Comscore Tracker

Kapolda Sumut: Pelaku Ledakan Bom Medan Sudah Berlatih di Tanah Karo

Kelompok teroris ini bisa meneror dimana saja

Medan, IDN Times - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memastikan kelompok teroris bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11) lalu, sudah mempersiapkan aksi mereka. Hal itu berdasarkan penyelidikan tim Densus 88 dan jajaran Polda Sumut.

Agus mengatakan dari beberapa lokasi yang digeledah, tim gabungan mendapati sejumlah bahan peledak low explosive atau berkekuatan rendah. Kemudian senjata api rakitan, senapan angin, senjata tajam, dan senjata panah.

Baca Juga: [BREAKING] 2 Terduga Teroris Menyerahkan Diri, Rumahnya Penuh Senjata

1. Mereka sempat menggelar latihan sebelum melakukan bom bunuh diri di Medan

Kapolda Sumut: Pelaku Ledakan Bom Medan Sudah Berlatih di Tanah Karo(Markas Polrestabes Medan) IDN Times/Larasati Rey

Agus mengatakan kelompok teror yang melakukan bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan sudah merencanakan sebelumnya, bahkan sudah menggelar latihan.

"Saya rasa mereka ini sudah mempersiapkannya. Sebelumnya mereka juga latihan di daerah Tanah Karo," kata Agus di Rumah Sakit Bhayangkara TK II Medan, Jalan KH Wahid Hasyim, Kecamatan Medan Baru, Sumatera Utara, Senin (18/11).

Namun, Agus tidak menjelaskan secara rinci apakah kelompok ini memiliki target lain. Dia hanya menyebut mereka bisa melakukan tindakan dan sasarannya di mana saja.

"Mungkin tempat ibadah atau fasilitas umum lainnya. Tujuannya memancing kericuhan, sehingga membuat suasana tidak aman," kata dia.

2. Densus 88 tangkap 46 terduga teroris setelah ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan

Kapolda Sumut: Pelaku Ledakan Bom Medan Sudah Berlatih di Tanah KaroUpdate Kasus Bom Medan, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, puluhan terduga teroris ditangkap kepolisian, usai peristiwa bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

"Densus 88 dan jajaran Polda sudah mengamankan atau menetapkan tersangka sejumlah 46 orang, seluruhnya," kata Dedi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin.

Baca Juga: Mantan Teroris Ali Fauzi: Pelaku Bom Medan Tak Paham Perencanaan

3. Sebanyak 23 terduga teroris merupakan jaringan JAD Sumut dan Aceh

Kapolda Sumut: Pelaku Ledakan Bom Medan Sudah Berlatih di Tanah Karo(Markas Polrestabes Medan) IDN Times/Larasati Rey

Dedi menjelaskan, 23 dari 46 terduga teroris memiliki keterkaitan langsung dengan kelompok teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok ini dipimpin terduga teroris berinisial Y.

"Ini jaringannya yaitu meliputi jaringan Sumut dan jaringan Aceh," kata dia.

4. Empat terduga teroris menyerahkan diri kepada kepolisian

Kapolda Sumut: Pelaku Ledakan Bom Medan Sudah Berlatih di Tanah KaroUpdate Kasus Bom Medan, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dedi menyebutkan dari 23 terduga teroris, empat di antaranya menyerahkan diri kepada kepolisian. Kemudian, dua lainnya yang tewas ditembak karena melawan aparat

"Saat dilakukan upaya penangkapan, (dua tersangka itu) melakukan perlawanan dengan menggunakan senjata tajam dan menggunakan air softgun," kata dia.

Akibat perlawanan dua terduga teroris tersebut, seorang anggota Densus 88 mengalami luka. "Di bagian tangan akibat sabetan senjata tajam dan luka dibagian belakang. Kemudian sisanya, dilakukan penangkapan seperti biasa," kata Dedi.

5. Sebanyak 23 terduga teroris lainnya ditangkap di beberapa wilayah

Kapolda Sumut: Pelaku Ledakan Bom Medan Sudah Berlatih di Tanah Karo(Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat menyampaikan tersangka ledakan bom bunuh diri Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu [13/11]) IDN Times/Axel Jo Harianja

Jenderal bintang satu itu mengatakan, 23 terduga teroris lainnya ditangkap di beberapa wilayah. Antara lain di Banten empat terduga teroris, Jakarta tiga orang, dan Jawa Tengah sembilan orang.

"Untuk wilayah Jawa Barat ada enam orang. Kemudian di Wilayah Kalimantan Timur ada satu orang," kata Dedi.

6. Istri pelaku ledakan bom Medan juga ditangkap

Kapolda Sumut: Pelaku Ledakan Bom Medan Sudah Berlatih di Tanah Karo(Situasi Mapolrestabes Medan usai ledakan bom bunuh diri, Rabu [13/11]) IDN Times/Yurika Febrianti

Dedi menuturkan, istri pelaku bom bunuh diri di Medan, Rabbial (RMN), berinisial DA, juga ditangkap. Dari hasil pemeriksaan, DA pernah berkomunikasi dengan napi di Lapas Medan terkait rencana aksi teror di Bali.

“DA cukup aktif di media sosial dan secara fisik sudah pernah berkomunikasi lewat Facebook atas nama I, yang saat ini I sedang menjalani proses hukuman di lapas klas 2 wanita, yang ada di Medan. Dan di dalam jejaring komunikasi media sosialnya mereka merencanakan aksi terorisme di Bali. Itu lagi didalami dan dikembangkan,” kata Dedi di Mako Brimob Depok, Kamis (14/11) lalu.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menambahkan, DA terpapar paham radikal lebih dulu ketimbang suaminya, RMN. "Densus 88 sudah mengamankan istri daripada pelaku. Istri pelaku tersebut atas nama DA. DA yang diduga yang terpapar lebih dahulu dibandingkan pelaku," ujar Dedi.

Baca Juga: 46 Terduga Teroris Ditangkap Setelah Bom Medan, 4 Menyerahkan Diri

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You