TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arti Penting Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

Agar tidak mudah terpecah belah

ilustrasi keberagaman (pexels.com/mentatdgt)

Apa arti persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia? Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, agama, ras, dan etnis.

Namun, keberagaman yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia juga memiliki risiko konflik yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kita harus memahami betapa pentingnya persantuan antar rakyat Indonesia.

Yuk, simak arti persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia di bawah ini!

1. Menciptakan kesatuan nasional

Ilustrasi persatuan (freepik.com/jcomp)

Salah satu arti penting persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia adalah untuk menciptakan kesatuan nasional. Dalam kehidupan bermasyarakat, terkadang kita memiliki perbedaan pandangan, budaya, maupun agama.

Meskipun begitu, kita harus dapat mempersatukan perbedaan tersebut untuk mencapai tujuan bersama sebagai satu bangsa. Persatuan nasional menjadi faktor penting dalam memperkuat identitas Indonesia sebagai negara yang majemuk.

2. Menjaga keharmonisan sosial

ilustrasi membantu tetangga (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Arti penting persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia selanjutnya adalah menjaga keharmonisan sosial. Sebagai masyarakat yang majemuk, kita harus dapat hidup berdampingan dengan penuh harmoni dan saling menghargai.

Dalam hal ini, persatuan menjadi faktor kunci dalam menjaga keharmonisan sosial. Ketika kita mempersatukan keberagaman yang ada, kita dapat menciptakan atmosfer kebersamaan dan saling memahami.

Baca Juga: Anak Muda Perlu Dorong Politik Damai Demi Jaga Persatuan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya