TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjalani Hari Pertama Kuliah, biar Lebih Semangat!

Calon mahasiswa wajib baca ini

ilustrasi seorang mahasiswa (pexels.com/Armin Rimoldi)

Buat kamu yang sudah dinyatakan lolos di universitas impian, selamat ya karena sebentar lagi kamu akan resmi menjadi mahasiswa. Tapi, bagaimana kah perasaanmu setelah mengetahui bahwa sebentar lagi akan menghadapi hari pertama perkuliahan? Senang, biasa saja, atau gugup, nih?

Perasaan-perasaan tersebut memang kerap muncul bagi sebagian calon mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan untuk pertama kalinya. Apalagi membayangkan bagaimana kehidupan mahasiwa yang cukup kompleks karena akan disibukkan oleh berbagai mata kuliah, kegiatan kampus, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, kamu gak perlu khawatir karena apabila kamu mempersiapkan diri dengan baik, pasti akan bisa menjalaninya. Nah, biar kamu lebih semangat menjalani kuliah di hari pertama nanti, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Gunakan pakaian yang rapi dan sopan

ilustrasi para mahasiswa (pexels.com/Monstera)

Salah satu hal yang menyenangkan dari perkuliahan adalah tidak adanya seragam khusus yang harus digunakan layaknya saat masih sekolah menengah. Tapi, bukan berarti kamu bebas memakai busana sesuka hati, ya. Sebab, setiap perguruan tinggi pasti punya ketentuan berbusana yang harus ditaati oleh mahasiswanya. Namun secara umum, pakaian yang digunakan saat kuliah harus rapi dan sopan.

Dikutip Bustle, ada beberapa pakaian yang sangat mudah digunakan untuk hari pertama kuliah, seperti kemeja berkancing yang bisa membuatmu terlihat profesional tapi juga santai, celana jeans yang bisa membuatmu tampil trendi, dan blus lengan pendek. Sebenarnya, kamu boleh kok menggunakan pakaian yang disukai, asalkan pakaian tersebut sudah memenuhi standar peraturan di kampusmu, ya. Karena menggunakan pakaian yang rapi dan sopan juga bisa meningkatkan kesan yang baik kepada dosen dan teman-teman baru di kelas kamu, lho.

2. Mengikuti kegiatan belajar

ilustrasi kegiatan belajar mengajar di perkuliahan (pexels.com/fauxels)

Nah, tips kedua agar kamu bisa menjalani hari pertama kuliah dengan lancar ialah dengan mengikuti kegiatan belajar di kampus. Sebagai mahasiswa baru menjadi hal yang wajib untuk mengikuti pelajaran di hari pertama kuliah. Jangan grogi apalagi malas, ya justru ini merupakan langkah awal supaya kamu bisa mengenal lebih jauh mata kuliah yang akan dipelajari selama satu semester ke depan.

Dengan mengikuti kelas, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan tambahan dari dosen dan bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Kehadiran juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap nilai akhir mahasiswa. Dilansir Psychology Today, Glenn Geher, Ph.D., Profesor Psikologi di State University of New York di New Paltz, mengungkapkan mahasiswa yang berusaha keras untuk menghadiri kelas, apa pun yang terjadi, menunjukkan bahwa ia memiliki etos kerja yang akan mempermudah jalannya menuju sukses.

Baca Juga: 5 Kekurangan Kuliah di Luar Negeri, Pikirkan Matang-Matang!

3. Jangan malu berkenalan dengan mahasiswa lain

ilustrasi bertemu teman baru (pexels.com/George Pak)

Saat pertama kali mengikuti perkuliahan, kamu tidak hanya dipertemukan dengan pelajaran baru, tetapi juga teman-teman baru dari berbagai latar belakang dan tempat tinggal yang berbeda-beda. Ini adalah momen yang tepat untuk mengenal baik mereka.

Bagaimanapun mereka akan menjadi teman-teman seperjuanganmu selama menjalani kuliah. Di sisi lain, kamu juga bisa menemukan siapa saja orang-orang di kelas yang akan menjadi teman dekatmu selama kuliah untuk bisa saling mendukung, menguatkan, dan menolong ketika dilanda kesulitan.  

Jika kamu bingung harus berkenalan mulai dari mana, cobalah dengan melakukan kebaikan kepada mereka, misalnya dengan meminjamkan pulpen. Dikutip Elite Daily, selalu ada setidaknya satu orang di kelasmu yang panik mencari pulpen. Padahal dia berpikir telah memasukkan ke dalam tas. Kamu bisa meminjamkan pulpenmu padanya sebagai langkah awal untuk mengenalnya lebih jauh.

4. Cari tahu kegiatan mahasiswa di kampusmu

ilustrasi perkumpulan mahasiswa (pexels.com/Kampus Production)

Masa perkuliahan adalah masa yang tepat untuk menggali potensi diri. Biasanya, di hari pertama kuliah, kamu akan diperkenalkan dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau organisasi mahasiswa di kampusmu. Coba kenali lebih dalam kegiatan tersebut dan ikutilah kegiatan mahasiswa yang paling sesuai dengan minat kamu, meskipun itu hanya satu.

Kegiatan mahasiswa bisa menjadi sarana yang baik untuk mengembangkan soft skill, seperti manajemen waktu, problem solving, berpikir analisis dan kreatif serta berinteraksi dengan orang baru. Geher juga mengungkapkan mahasiswa yang memiliki reputasi sangat aktif dalam kegiatan ekstra kulikuler dinilai mempunyai banyak keunggulan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Fokuskan Selama Kuliah, Menunjang Karier!

Verified Writer

Delvi Ayuning

Menulis bukan hanya menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya