Comscore Tracker

Polda Jatim Siap Periksa Mulan Jameela Kasus Investasi Bodong MeMiles

Ada 13 selebritas yang akan diperiksa

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur telah memeriksa dua penyanyi Eka Deli Mardiyana dan Marcello Tahitoe atau Ello, terkait kasus dugaan investasi bodong MeMiles. Ada belasan selebritas yang diduga terkait investasi ini.

Eka diperiksa pada Senin (13/1) selama 11 jam dengan lebih dari 50 pertanyaan dari penyidik. Sementara, Ello diperiksa hari ini, Selasa (14/1).  

1. Ada 13 nama dari kalangan publik figur yang diperiksa

Polda Jatim Siap Periksa Mulan Jameela Kasus Investasi Bodong MeMilesKombes Trunoyudo Wisnu Andiko (IDN Times/Galih Persiana)

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, polisi akan memeriksa 13 publik figur. Sebelumnya surat pemanggilan pemeriksaan telah dilayangkan kepada Eka Deli, Ello, Judika, dan Adjie Notonegoro.

"Kita sedang mendalami adanya 13 nama publik figur yang kaitannya difasilitasi tadi, termasuk yang empat dipanggil ini," ujar dia saat ditemui di Mapolda Jatim, Selasa (14/1).

Adapun 13 inisial yang rencananya dipanggil antara lain AP, SD MJ, PM, MA, R, TJ, SS, RG, C, D, L dan M.

Baca Juga: Mengaku Merugi, Puluhan Member Desak Polda Jatim Buka Kembali MeMiles

2. Mulan Jameela ikut diperiksa

Polda Jatim Siap Periksa Mulan Jameela Kasus Investasi Bodong MeMilesMulan Jameela (memakai hijab). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dari 13 selebritas yang akan dipanggil, di antaranya adalah penyanyi yang kini menjadi anggota DPR Mulan Jameela. Polda Jatim akan mengupayakan pemanggilannya, termasuk meminta izin tertulis kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Ya (ajukan izin ke presiden), mekanismenya ada semua berdasarkan aturan pemanggilan," kata Trunoyudo.

Kendati, Trunoyudo mengatakan, polisi masih akan mengkaji terlebih dahulu keterlibatan 13 publik figur tersebut. Apabila memang dibutuhkan keterangannya, maka surat pemanggilan segera dilayangkan.

"Namun semua kita akan melakukan kajian melalui proses penyidikan ini dengan meminta pendapat ahli," kata dia.

3. Pendapat ahli akan digabungkan dengan barang bukti dan keterangan tersangka serta saksi

Polda Jatim Siap Periksa Mulan Jameela Kasus Investasi Bodong MeMilesEllo penuhi panggilan kasus investasi MeMiles Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (14/1). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Setelah mendapatkan pendapat ahli, polisi segera merujuk pada temuan yang sudah ada. Mulai dari barang bukti, keterangan tersangka, hingga keterangan saksi seperti Eka Deli dan Ello yang sudah diperiksa dua hari ini.

"Nanti pada putusan pendapat ahli, setelah selesai itu kita mengacu pada alat bukti, termasuk pendapat ahli akan kita lakukan gelar perkara," kata Trunoyudo.

Baca Juga: Aneh, Ada Iklan Sandal Jepit hingga Makanan Bekas pada MeMiles

4. Eka mengakui terima hadiah dari PT Kam and Kam

Polda Jatim Siap Periksa Mulan Jameela Kasus Investasi Bodong MeMilesPenyanyi Eka Deli Mardiyana usai diperiksa kasus investasi MeMiles di Ditreskrimsus Polda Jatim, Senin (13/1). (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Polisi menemukan fakta baru ketika memeriksa Eka Deli, kemarin (13/1). Ternyata penyanyi tersebut hanyalah perantara bagi publik figur yang diundang ke acara MeMiles. Namun, ia juga mendapat 'hadiah' dari PT Kam and Kam selaku perusahaan yang menaungi MeMiles.

"Yang bersangkutan menerima reward dalam bentuk benda, yaitu kendaraan roda empat SUV yang sedang dalam perjalanan," kata Trunoyudo.

Saat ini mobil hadiah tersebut telah diserahkan ke Polda Jawa Timur, dan perjalanan dibawa ke Mapolda Jatim. Nantinya mobil ini akan menjadi barang bukti.

Baca Juga: Kasus Investasi Bodong MeMiles, Penyanyi Ello Diperiksa Polda Jatim

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya