Comscore Tracker

Gunung Semeru Meletus, Warga Lereng Masih Santai

Warga lereng Semeru yakin masih aman

Lumajang, IDN Times - Gunung Semeru di Jawa Timur, kembali bergejolak sejak Jumat 27 November 2020. Peningkatan aktivitas vulkanik yang terjadi berupa muntahan lava yang ke luar dari Kawah Jonggring Saloko. 

PVMBG pun menetapkan level II atau status waspada di sekitaran gunung tertinggi Pulau Jawa ini.

Bahkan, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memutuskan untuk menutup jalur pendakian mulai Senin (30/11/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

IDN Times mencoba menghubungi Ermawati, salah seorang guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang mengajar di Thoriqul Huda, Ranu Pani, Kabupaten Lumajang. Ranu Pani merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan desa terakhir sebelum jalur pendakian ke Gunung Semeru.

"Iya ada informasi kalau erupsi, sekarang ditutup (untuk pendakiannya)," ujarnya saat dihubungi, Senin siang.

1. Aktivitas warga yang tinggal di lereng Semeru masih normal

Gunung Semeru Meletus, Warga Lereng Masih SantaiErmawati (38) guru MI yang tetap mengajar ke rumah siswanya di Ranu Pani. Ermawati for IDN Times

Meski begitu, perempuan yang akrab disapa Erma itu masih melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM). Sebab, belum ada imbauan apapun dari pemkab setempat. Aktivitas di lereng gunung menurutnya juga masih normal.

"Sekolah masih masuk, saya masih ngajar ke MI. Erupsinya tidak terasa, material gunung tidak ada yang ke arah kawasan penduduk sama sekali," jelasnya.

2. Desa lereng Semeru tak rasakan erupsi

Gunung Semeru Meletus, Warga Lereng Masih SantaiPimpinan Desa Ngadas dan tokoh masyarakat Suku Tengger saat Upacara Karo (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Terpisah, Kepala Desa Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Mujianto juga mengonfirmasi bahwa aktivitas di desanya masih normal. Bahkan, pihaknya tidak merasakan adanya erupsi Gunung Semeru sama sekali. Dia hanya mendapat informasi kalau erupsi di sekitaran kawasan Lumajang.

"Tidak ada (erupsi), sementara hujan deras dan kabut tebal, tidak kelihatan (erupsinya) dari Ngadas," ucapnya.

Baca Juga: Meletus, Gunung Semeru Keluarkan Lava dan Berstatus Waspada

3. Belum ada imbauan dari pemkab setempat

Gunung Semeru Meletus, Warga Lereng Masih SantaiGuguran lava pijar tampak di lereng Gunung Semeru. Instagram/bbtnbromotenggersemeru

Sama halnya Erma, Mujianto juga belum mendapatkan imbauan kewaspadaan dari pemkab setempat. Hanya saja, dia berharap erupsi tidak semakin membesar. Lebih lanjut, arah angin diharapkan juga tidak berembus ke utara. Sehingga, debu atau material yang dikeluarkan tidak ke Desa Ngadas.

"Belum ada (imbauan), tetapi Ngadas aman terkendali. Mudah-mudahan angin tidak mengarah ke utara," harapnya.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Pendakian Resmi Ditutup Mulai Hari Ini 

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya