TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serupa tapi Tak Sama, Inilah 5 Perbedaan Bakso Cuanki vs Bakso Malang 

Hujan-hujan memang paling enak makan bakso!

ilustrasi bakso malang (instagram.com/baksopresident)

Siapa yang tak kenal dengan bakso malang? Kuliner ini, termasuk salah satu makanan  yang populer di Indonesia. Bakso malang banyak dijual di restoran restoran maupun pedagang pinggir jalan.  Harganya yang murah dan isiannya yang cukup banyak, membuat makanan ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. 

Eits, tapi selain bakso malang, ada juga bakso cuanki. Bakso cuanki merupakan makanan berkuah khas kota Bandung. Bakso cuanki biasa dijual oleh pedagang keliling menggunakan pikulan sehingga cuanki sendiri merupakan singkatan dari kata Cari Uang Jalan Kaki.

Baik bakso cuanki maupun bakso malang, sangat pas jika disantap ketika hujan turun. Sebab bakso berkuah dapat menghangkatkan tubuh di kala cuaca sedang dingin. Bakso malang maupun bakso cuanki memiliki komponen yang hampir serupa. Meski begitu mereka tidak sama lho. Berikut perbedaannya.

1. Asal-usul bakso

istockphoto.com/laughingmango

Walaupun mirip, tetapi kedua bakso ini berasal dari kota yang berbeda lho! Seperti namanya, bakso malang sudah pasti berasal dari kota Malang Jawa timur. Pada zaman dahulu bakso malang dijual menggunakan gerobak yang didorong. 

Untuk bakso cuanki sendiri, berasal dari kota Bandung. Cuanki pada awalnya dijual menggunakan pikulan dan memiliki suara kentongan yang khas untuk berjualan. 

Baca Juga: 7 Resep Membuat Bakso yang Enak dan Sehat, Aman untuk Anak-anak

2. Cara penyajian bakso

instagram.com/kokocelamitan

Cara penyajian bakso malang dengan bakso cuanki berbeda pun berbeda. Pada bakso malang, komponen bakso dan kuah diletakan terpisah. Setelah kuah dituang, kemudian komponen bakso baru dimasukan satu persatu ke dalam mangkuk.

Sedangkan pada bakso cuanki, semua komponen bakso ikut direbus bersama kuahnya. 

3. Isi bakso

istockphoto.com/laughingmango

Bakso malang memiliki komponen bakso yang lebih banyak dibandingkan dengan bakso cuanki. Komponen bakso malang terdiri dari bakso goreng, siomay rebus, bakso halus, bakso urat, tahu yang diisi siomay , pangsit goreng, dan mi kuning.

Sedangkan bakso cuanki memiliki komponen yang lebih simple yakni berupa bakso halus, tahu, dan siomay. Bakso cuanki tidak menggunakan mi kuning ataupun bihun layaknya bakso malang dan bakso pada umumnya. 

4. Bahan utama pembuatan bakso

istockphoto.com/asab974

Bahan untuk membuat bakso malang serupa dengan bakso pada umumnya, yakni menggunakan bahan dasar daging sapi atau ayam yang dicampur dengan tepung kemudian dibentuk bulat.

Berbeda dengan bakso malang, bakso cuanki biasanya terbuat dari daging ikan tenggiri dan  tidak menggunakan daging sapi atau ayam seperti bakso pada umumnya.

Baca Juga: Gak Bakal Hancur, Ikuti Saja 5 Kiat Membuat Bakso Tahu Ini!

Verified Writer

Renjana Aksara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya