TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Bersikap Adil pada Diri Sendiri, Sudahkah Melakukannya?

Pertimbangkan juga sisi kenyamananmu

ilustrasi betapa pentingnya bersikap adil kepada diri (pexels.com/cottonbro)

Bersikap adil adalah tindakan yang terpuji. Adil saat mengambil keputusan, adil memberikan kasih sayang, adil dalam kegiatan, dan sebagainya. Namun, adil ini juga tidak hanya ditujukan kepada orang lain saja, melainkan ke dirimu sendiri pun perlu. Selama ini kamu sudah terlalu adil terhadap orang lain, tapi sudahkah kamu adil kepada dirimu?

Sering kali tak disadari, bahwa ternyata kamu belum terlalu adil kepada dirimu. Ketika, badan dan pikiran sudah lelah, tetapi tetap memaksakan diri untuk bekerja. Saat ada hal-hal yang gak membuatmu nyaman, kamu pun tak berani bersuara untuk mengatakan yang sesungguhnya, agar orang lain bisa memahami, sehingga ditemukan jalan tengah terbaik untuk bersama.

Itulah beberapa contoh yang menunjukkan bahwa kamu masih kurang adil terhadap diri. Adillah kepada diri sendiri, agar kamu nyaman dan tenang dalam menjalani hari. Berikut lima cara bersikap adil kepada diri sendiri.

1. Sayangi dirimu sendiri 

ilustrasi menyayangi diri sendiri (pexels.com/Jeffrey Reed)

Cara pertama untuk bersikap adil kepada diri yaitu, menyayangi diri sendiri. Mungkin selama ini kamu hebat dalam hal menyayangi orang lain, tapi kamu kurang pandai dalam menyayangi diri sendiri. Sehingga, ketidakseimbangan ini menyebabkanmu merasa kurang tenang dalam menjalani hari.

Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah menyayangi diri. Perhatikan lagi apa saja yang kamu butuhkan. Jika, badan merasa lelah, beristirahatlah. Apabila hati sedang gelisah, berhentilah sejenak dari kesibukan dan tenangkan dulu dirimu. Menyayangi diri tidaklah egois, ini adalah tindakan yang perlu, sebab apa pun yang terjadi, dirimu lah yang akan selalu menemani.

Baca Juga: 5 Konsep Keliru Soal Self-Love yang Sering Terjadi, Bukan Egois!

2. Berikan apresiasi kepada diri 

ilustrasi mengapresiasi diri yang telah berjuang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu melihat orang lain berhasil meraih prestasi, kamu pasti memberikan apresiasi padanya. Nah, saat dirimu berhasil meraih sesuatu, sudahkah kamu mengapresiasi diri sendiri? Setidaknya berterima kasihlah kepada dirimu yang telah berjuang hingga berhasil meraih sesuatu yang kamu upayakan selama ini.

Memberikan apresiasi kepada diri, bukanlah hal yang aneh. Justru, dirimu akan semakin bersemangat lagi dalam menggapai cita-cita dan tujuan. Dampak positif mengapresiasi diri juga sama dengan saat kamu mengapresiasi orang lain. Energi dan motivasimu akan semakin meningkat. Selain itu, tindakan ini juga sebagai wujud menghargai diri sendiri.

3. Menyadari kelebihan yang kamu miliki 

ilustrasi mengenali potensi diri (pexels.com/Pixabay)

Ingin mampu adil kepada diri sendiri? Sadarilah kelebihan yang kamu miliki. Menyadari kemampuan diri berbeda dengan menyombongkan diri. Dikatakan sombong, apabila kamu menunjukkan kelebihanmu, lalu meremehkan orang-orang yang kurang mampu dalam bidangmu.

Namun, jika kamu menyadari kelebihanmu dan semakin mengasahnya untuk kebaikan masa depan. Itu merupakan sikap adil terhadap diri sendiri. Maka, jangan selalu merasa dirimu penuh dengan kekurangan, sebab sejatinya semua manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sadari kelebihanmu dan kembangkanlah lagi.

4. Janganlah kamu merasa selalu tak berdaya 

ilustrasi orang merasa lemah dan tak berdaya (pexels.com/Valeria Ushakova)

Kesulitan, tantangan dan rintangan, itu akan selalu ada. Apabila terasa berat, janganlah langsung menyerah dan merasa diri tak berdaya. Bersikap adillah kepada dirimu dengan cara meyakinkan diri, bahwa kamu mampu menghadapi segala jenis hambatan di depan.

Jika, selama ini kamu pandai memberikan dorongan kepada orang lain untuk kuat dalam menghadapi cobaan. Maka, kamu juga harus bisa menguatkan dirimu. Bukan malah terus-menerus merasa diri gak berdaya. Cobalah bangkit dan lakukan beberapa usaha terlebih dulu. Percaya dirilah bahwa kamu pasti bisa, itulah tindakan adil kepada diri sendiri.

Baca Juga: 7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiri

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya