Comscore Tracker

Begini Cerita Nelayan Penemu Oarfish Pertanda Gempa dan Tsunami

Oarfish baru terlihat selama tiga generasi terakhir

Makassar, IDN Times - Warganet baru-baru ini dihebohkan kemunculan ikan jenis Oarfish di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Ikan yang biasanya hidup di laut dalam itu dikaitkan dengan tanda-tanda munculnya gempa dan tsunami dalam waktu dekat.

Kemunculan Oarfish dikabarkan akun Facebook Irma Yanti Irma. Kabar itu kemudian viral di media sosial, hingga Badan Meteorologi Klimatologi dam Geofisika (BMKG) pun turut berkomentar.

Haerul, nelayan asal Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba penemu Oarfish di perairan Selayar mengaku menemukan ikan itu saat ia melaut pada Minggu (8/12). Saat itu, dia bersama rekan-rekan di Kapal Motor Nelayan Anugerah sudah satu pekan berada di tengah laut.

"Tiba-tiba muncul di permukaan. Lokasinya sekitar delapan mil di sebelah timur Selayar. Ikannya 4,3 meter, kurang lebih begitu," kata Haerul saat dihubungi IDN Times, Selasa (10/12) malam.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Oarfish, Ikan Ini Diduga Jadi Tanda Bencana saat Terlihat

1. Oarfish ditangkap saat mendekat ke kapal dengan kondisi loyo

Begini Cerita Nelayan Penemu Oarfish Pertanda Gempa dan TsunamiIkan Oarfish yang muncul di perairan Kepulauan Selayar. Facebook Irma Yanti Irma

Haerul bercerita, Oarfish muncul di permukaan laut sekitar pukul 12.00. Ikan pipih berbintik dan bersirip panjang itu berlayar di sekitar kapal yang tengah berhenti.

Haerul bersama teman-temannya lantas menangkap ikan tersebut dan diangkat ke atas kapal. Ikan itu terlihat lemas, dan tanpa perlawanan saat diangkat menggunakan ganco.

"Pas (kapal) mau pindah itu hari. Ikannya sudah loyo. Mungkin karena ikan itu tidak suka dengan cahaya," kata dia.

2. Ikan itu belum pernah terlihat selama tiga generasi

Begini Cerita Nelayan Penemu Oarfish Pertanda Gempa dan TsunamiIlustrasi Oarfish (philnews.ph)

Haerul yang mulai aktif melaut dua tahun terakhir, mengaku tidak pernah melihat Oarfish sebelumnya. Dari informasi yang dia kumpulkan dari pemilik kapal dan masyarakat di kampungnya, dia ikan itu belum pernah muncul di sekitar Bulukumba dan Selayar dalam waktu lama.

"Seumur-umur kakekku melaut, baru muncul itu di Selayar. Berarti tiga generasi. Yang punya kapal juga bilang, dari kecil sampai sekarang belum pernah lihat ikan begitu," kata dia.

3. Mitos tentang Oarfish diketahui dari internet

Begini Cerita Nelayan Penemu Oarfish Pertanda Gempa dan TsunamiIDN Times/Arief Rahmat

Saat menangkap Oarfish, Haerul dan kawan-kawan belum mengetahui jenis ikan itu. Dia baru mengetahui belakangan dari sepupunya, setelah melakukan pencarian di internet.

Mitos yang mengaitkan Oarfish dengan pertanda akan datangnya gempa dan tsunami pun baru diketahui, setelah membuka sejumlah referensi informasi melalui mesin pencari di internet.

"Tapi orang di kampung kan tidak percaya. Ikan ini muncul mungkin karena terganggu di bawah atau apa, kita tidak tahu," kata Haerul.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Heboh Oarfish Muncul di Kepulauan Selayar, Tanda Gempa dan Tsunami?

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You