TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Alasan Sederhana Kenapa Banyak Orang Suka Bernostalgia

Apa yang membuat nostalgia terasa begitu menyenangkan?

ilustrasi bernostalgia (unsplash.com/Kinga Howard)

Meskipun tidak semua hal di masa lalu berisi pengalaman menyenangkan, tapi ketika sedang bernostalgia, biasanya kita bakal cenderung diingatkan dengan berbagai memori atau kejadian positif yang dulu pernah kita alami.

Inilah alasan logis kenapa nostalgia itu terasa menyenangkan ketika di lain waktu, pikiran cenderung mengarahkan kita untuk melihat sesuatu dari sudut pandang negatif. Ajaibnya ketika sedang mode nostalgia, kita seakan dibawa untuk mengingat rangkaian kejadian indah yang bernilai positif.

Walaupun respon orang bisa berbeda-beda, ada yang merasa senang, kangen, atau justru sedih karena tidak bisa kembali ke masa itu lagi. Namun, banyak orang tetap suka bernostalgia karena beberapa alasan sederhana. Berikut ini tiga alasannya!

Baca Juga: 5 Manfaat Nostalgia untuk Kesehatan, Bukan Berarti Terjebak Masa Lalu

1. Saat bernostalgia, diri kitalah yang jadi peran utamanya

ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Allef Vinicius)

Penyebab kenapa bernostalgia terasa sangat menyenangkan adalah karena selain kita diingatkan kembali dengan berbagai kejadian menyenangkan. Alasan lainnya adalah kita juga menjadi bintang utama dari cerita hidup kita sendiri.

Menyenangkan sekali ketika kita dibawa ke dalam cerita di mana diri kitalah yang menjadi peran utamanya. Di momen inilah kita dapat merasa bahwa kehadiran kita di dunia ini, gak melulu hanya jadi karakter sampingan saja. Tapi kita juga punya cerita hidup versi kita sendiri yang gak kalah menarik dari kisah orang lain.

Perasaan menjadi bintang utama ini mungkin agak terdengar narsis dan sedikit aneh. Tapi gak seburuk yang kamu kira, nyatanya perasaan seperti ini dibutuhkan agar kita tetap merasa eksis dan membuat kepercayaan diri meningkat.

2. Bersama nostalgia, terselip beberapa kenangan manis di sana

ilustrasi bernostalgia dengan foto (pexels.com/Squared one)

Nostalgia berbeda dari sekadar mengingat memori di masa lalu. Sebab, bersama nostalgia juga terselip beberapa kenangan manis yang tertinggal di sana.

Kenangan manis yang berisi banyak hal positif seperti pencapaian, momen masa kecil, kisah persahabatan, kedekatan keluarga, dan masih banyak lagi. Mengingatnya dapat membuat jiwa merasa tenang dan hati ikut menghangat.

Ya, walaupun berbagai kenangan tersebut tidak dapat diulang kembali atau dirasakan secara fisik, akan tetapi memori yang membekas di ingatan dapat membuat kita merasa seperti terhubung dengan masa lalu.

Baca Juga: 5 Manfaat Gak Terduga Habis Nostalgia sama Teman Lama

Verified Writer

Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya