Comscore Tracker

5 dari 191 Tenaga Kesehatan di Jabar yang Positif COVID-19 Meninggal

Data sejak Maret hingga akhir Juni

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat mengungkap adanya 191 tenaga kesehatan (nakes) yang dinyatakan terpapar virus corona (COVID-19). Dari jumlah tersebut, lima di antaranya meninggal dunia.

"Total tenaga kesehatan meninggal terinfeksi COVID-19 ada lima orang. Meninggal bukan karena merawat pasien COVID-19," ungka Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jabar Berli Hamdani melalui pesan singkat, Jumat (26/6).

1. Paling banyak di Bogor, Depok, Sukabumi

5 dari 191 Tenaga Kesehatan di Jabar yang Positif COVID-19 MeninggalWarga melintas di depan mural bertema COVID-19 di Kampung Kemlayan, Serengan, Solo, Jawa Tengah, Senin (20/4/2020). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Jumlah kasus tenaga kesehatan yang terinfeksi COVID-19 tersebut berdasarkan data sejak 2 Maret hingga 25 Juni 2020. Berli mengatakan wilayah dengan kasus penularan terhadap tenaga kesehatan yang paling banyak ada di Kota Depok, Kota Bogor, dan Kota Sukabumi. 

Baca Juga: Jalan Panjang Perekonomian Rakyat Jabar di Tengah Pandemik COVID-19

2. Ada 1.076 nakes dalam berstatus PDP

5 dari 191 Tenaga Kesehatan di Jabar yang Positif COVID-19 MeninggalANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Selain nakes yang dinyatakan positif meninggal, ada juga 1.076 nakes yang berstatus dalam pemantauan atau PDP. Namun, dia tidak menyebut secara rinci berapa jumlah nakes yang telah selesai diawasi dan sembuh dari virus corona.

"Terbanyak di Kota Depok, Kota Cirebon, dan Kabupaten Bogor," Berli.

3. 188 nakes berstatus ODP

5 dari 191 Tenaga Kesehatan di Jabar yang Positif COVID-19 MeninggalPetugas medis menunggu warga yang akan melakukan test swab COVID-19 pada acara Program BNI Berbagi Swab Test gratis di Jakarta, Rabu (20/5/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sementara itu, sebanyak 188 nakes juga dinyatakan berstatus orang dalam pengawasan atau ODP. Ratusan Nakes berstatus dalam pengawasan tersebut tersebar di di Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kota Cirebon.

"Terbanyak di Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kota Cirebon," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Klaim Selama PSBB Proporsional Kasus COVID-19 Menurun

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya