Hadir di KLB Sumut, Empat Ketua DPC Demokrat di Sulsel Dipecat

Empat ketua tingkat kabupaten/kota terbukti hadir di KLB

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sulawesi Selatan memecat empat ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) atau tingkat kabupaten/kota. Mereka dipecat karena menghadiri kongres luar biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Ketua DPC yang dipecat, masing-masing M Ridha asal Pangkep, Andi Insan P Tanri (Sidrap), Andi Hairuddin (Barru), dan Ikrar Kamaruddin (Takalar).

"Dipecat. Hari ini mungkin dibawa pak ketua DPD surat pemecatannya dari Jakarta," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Sulsel Selle KS Dalle saat dikonfirmasi IDN Times melalui telepon, Senin (8/3/2021).

Selle mengatakan, empat ketua tersebut sudah diduga hadir di KLB yang memenangkan Moeldoko sebagai ketua umum. Sebab mereka tidak hadir dalam agenda Rapat Koordinasi Daerah dan apel siaga Partai Demokrat Sulsel, di Hotel Four Points Makassar, Jumat 5 Maret 2021 lalu.

Baca Juga: Setia Dukung AHY, Demokrat Sulsel Tolak Keras KLB dan Moeldoko

1. Terbukti menghadiri KLB Deli Serdang

Hadir di KLB Sumut, Empat Ketua DPC Demokrat di Sulsel DipecatPendiri Partai Demokrat Etty Manduapessy (tengah) didampingi para kader lainnya menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Endi Ahmad

Selle menyebut keempat orang itu dipecat karena terbukti menghadiri KLB di Deli Serdang. Sebelum itu, pengurus DPD Demokrat Sulsel memang telah mengendus keberadaan mereka di KLB Deli Serdang. Namun saat itu, DPD masih mencari tahu kebenaran informasi tersebut.

"Dipecat dan siap sebagai pengkhianat partai. Secara administrasi sanksi partai dipecat, diberhentikan dan secara sosial kita anggap sebagai pengkhianat partai," kata Selle.

2. Empat DPC tidak hadir di rakorda dan apel siaga Demokrat

Hadir di KLB Sumut, Empat Ketua DPC Demokrat di Sulsel DipecatKetua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah saat Rakorda dan Apel Siaga Demokrat Sulsel di Hotel Claro Makassar, Jumat (5/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Saat Rakorda dan Apel Siaga di Makassar, memang ada 5 ketua DPC yang tidak hadir tanpa keterangan. Yaitu Pangkep, Sidrap, Barru, Takalar dan Gowa. Namum Selle mengatakan khusus Gowa, dia sudah mendapatkan koonfirmasi soal alasannya tidak datang.

"Dia telepon. Kalau yang empat orang ini memang lost contack sama sekali. Kalau Gowa itu pada saat dimulai apel siaga rakorda dia memang tidak hadir tetapi pada saat berlangsung sempat terhubung, dia telepon," kata Selle.

3. Demokrat tunjuk pelaksana tugas

Hadir di KLB Sumut, Empat Ketua DPC Demokrat di Sulsel DipecatIDN Times/istimewa

Selle mengatakan, pemecatan tersebut dibarengi penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) ketua DPC. Namun dia belum menyebutkan siapa saja yang ditunjuk sebagai Plt.

"Plt pasti ada. Begitu ada SK pemecatannya sekaligus dengan penunjukan PLT di empat daerah ini," kata Selle. 

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Mengaku Diajak Kudeta AHY, Ini Alasannya Menolak

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya