TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Nonton Film Sejarah

Film sejarah itu menyenangkan, loh!

www.timesofisrael.com

Genre film apa yang biasa kamu tonton di waktu senggang? Pernahkah kamu menonton film berlatar belakang sejarah? Kalau belum, kamu mesti segera mencobanya. Sekali nonton dijamin bikin ketagihan!

Berikut alasan mengapa film sejarah harus masuk dalam must-watch list kamu.

1. Minim drama

steemit.com

Karena cerita dalam film sejarah diangkat dari kisah nyata, alurnya selalu nampak masuk akal dan tidak terlalu dramatis bila dibandingkan dengan film fiksi. Selain itu, sebuah peristiwa sejarah selalu memiliki keunikan yang membuatnya menarik hingga diangkat ke layar lebar. Keunikan tersebut tak jarang membuat film memiliki jalan cerita yang tidak terduga dan menumbuhkan rasa penasaran penonton.

2. Memuat fakta-fakta menarik kehidupan di masa lalu

ukeropa.pw

Pernahkah terbayang di benakmu bagaimana kehidupan masa lalu sebelum terciptanya teknologi seperti alat elektronik dan internet? Dengan menonton film sejarah, kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan budaya manusia dari waktu ke waktu. Fakta-fakta tersebut selalu menjadi informasi yang menarik untuk digali, terutama bagi kalangan anak muda yang selalu ingin tahu.

3. Menambah wawasan

http://www.qhublog.com/

Menonton film sejarah menambah informasi mengenai fenomena-fenomena yang pernah terjadi di masa lampau. Semakin kaya informasi yang kita miliki, semakin kritis pula pemikiran kita dalam menyikapi segala hal terkait sejarah.

Baca Juga: Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 

4. Sarat akan pesan moral

http://worldpronews.com/

Peristiwa masa lampau difilmkan agar selalu dikenang dan diingat oleh masyarakat karena memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan masa kini. Secara tidak langsung, banyak nilai yang dapat dipetik dan direnungkan dari setiap penyelesaian konflik dalam film-film tersebut.

5. Alternatif media pembelajaran

www.shutterstock.com

Beberapa orang mungkin cepat jenuh bila harus mempelajari sejarah dari literatur atau penjelasan secara lisan. Untuk itu, film sejarah bisa menjadi solusinya. Peristiwa yang dikemas dalam bentuk film akan lebih mudah dipahami dan diingat, karena telah dirangkai se-menarik mungkin agar layak untuk ditonton.

6. Menumbuhkan penghargaan terhadap sejarah

djueng17.wordpress.com

Siapa yang tidak kenal semboyan “Jasmerah” yang dikemukakan oleh presiden pertama kita, Ir. Soekarno? artinya “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Barangkali dengan menonton film sejarah, kita menjadi lebih bersyukur atas apa yang telah sejarah torehkan pada kehidupan yang kita nikmati saat ini.

Baca Juga: 6 Film Baru yang Cocok Buat Nobar Selama Libur Lebaran

Writer

Alfitra D

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya