Comscore Tracker

5 Serangan Teroris yang Menyasar Polisi di Kota Medan

Ledakan bom pernah terjadi di Sibolga hingga tiga kali

Medan, IDN Times - Ledakan diduga bom bunuh diri di markas Polrestabes Medan, Jalan HM Said Nomor 1, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11) pagi melukai empat polisi dan dua warga sipil.

Serangan teroris ini bukan kali pertama terjadi di kota Medan. Selama 10 tahun terakhir, IDN Times mencatat ada lima serangan teroris yang menyasar polisi di kota ini.

Empat dari lima serangan tersebut korbannya adalah polisi. Sedangkan satu target lainnya adalah seorang pastor. Berikut kasus-kasus aksi terorisme di Medan.

1. Mapolsek Hamparan Perak diberondong tembakan oleh sekelompok terduga teroris

5 Serangan Teroris yang Menyasar Polisi di Kota Medan(Polsek Hamparan Perak di Jalan Perintis Kemerdekaan No 1, Sumatera Utara) Google Street View

Markas Kepolisian Sektor Hamparan Perak, Sumatera Utara, diserang sekelompok teroris pada 22 September 2010 dini hari.

Pelakunya diduga berjumlah 12 orang menggunakan enam sepeda motor. Saat itu ada empat polisi di dalam kantor polisi itu. Tiga meninggal dunia akibat terkena rentetan tembakan, sedangkan seorang polisi menderita luka serius.

Tiga tahun setelah kejadian ini, para teroris tersebut berhasil ditangkap dan diadili. Tidak hanya menyerang Polsek Hamparan Perak, mereka juga merampok tiga bank di Medan pada 2009-2010.

Baca Juga: Rumah Terduga Pelaku Bom Polrestabes Digeledah, Warga: Dia Driver Ojol

2. Dua teroris serang pos jaga Polda Sumut

5 Serangan Teroris yang Menyasar Polisi di Kota MedanIDN Times/Fadli Syahputra

Markas Polisi Daerah Sumatera Utara di Jalan Medan Tanjung Morawa Kilometer 10,5 juga diserang dua teroris pada 25 Juni 2017 pukul 03.00 WIB.

Kepala Polda Sumut yang menjabat saat itu, Inspektur Jenderal Rycko Amelza Dahniel menyebut pelaku penyerangan pos jaga Polda Sumut adalah teroris. Namun, dia tidak menyebut dari kelompok atau jaringan teroris mana kedua pelaku berasal.

3. Teroris serang pastor saat membaca kitab suci di gereja

5 Serangan Teroris yang Menyasar Polisi di Kota MedanGereka Katolik di Medan (Dok Humas Polda Sumut)

Pada 2016, juga terjadi percobaan bom bunuh diri di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep, Jalan Dr Mansur Medan, Minggu (28/8/2016) pagi. Ledakan bom berkekuatan rendah itu terjadi sekitar pukul 08.20 WIB, saat Pastor Albert Pandiangan OFM Cap selesai membaca kitab suci.

Saat itu, tas ransel yang dibawa pelaku berinisial IAH meledak. Pelaku duduk di kursi barisan pertama, kemudian ia berusaha menyerang pastor dengan benda tajam.

4. Tiga kali ledakan bom di Sibolga

5 Serangan Teroris yang Menyasar Polisi di Kota MedanIDN Times/Hendra Simanjuntak

Pada 12 Maret 2019 Kota Sibolga dihebohkan dengan ledakan bom. Pertama pada pukul 14.20 WIB terjadi ledakan bom di Jalan Cendrawasih di rumah terduga teroris Abu Hamzah. Ledakan ini mengakibatkan korban luka satu anggota Densus 88 dan satu warga sipil.

Selanjutnya, pada pukul 16.30 WIB teman pelaku bernama Asmir Khoir alias Ameng dan Halimah, ditangkap di Jalan Sisingamangaraja, simpang Gambolo, Sambas, serta penggeledahan rumah marga Simanjuntak di Jalan Kutilang.

Pada 13 Maret 2019 pukul 01.30 WIB juga terjadi dua kali ledakan bom bunuh diri, yang mengakibatkan satu personel Polres mengalami luka ringan karena terkena serpihan bom. Polisi menemukan jenazah istri Abu Hamzah dan dua anaknya.

Ledakan ini sangat terasa dan menghancurkan puluhan rumah.

5. Bom bunuh diri di Polrestabes Medan

5 Serangan Teroris yang Menyasar Polisi di Kota MedanLedakan bom Polrestabes Medan (Dok. IDN Times/IStimewa)

Terbaru, bom bunuh diri mengguncang Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11) pukul 08.45 WIB.

Bom meledak di depan kantin yang bersebelahan dengan ruangan pelayanan SKCK. Seorang saksi, Lila Mayasari mengatakan, saat kejadian dia sedang berada di Polrestabes Medan untuk mengurus SKCK sebagai syarat ujian CPNS.

Enam orang terluka dalam kejadian ini. Empat di antaranya adalah polisi dan dua warga sipil. Sedangkan terduga teroris tewas.

https://www.youtube.com/embed/40M0ADpl_xk

Baca Juga: Detik-detik Ledakan Bom Polrestabes Medan, Lila: Saya Sampai Terangkat

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya