Comscore Tracker

Ban Motor Sering Gembos? Cek Tiga Hal Berikut 

Kurangi waswas dengan menggunakan ban tubeless

Jakarta, IDN Times - Ban motor mendadak gembos memang menyebalkan. Sebab, jika ban kurang tekanan angin, buntutnya bisa panjang. Mulai dari handling yang menjadi tidak stabil hingga pelek pecah. Intinya, memaksa memacu motor dengan kondisi ban gembos sangat tidak disarankan.

Nah, berikut beberapa tips yang harus dilakukan saat ban gembos dan cara agar terhindar dari ban bocor.

1. Saat ban gembos, jangan dipaksa jalan

Ban Motor Sering Gembos? Cek Tiga Hal Berikut IDN Times/Dwi Agustiar

Kalau ban mendadak gembos atau bocor, baiknya segera turun lalu tuntun motor ke bengkel terdekat. Sebab, saat ban kekurangan angin, maka ban tersebut akan bergesekan dengan pelek.

Gesekan ini bisa membuat ban menjadi sobek. Pada kondisi ekstrem, bisa justru peleknya yang peyang. Kalau sudah begini, duit yang harus kamu keluarkan untuk memperbaikinya bakal lebih banyak lagi.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Baca Juga: Terdengar Suara Ledakan dan Motor Susah Distarter? Ini Jawabannya

2. Pastikan pemasangan ban dalam dan tekanan udara sudah tepat

Ban Motor Sering Gembos? Cek Tiga Hal Berikut Ilustrasi Ban (IDN Times/Dwi Agustiar)

Kalau motormu masih menggunakan ban tube atau ban dalam, pastikan pemasangannya sudah benar dan tekanan anginnya pas. Sebab pemasangan yang keliru justru akan membuat ban dalam sobek.

Sementara untuk tekanan angin, kamu bisa membacanya pada petunjuk saat pembelian ban. Di sana biasanya tertera tekanan angin yang disaranan. Sebisa mungkin ikuti saran tersebut.

Sebab tekanan angin yang kelewat tinggi bisa membuat menjadi benjol. Sementara kurang tekanan akan membuat ban dalam terlipat.

3. Pakai ban tubeless bebas waswas ban bocor

Ban Motor Sering Gembos? Cek Tiga Hal Berikut Ilustrasi Ban (IDN Times/Dwi Agustiar)

Kalau kamu ingin lebih bebas dari masalah bocor mendadak, silakan gunakan ban jenis tubeless. Ban ini tidak akan gembos secara tiba-tiba. Selain itu ban tubeless juga lebih aman dari tusukan benda tajam seperti paku.

Jika ban dalam akan langsung bocor saat tertusuk paku, lain hal dengan ban tubeless. Paku yang menancap pada ban tubeless tidak akan membuat gembos selama paku tersebut masih menancap di ban tersebut.

Baca Juga: Motor Libur Sebulan, Haruskah Ganti Oli? Ini Jawabannya 

Baca Juga: Rotasi Ban Mobil Wajib Dilakukan, Bisa Mencegah Ban Aus Sebelah 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya