TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Nama Artis & Idol KPop yang Sering Salah Diucapkan Orang Indonesia

Kamu termasuk yang sering salah ucap?

facebook.com/bangtan.official

Huruf Hangul dan penulisanya dalam huruf latin memang cukup berbeda sehingga bagi orang non-Korea kadang sering salah dalam melafalkan nama maupun kata-kata dalam bahasa Korea. Hal ini juga terjadi dengan nama para artis dan Idol KPop.

Karena kesalahan penggemar Indonesia dalam menyebut namanya, salah satu aktor Korea bahkan sempat mengkonfirmasi secara langsung lho.

1. Kim Soo-Hyun

allkpop.com

Penggemar Indonesia sering mengucapkan nama Kim Soo-Hyun dengan 'Kim Sohyun'. Padahal nama aktor tampan ini tertulis dalam hangul 김수현 yang dibaca Kim-Su-Hyeon, kata Hyeon diucapkan menjadi Hyon namun dengan huruf 'O'-nya hanya dengan sedikit membuka mulut (bukan seperti mengucapkan huruf O secara bulat). 

Beberapa saat yang lalu, Kim Soo-Hyun sempat berada di Indonesia, lalu penggemar yang menyambutnya di bandara memanggil namanya dengan pengucapan 'Kim Sohyun', ketika sudah di venue acara Soo-Hyun langsung mengkonfirmasi cara pengucapan namanya.

Hal ini juga berlaku pada nama Baekhyun EXO, nama aslinya Byun Baek-Hyun yang tertulis di huruf hangul 변백현 dibaca Byeon Baek-Hyeon, namun penggemar Indonesia sering memanggilnya 'Byun Baekhyun'.

2. Kim So-Hyun

shopback.co.id

Penyebutan nama aktris cantik satu ini juga sering salah, penggemar sering menyebutnya dengan 'Kim Sohyun' juga seperti kasus nama Kim Soo-Hyun pada point sebelumnya. Namanya tertulis  김소현 dibaca Kim-So-Hyeon. Kata 'So'-nya benar dengan huruf o yang bulat dan 'Hyeon'-nya dibaca seperti nama Kim Soo-Hyun, yakni dengan pelafalan huruf O.

Baca Juga: 11 Idol KPop Ini Bikin Fans Pangling dengan Gaya Rambut 'Mullet'

3. Jeon Jungkook

sbs.com.au

Pengucapan nama Jungkook yang benar adalah 전정국 yaitu Jeon Jeong-Guk (kata Jeong diucapkan menjadi 'Jong' dengan huruf o yang hanya dengan sedikit membuka mulut, tidak bulat), namun penggemar Indonesia sering memanggilnya dengan kata 'Jeon Jung-kuk'.

4. Nam Joo-Hyuk

kpop.asiachan.com

Pengucapan nama aktor Nam Joo-Hyuk juga sama kasusnya seperti nama aktor Kim Soo-Hyun. Penggemar Indonesia sering memanggilnya 'Nam Johyuk' padahal seharusnya dibaca 남주혁 Nam Ju-Hyeok (kata Hyeok menjadi Hyok dengan huruf O seperti pengucapan Hyon pada nama Kim Soo-Hyun). 

5. Seo Joo-Hyun

allkpop.com

Selanjutnya ada nama maknae Girls Generation Seohyun yang sering dipanggil 'Sohyun' oleh penggemar Indonesia. Padahal seharusnya namanya adalah 서주현 Seo Ju-Hyeon atau kalau mau memanggil nama singkatnya menjadi Seo-Hyeon (Sohyon dengan kedua huruf o diucapkan dengan sedikit membuka mulut, tidak bulat).

6. Lee Jong-Suk

theseoulstory.com

Penggemar sering memanggilnya 'Li Jongsuk' padahal pengucapannya adalah 이종석 I Jong-Seok, kata Seok menjadi Sok dengan O tidak bulat penuh. Karena tidak ada huruf L di depan pada huruf hangul maka kata Li sebenarnya dibaca 'i' saja, namun orang Korea sendiri juga akan maklum jika dibaca Li.

Baca Juga: 11 Idol KPop yang Laris Main KDrama, Gak Bosan Lihatnya!

Verified Writer

Kim

An INTJ-A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya