TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemlu: 99 Pengungsi Rohingya akan Dipindahkan ke Tempat Lebih Layak

UNHCR dan IOM mengapresiasi sikap Indonesia

Proses evakuasi imigran Rohingya yang terdampar di Aceh (Foto: Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengatakan, Pemda Aceh akan memindahkan 99 pengungsi Rohingya ke tempat yang lebih layak. Rencananya para pengungsi akan dipindahkan ke Balai Latihan Kerja Meunasah, Mee Kandang, Muara Dua, Lhokseumawe.

“Yang memindahkan bukan Kemlu. Ibu Menlu saat press briefing Kamis lalu menyampaikan informasi yang diterima dari Aceh keputusan Pemda Aceh dan instansi terkait untuk memindahkan imigran tersebut ke tempat yang lebih baik,” kata Faizasyah kepada IDN Times pada Sabtu, 4 Juli 2020. 

Lalu, apakah Kemlu sudah berkoordinasi dengan instansi lain seperti Badan PBB untuk urusan pengungsi, UNHCR dan isu migran, IOM?

Baca Juga: Bantu Selamatkan Pengungsi Rohingya, Warga Aceh Dipuji Warganet

1. Kemlu terus melakukan koordinasi dengan lembaga terkait

Proses evakuasi imigran Rohingya yang terdampar di Aceh (Foto: Istimewa)

Faiza menjelaskan demi kemanusiaan, saat ini Kemlu terus berkoordinasi bersama satgas penanganan pengungsi luar negeri yang ada di pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, Basarnas, BPDB dan dinas sosial di Aceh Utara.

“Tim UNHCR (Komisioner Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi) dan IOM sudah di Aceh dan bekerjasama dengan unsur pemerintah,” ujar pria yang sempat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kanada itu. 

2. UNHCR mengapresiasi Indonesia atas penyelamatan pengungsi Rohingya

Proses evakuasi imigran Rohingya yang terdampar di Aceh (Foto: Istimewa)

Sementara itu, UNHCR mengapresiasi Pemerintah Indonesia atas pemberian izin pendaratan darurat bagi pengungsi Rohingya di Aceh Utara, setelah beberapa lama mereka berada di atas kapal.

"Penyelamatan jiwa harus selalu menjadi prioritas utama. Kami memuji pihak otoritas di Indonesia yang telah mengizinkan kelompok pria, wanita, dan anak yang rentan ini untuk mendapat keselamatan," kata Kepala Perwakilan UNHCR di Indonesia Ann Maymann seperti dikutip dari Antara pada akhir Juni lalu. 

Baca Juga: PM Malaysia Desak ASEAN Ikut Cari Solusi Atasi Isu Pengungsi Rohingya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya