TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadwal Padat, Fit and Proper Test Panglima Baru Digelar Pekan Depan

DPR masih cari waktu untuk rapim dan bamus

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono ketika memimpin TNI AL latihan militer bersama di Super Garuda Shield 2022. (Dokumentasi Dispenal)

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Yudo Margono pada pekan depan.

Dasco menjelaskan, uji kelayakan itu tak digelar pekan ini karena jadwal DPR yang padat. Namun dia tak menyebut tepatnya kapan uji kelayakan akan digelar.

“Kalau pekan ini tidak mungkin, karena sekarang sudah Selasa, Kamis kelihatannya enggak ada rapim sama bamus,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Analis Militer: Dudung Tak Dipilih Jadi Panglima karena Langgar Tugas

1. DPR cari waktu gelar Rapim

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Politikus Gerindra ini menjelaskan, pihaknya sedang mencari waktu untuk menggelar rapat pimpinan (rapim) setelah menerima Surpres Pergantian Panglima TNI dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Jadi saya sampaikan bahwa Bamus itu harus didahului dengan rapim. Nah sementara, Rapim ini akan dilaksanakan kalau memenuhi kuorum. Sekarang sedang mencari kecocokan waktu dari para pimpinan yang sedang ada kegiatan,” kata Dasco.

2. Bamus akan tugaskan Komisi I terkait fit and proper test

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya Yudo Margono (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Setelah itu, pimpinan DPR akan membicarakan jadwal rapim dan badan musyawawarh (bamus) untuk menugaskan Komisi I DPR melaksanakan fit and proper test. Agenda ini direncanakan akan digelar pada pekan depan.

“Kita akan atur dan komunikasikan dengan Ibu Ketua (Puan Maharani) serta pimpinan lain, apakah memungkinkan itu minggu depan diadakan rapim dan bamus untuk menugaskan komisi teknis untuk melakukan kegiatan fit and proper tes,” ujar Dasco.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Alasan Pilih Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya