Larangan Mudik Berlaku, 1.717 Kendaraan Ditolak Masuk ke Jatim

Disuruh putar balik deh

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menegaskan pelarangan mudik bagi semua masyarakat pada Hari Raya Idulfitri tahun ini. Sejalan dengan instruksi tersebut, Pemprov Jatim, Polda, serta TNI melakukan penyekatan di delapan pintu masuk Jatim sejak Sabtu (25/4).

1. Sebanyak 1.717 kendaraan diminta putar balik

Larangan Mudik Berlaku, 1.717 Kendaraan Ditolak Masuk ke JatimIlustrasi penyemprotan kendaraan di Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Selama penyekatan tersebut, terhitung ada 1.717 yang dihalau oleh petugas jaga di lapangan. Mereka yang menghalau terdiri dari aparat kepolisian, TNI, dan Pemda. Semua kendaraan yang membawa penumpang mudik ke Jatim diminta putar balik.

"Pembatasan kendaraan yang diputar balik di perbatasan itu tanggal 25 April, roda dua ada 708 unit, roda empat 851 unit, truk ada 99 unit, bus ada 59 unit," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Minggu (26/4).

2. Truk tidak bawa logistik maupun alkes diminta putar balik

Larangan Mudik Berlaku, 1.717 Kendaraan Ditolak Masuk ke JatimIlustrasi truk. IDN Times/Dwi Agustiar

Terkait dengan penghalauan truk, Trunoyudo menyebut bahwa kendaraan tersebut tidak membawa logistik sama sekali. Sopir juga tidak dapat menjelaskan alasan masuk ke Jatim, alhasil petugas memintanya untuk putar balik.

"Truk di antaranya tidak ada aktivitas, dia keluar masuk tidak membawa barang apapun. Tidak membawa logistik, sembako, dan alat kesehatan, tidak dijelaskan rinci (oleh sopir)," kata dia.

Baca Juga: Polisi Memprediksi Angka Kriminalitas di Surabaya Meningkat saat PSBB

3. Kendaraan keluar masuk Jatim masih banyak

Larangan Mudik Berlaku, 1.717 Kendaraan Ditolak Masuk ke JatimIlustrasi penyekatan kendaraan. IDN Times/ Khaerul Anwar

Total kendaraan yang keluar masuk Jatim pada Sabtu (25/4) cukup banyak. Beberapa diperbolehkan keluar-masuk, sebagian dilarang keras bahkan diminta putar balik. Mereka yang boleh masuk karena tidak sedang mudik, ada juga yang membawa logistik maupun alat kesehatan.

"Data kendaraan keluar dan masuk wilayah Jawa Timur tanggal 25 April sebanyak, roda dua itu yang keluar 1.780 unit, masuk itu 2.185 unit. Roda empat keluarnya 1.238 unit, kemudian masuknya 1.341 unit. Bus keluar 148 unit, masuk 160 unit,"terang mantan Kabid Humas Polda Jabar tersebut.

4. Data terakhir, 374.430 orang mudik ke Jatim

Larangan Mudik Berlaku, 1.717 Kendaraan Ditolak Masuk ke JatimIlustrasi penyekatan. IDN Times/Khaerul Anwar

Adapun delapan titik masuk Jatim yang disekat yakni perbatasan Tuban, Bojonegoro-Cepu, Ngawi-Mantingan-Sragen jalur biasa, Ngawi-Mantingan-Sragen jalur tol, Magetan-Larangan, Ponorogo-Wonogiri, Pacitan-Wonogiri, dan Pelabuhan Ketapang-Banyuwangi.

Check point lainnya juga dilakukan di Terminal Bus Kertonegoro, Ngawi dam Terminal Bus Kembang Putih, Tuban. Upaya ini bukan tanpa alasan, karena berdasar data terakhir yang diterima IDN Times, hingga Kamis (23/4) ada 374.430 pemudik yang masuk ke Jatim.

Baca Juga: 8 Titik Masuk Jatim Disekat, Nekat Mudik Disuruh Putar Balik

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya