Comscore Tracker

Ini Cara Mudah Membaca Kode Ban Mobil, Jangan Sampai Salah Pilih!

Dari angka, huruf, bahkan simbol

Jakarta, IDN Times - Banyak kecelakaan terjadi karena ban meletus di tengah jalan. Padahal kecelakaan seperti ini bisa dihindari kalau pengendara rutin mengecek kondisi ban. Apalagi mengecek kondisi ban itu gak sesulit mengecek mesin.

Nah, kalau kondisi banmu sudah gak layak pakai, sebaiknya segera ganti baru. Tapi jangan juga asal membeli ban, karena setiap ban itu ternyata memiliki kode, loh. Kode berupa angka atau huruf tersebut biasanya tertera di dinding ban. Apa sih makna kode-kode tersebut?

Hendri Haryatno dari Astra International Daihatsu Samarinda akan membantu kamu mengenal setiap kode ban. Ini penjelasannya!

1. Ketahui kapasitas ban dari kodenya

Ini Cara Mudah Membaca Kode Ban Mobil, Jangan Sampai Salah Pilih!Kode ban (mobilmo.com)

Kode spesifikasi yang tertera di permukaan ban seperti 235/60R19 100H bukan hanya angka dan huruf semata, tetapi penuh makna.

Angka 235 bermakna lebar tapak ban dalam ukuran milimeter (mm). Sedangkan 60 adalah ketinggian dinding ban dari pelek (mm). Lalu R sebagai tipe radial ban  dan 16 merupakan diameter dalam ban sesuai dengan diameter pelek (in). 100 menunjukkan beban maksimal yang mampu di topang oleh ban, berarti mobil tersebut mampu menahan bebat seberat 790 kg. Terakhir, H merupakan indikator kecepatan maksimal yakni 210 km/jam.

Masing-masing ban memiliki kode berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil yang ditopangnya. Demikian pula kode lain seperti JHC2619. Kode tersebut dapat memberi informasi usia ban. Angka 2619 berarti ban dibuat pada minggu ke-26 pada tahun 2019.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Ban Mobil Pecah

2. Sesuaikan ban dengan medan jalan

Ini Cara Mudah Membaca Kode Ban Mobil, Jangan Sampai Salah Pilih!Ilustrasi mobil SUV (otomart.id)

Beberapa ban sudah disiapkan sesuai dengan medan yang akan ditempuh oleh mobil. Kode yang tertera dekat telapak ban atau kata lainnya tread berbeda-beda setiap mobil.

"Tipe ban dengan kode H/T atau High Terrain merupakan ban yang ditujukan untuk mobil sport utility vehicle (SUV) yang memiliki performa tinggi dan lebih sering digunakan di jalan aspal dalam kecepatan yang juga relatif tinggi," papar Hendri.

Beberapa kode lainnya seperti M/T, A/T, HT, dan MS memiliki makna berbeda lagi.

3. TWI sebagai pengingat penipisan ban

Ini Cara Mudah Membaca Kode Ban Mobil, Jangan Sampai Salah Pilih!TWI (tyremarket.com)

Di sisi badan ban juga memiliki tread wear indicator (TWI)yang berbeda-beda. Namun, umumnya TWI berupa tanda segitiga yang tertera di sisi ban dan tonjolan di sela-sela tapak ban.

Berfungsi untuk menunjukkan batas keausan telapak ban yang disediakan produsen. Kalau sudah menipis, telapak ban akan sejajar tingginya dengan tonjolan TWI. Jika sudah begitu, kamu perlu mengganti ban dengan yang baru untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat ban aus.

4. Perhatikan pitch circle diameter (PCD) di pelek

Ini Cara Mudah Membaca Kode Ban Mobil, Jangan Sampai Salah Pilih!Ilustrasi velg (pexels.com/Derwin Edwards)

Tampilan pelek boleh macho setelah modifikasi. Tetapi jika hanya mementingkan tampilan tanpa tahu kapasitas pelek, maka siap-siap mengalami gangguan saat handling mobil serta risiko kerusakan dini.

Perhatikan pitch circle diameter (PCD) yakni jarak lubang baut pada pelek dan sesuaikan dengan diameter ban. Setiap PCD velg mobil berbeda-beda, jangan paksakan jika memang tidak sesuai.

Baca Juga: Asal Ganti Ban Mobil Bisa Bikin Celaka, Kog Bisa?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You