TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Baleg DPR: 5 Fraksi Usulkan Perubahan Nama RUU Cipta Kerja

Gerindra usul kembali ke awal, RUU Cilaka

Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Badan Legislasi DPR RI menggelar rapat Panja Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker), membahas Daftar Inventaris Masalah (DIM) secara fisik. Rapat kali ini diwakili satu orang dari setiap fraksi dan sebagian virtual pada Rabu (20/5). Dalam rapat tersebut, lima fraksi mengusulkan mengubah judul RUU Cipta Kerja.

“Jadi ada lima fraksi yang mengusulkan perubahan judul RUU Cipta Kerja, yaitu Fraksi PDI Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKS, dan PPP,” kata Ketua Baleg Supratman Andi Agtas saat memimpin rapat.

Baca Juga: Jadi Aktivis Buruh, Rieke Diah Pitaloka Berat Hati Bahas RUU Ciptaker

1. PDIP usul penguatan UMKM, koperasi, dan industri

Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Wakil Ketua Baleg dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka memgusulkan judul RUU Ciptaker menjadi RUU Penguatan UMKM, Koperasi, Industri Nasional, dan Cipta Kerja.

Ia menjelaskan RUU Ciptaker disusun sebelum adanya pandemik COVID-19, tentu kondisinya berbeda dengan situasi pasca pandemik. Jika sebelumnya Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) menyumbang 14,7 persen dari total ekspor, menyerap 89,2 persen tenaga kerja.

"Tidak mungkin ciptakan lapangan kerja kalau UMKM, koperasi dan industri nasional tidak diperkuat. Dari judul mencerminkan kebangkitan ekonomi nasional dengan berikan suatu keputusan politik untuk penguatan UMKM, koperasi dan industri nasional," kata Rieke.

2. PKS usul RUU Penyediaan Lapangan Kerja

Buruh pabrik di Cikupa Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara, Fraksi PKS yang diwakili Bukhori mengusulkan judul RUU Ciptaker menjadi RUU Penyediaan Lapangan Kerja. Sebab menurut dia, substansi dalam RUU Ciptaker, sebanyak 801 pasal berisi tentang penyederhanaan perizinan dan kemudahan berusaha.

“Judul undang-undang harus sesuai isi pembahasan. Bahasa makna cipta kerja dalam dimensi utopis. Cipta kemampuan pikiran untuk suatu yang baru, sehingga dimensinya alam fiksi,” ujar dia.

3. PPP usul RUU Kesempatan Kerja dan Kemudahan Usaha

ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko

Fraksi PPP dibacakan Syamsurizal yang mengusulkan judul menjadi RUU Kesempatan Kerja dan Kemudahan Usaha, sebab menurut mereka, RUU Ciptaker yang diusulkan pemerintah hampir keseluruhannya mengubah iklim investasi.

“Memudahkan iklim berushaha, maka berikan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat sesuai Pasal 33,” kata dia.

4. Nasdem sama seperti PPP, Gerindra kembali ke awal usulan presiden

Ilustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Fauzan)

Hampir sama dengan PPP, Fraksi NasDem mengusulkan perubahan judul menjadi Kemudahan Berusaha dan Investasi. Sementara, Fraksi Gerindra yang diwakili Heri Gunawan berharap judul dapat dikembalikan sesuai usulan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam pidato pelantikan presiden dan wakil presiden di hadapan sidang paripurna DPR pada 20 Oktober, tentang Cipta Lapangan Kerja (RUU Cilaka).

“Agar ini konsisten dengan apa yang disampaikan kepala negara kita, sehingga pembahasan kita lebih nyaman dengan apan yang disampaikan kepala negara, saya pikir demikian,” ujar dia.

Baca Juga: Yasonna Laoly: Pembahasan RUU Ciptaker Dorong Sektor UMKM 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya