Comscore Tracker

Jokowi Bantu Rumah Keluarga Kru KRI Nanggala, Risma Santuni Rp115 Juta

Pemerintah juga memberikan layanan trauma healing

Sidoarjo, IDN Times - Pemerintah pusat melalui Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma, memberikan santunan hingga Rp115 juta kepada keluarga kru KRI Nanggala 402.

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga akan memberikan bantuan rumah kepada keluarga kru kapal selam KRI Nanggal 402. Anak-anak mereka juga diberikan beasiswa pendidikan hingga kuliah.

Baca Juga: Pemerintah Serahkan Santunan kepada 53 Ahli Waris KRI Nanggala 402

1. Santunan Rp15 juta ke tiap ahli waris

Jokowi Bantu Rumah Keluarga Kru KRI Nanggala, Risma Santuni Rp115 JutaMensos Tri Rismaharini saat beri santunan dan kuatkan keluarga kru Nanggala di Hanggar Lanudal Juanda, Kamis (29/4/2021). Dok. Istimewa

Risma memberikan santunan kepada 51 ahli waris KRI Nanggala-402 di Lanudal Juanda, Sidoarjo, Kamis (29/4/2021). Untuk dua ahli waris, telah diberikan lebih awal saat kunjungan. Masing-masing ahli waris mendapatkan Rp15 juta.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat meringankan sebagian beban keluarga yang ditinggalkan," ujar mantan Wali Kota Surabaya ini.

2. Bantuan Rp100 juta untuk kebutuhan anak, piagam kehormatan, hingga trauma healing

Jokowi Bantu Rumah Keluarga Kru KRI Nanggala, Risma Santuni Rp115 JutaMensos Tri Rismaharini saat beri santunan dan kuatkan keluarga kru Nanggala di Hanggar Lanudal Juanda, Kamis (29/4/2021). Dok. Istimewa

Selain santunan, Risma juga menyerahkan bantuan pendukung pemenuhan kebutuhan dasar untuk anak dan bayi dalam kandungan yang ditinggalkan. Bantuan ini masing-masing Rp100 juta. Ditambah, piagam kehormatan untuk korban.

Lebih lanjut, Mensos kelahiran Kediri ini juga memberikan layanan trauma healing kepada keluarga korban. Nantinya, Risma akan terus memantau dan memastikan keluarga korban mendapatkan pendampingan.

"Kami akan kirimkan petugas untuk penanganan trauma. Yang dari daerah sudah berjalan melalui balai-balai kami. Mudah-mudahan dengan ini membantu meringankan beban psikologis keluarga prajurit," dia melanjutkan.

3. Khofifah terima kasih dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat

Jokowi Bantu Rumah Keluarga Kru KRI Nanggala, Risma Santuni Rp115 JutaGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menandatangani peresmian gedung pelatihan milik Dinas Koperasi Jatim. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berterima kasih atas bantuan dari pemerintah pusat. Terutama bantuan rumah dari Presiden Jokowi untuk keluarga korban. Karena selama ini, banyak dari mereka yang masih tinggal di kompleks TNI maupun flat.

"Alhamdulillah. Terima kasih Pak Presiden. Rumah merupakan kebutuhan dasar bagi keluarga. Ada anggota keluarga KRI Nanggala 402 yang tinggal di kompleks, ada yang di flat, jika mereka dapat bantuan rumah akan menjamin tempat tinggal mereka di kemudian hari," pungkas Khofifah.

Baca Juga: Jokowi Janji Bangunkan Rumah untuk Keluarga Korban KRI Nanggala-402

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya