kenali Dulu Sebelum Liburan

6. Salah memilih penginapan karena tidak mencari informasi terlebih dulu

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!unsplash.com/EuniceStahl

Sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya soal penginapan. Kamu bisa bertanya kepada orang terdekatmu yang pernah pergi ke sana lebih dulu. Membandingkan harga di online travel agent satu dengan yang lainnya juga harus dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik dengan lokasi sesuai harapan. Jangan sampai baru menyesal ketika sudah di lokasi, karena ada yang lebih dekat wisata dan lebih murah ya!

7. Tidak menyimpan kontak warga atau penyedia fasilitas setempat

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!unsplash.com/Max Brown

Sempatkan diri berkenalan dengan penduduk lokal, terutama jika kamu melakukan solo traveling. Manfaatnya banyak kalau kamu punya kenalan dengan warga atau penyedia jasa setempat.

Pertama, kalau kamu ingin berkunjung lagi, setidaknya ada relasi yang kamu kenal. Kedua, jika ada teman atau kerabatmu ingin ke daerah tersebut, kamu bisa membantu memberikan informasi kontak penduduk lokal atau penyedia jasa setempat itu. 

8. Uang habis di satu lokasi saja

Duh, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menyesal Setelah Traveling Lho!pexels.com/brucemars

Jangan sampai hal ini terjadi kepada kamu ya! Kalau sudah merencanakan perjalanan dengan matang, jangan lupa mencatat pengeluarannya. Kalau kamu telah menghabiskan banyak uang di satu lokasi saja, bisa-bisa malah stres dan liburan jadi gak menyenangkan.

Padahal uang tersebut bisa dialokasikan untuk hal yang lain. Misalnya seperti membayar tiket masuk ke tempat wisata tertentu atau mencicipi makanan khas setempat.

Traveling memang hal yang menyenangkan, tapi akan jadi menyebalkan jika kamu merasakan penyesalan akibat beberapa hal di atas. Siapkan dengan matang biar semuanya berjalan sesuai harapan ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi, Indah & Instagramable Banget!

Topic:

  • Yoshi Nathania
  • Dewi Suci

Just For You