TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perbedaan Mentega, Margarin, Butter, dan Roombutter

Serupa tapi sebenarnya tak sama

healthline.com

Siapa yang gak tahu mentega dan margarin? Kenal iya, tapi mungkin banyak yang suka tertukar atau justru keliru sama sekali. Banyak yang masih sering salah pengertian soal mentega dan margarin. 

Meski sekilas tampak sama, tetapi ternyata keduanya sangat berbeda. Sebagian lagi dibingungkan dengan istilah butter dan roombutter. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan perbedaan mentega, margarin, butter dan roombutter dari IDN Times berikut ini!

1. Margarin

consumer.org.hk

Margarin atau margarine terbuat dari lemak nabati, biasanya kelapa sawit. Minyak kelapa akan melalui proses hidrogenasi, yakni mengubah bentuk cair menjadi padat dengan gas hidrogen. 

Dari segi tekstur, margarin lebih keras dari mentega. Begitu juga dengan daya emulsinya yang lebih kuat. Kalau dibandingkan dari aroma, margarin aromanya memang tak sewangi mentega.

2. Mentega

super.abril.com.br

Yang sering kita sebut butter adalah mentega, bukan margarin. Salah satu produk mengandung minimal 80 persen lemak susu sapi. Berbeda dengan margarin, tekstur mentega lebih lembut dan mudah leleh, meski diletakkan dalam suhu ruangan. 

Aromanya harum alias wangi karena terbuat dari susu, rasanya gurih, dan biasanya warnanya lebih pucat dari margarin. Untuk mentega atau butter, biasanya ada jenis unsalted atau mentega tawar.

Baca Juga: Perbedaan Daging Ayam dan Bebek, Mana yang Paling Kamu Suka?

3. Roombutter

anappleaday.net.au

Istilah roombutter muncul dari bahasa Belanda "roomboter", yang artinya mentega. Jadi, roombutter sebenarnya gak ada bedanya dengan butter atau mentega pada umumnya.

Yang membedakan adalah kualitas menteganya, sehingga harganya jauh lebih mahal. Umumnya roombutter punya tekstur yang sangat lembut, begitu juga aromanya yang lebih manis. That's why roombutter biasanya jadi campuran kue atau cookies premium. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya