Comscore Tracker

Stiker Vinyl Bisa Jadi Pelapis Cat Mobil, Ini 3 Keunggulannya!

Bisa gonta-ganti warna sesuka hati

Samarinda, IDN Times - Banyak penyebab yang bisa menjadikan cat mobil menjadi kusam atau tergores, seperti paparan sinar matahari hingga gesekan. Kalau cat mobil sudah lecet, pilihannya adalah memoles atau mengecat ulang.

Tentu saja mengecat ulang itu sangat merepotkan dan mahal. Hasilnya pun belum tentu memuaskan, karena sering kali cat terlihat belang. Opsi lain adalah melaminating atau membungkus bodi dengan stiker vinyl.

Apa saja keuntungan melapisi mobil dengan vinyl? Berikut di antaranya..

1. Tidak akan membekas, cocok bagi yang doyan ganti warna mobil

Stiker Vinyl Bisa Jadi Pelapis Cat Mobil, Ini 3 Keunggulannya!Ilustrasi stiker vinyl (fifteen52.co.uk)

Kamu tidak perlu takut, stiker vinyl tidak akan membekas. Kalaupun ada, bekas lemnya mudah dibersihkan. Stiker ini juga cukup elastis dan mudah diaplikasikan.

Zainudin Aljay, pegawai di toko Antasari Stiker Samarinda menjelaskan cara pemasangan dan jenis-jenis vinyl. Stiker vinyl beragam, warnanya juga. Khusus stiker vinyl dengan tipe Oracal 651, bahannya cukup aman dan lentur saat dipanaskan dengan hot gun.

"Tetapi tetap saja ada sisi-sisi yang susah rapi. Biasanya di lekukkan bodi," katanya pada Jumat (6/12).

Pemasangan stiker vinyl tipe ini di bagian lekukkan tajam seperti lampu mobil atau bumper biasanya tidak rapi. Bagian lekukkan bakal tidak tertutupi sepenuhnya, tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan menambal vinyl di bagian dalam badan mobil atau dengan membongkar lebih dulu bagian-bagian bodi yang akan dibungkus stiker.

Hasil pemasangan stiker bakal mantap dan rapi kalau dikerjakan oleh tenaga kerja yang ahli pula. Sebab itu, Zainal menyarankan untuk membawanya ke tempat pemasangan stiker yang kamu percaya.

Baca Juga: Pedal Kopling Sering Rusak? Hindari Kebiasaan Ini Saat Berkendara

2. Mudah dan aman dipasang bagi kendaraan kesayangan

Stiker Vinyl Bisa Jadi Pelapis Cat Mobil, Ini 3 Keunggulannya!Ilustrasi vinyl mobil (pinterest.com)

Pemasangan stiker vinyl tidak memerlukan waktu banyak dan cukup murah dibandingkan poles bodi. "Dengan dana sekitar 2-3 juta rupiah, dan pengerjaannya maksimal 48 jam, kamu sudah dapat tampilan baru sesuai keinginan," kata dia. 

Wrapping mobil dengan vinyl juga dapat menunjukkan kreativitas diri dengan desain-desain sesuai keinginan dan aman saat diganti jika sewaktu-waktu jenuh dengan stiker yang lama. Stiker ini dapat bertahan selama tiga sampai empat tahun.

"Asal lembut dan cermat saat dicuci dan tidak selalu dibiarkan di bawah terik matahari," pinta Zainudin.

Menggosok bodi mobil yang kotor boleh saja. Namun jika dilakukan dengan kasar  dapat membuat stiker lambat laun mengelupas Begitu juga kalau mencuci mobil dengan steam perlu hati-hati.

3. Tak cocok untuk mobil tua karena permukaan bodi mobil tak rata

Stiker Vinyl Bisa Jadi Pelapis Cat Mobil, Ini 3 Keunggulannya!Ilustrasi vinyl mobil (pinterest.com)

Meskipun, beragam manfaat, mudah diaplikasikan dan harganya murah tidak bisa dipastikan stiker ini cocok untuk semua jenis mobil. Khusus mobil tua dan bodinya lama tak terawat, stiker ini akan sulit melekat karena permukaannya tidak rata dan bergembung. Selain itu, mobil yang sebelumnya hasil decco juga sulit.

"Jadi lebih baik dipoles dulu, baru pasang stiker. Sebab cat yang sebelumnya akan ikut terangkat oleh lem stiker ketika dicabut,” pungkas pria dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Rentan Tergores, Ini Tips Ampuh Merawat Cat Mobil Berwarna Matte

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You