Comscore Tracker

Warga Makassar Jarah Coolbox Berisi Sampel Swab Pasien COVID-19

Dikhawatirkan bisa menularkan virus kepada orang lain

Makassar, IDN Times - Warga di Makassar, Sulawesi Selatan, menjarah kotak pendingin atau coolbox penyimpanan sampel swab pasien COVID-19. Kotak pendingin milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji itu dibawa kabur saat ratusan orang mendatangi rumah sakit untuk mengambil paksa jenazah pasien COVID-19.

Direktur Utama RSUD Labuang Baji, Andi Mappatoba mengatakan, coolbox tersebut dibawa kabur dari ruang perawatan.

"Iya diambil paksa. Dia kira apa ini coolbox itu. Tapi begini, tadi pagi kejadian tiba-tiba ada orang hampir 100-an datang ke rumah sakit, tidak tahu dari mana asalnya masuk ke ruang perawatan mengambil itu,” kata Mappatoba, Jumat (5/6).

1. Coolbox yang dijarah berbahaya karena berisi sampel swab pasien COVID-19

Warga Makassar Jarah Coolbox Berisi Sampel Swab Pasien COVID-19Ilustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19 (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Penjarahan coolbox ini, selain sangat disayangkan oleh pihak rumah sakit, dampaknya juga membahayakan. Sebab, coolbox tersebut berisi sampel swab pasien COVID-19. Mappatoba khawatir akan terjadi penularan virus ke orang lain.

“Bahaya itu, karena di dalam coolbox itu ada satu hasil pemeriksaan di dalamnya. Berandai-andai misalnya itu orang memegang dan menyentuh atau membuka kebetulan itu barang hasilnya positif, kan menyebar itu,” kata dia.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 di Samarinda Ngamuk hingga Pukul Perawat 

2. Dua coolbox yang dijarah warga sudah ditemukan

Warga Makassar Jarah Coolbox Berisi Sampel Swab Pasien COVID-19Tangkapan layar dari video penjarahan kotak pendingin atau coolbox di RSUD Labuang Baji Makassar, Jumat (5/6)

Mappatoba menyebut ada dua coolbox yang diambil warga. Namun coolbox tersebut kini sudah berhasil ditemukan oleh petugas medis yang segera melakukan pencarian.

“Sudah dikembalikan tadi, karena dia bawa keluar sampai di jalan, kami kejar ambil itu. Kan ada dua yang dibawa, satu itu yang tempat penyimpanan (sampel),” katanya. 

Kendati telah dikembalikan, Mappatoba tidak mengetahui secara pasti apakah coolbox itu telah dibuka oleh warga yang mengambil atau tetap dibiarkan tertutup.

“Tapi saya perhatikan itu dalam kondisi tertutup saat dikembalikan. Sudah kembali dua-duanya,” kata Mappatoba.

3. Jenazah pasien diambil paksa oleh keluarga

Warga Makassar Jarah Coolbox Berisi Sampel Swab Pasien COVID-19Aksi membawa kabur jenazah pasien PDP COVID-19 di RSKD Dadi Makassar terekam CCTV. Screenshot

Diketahui, penjarahan coolbox itu terjadi saat jenazah pasien PDP dibawa kabur oleh warga di RSUD Labuang Baji Makassar. Pasien meninggal dunia pada pukul 10.20 WITA, Jumat (5/6) tadi, setelah menjalani perawatan dua hari di rumah sakit.

Korban meninggal merupakan laki-laki bernama Muhammad Yunus, warga Makassar. Dia didiagnosis terkonfirmasi COVID-19. 

Pihak keluarga yang awalnya berjumlah sekitar 40 orang mendatangi rumah sakit dengan tujuan membawa paksa pasien dari RSUD Labuang Baji menuju rumah pasien di Jalan Ratulangi. Belakangan, jumlah warga yang datang semakin banyak hingga akhirnya memicu penjarahan.

Baca Juga: Keluarga Bawa Sajam Ambil Paksa Jenazah PDP, Ini Kata Gubernur Sulsel

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya