KPU Jabar Ungkap Adanya 11 Juta Lebih DPS untuk Pilkada 2020

DPS Kabupaten Bandung paling banyak

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2020 untuk delapan kabupaten/kota di Jabar. Adapun total jumlah dari DPS ini ialah sebanyak 11.635.025 orang.

Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq mengatakan, dari jutaan orang yang memiliki hak pilih di delapan kabupaten/kota di Jabar, paling banyak didominasi oleh warga Kabupaten Bandung.

"Kabupaten Bandung jumlah pemilih laki-laki dan perempuan ada sebanyak 2.356.673 pemilih," ujar Endun melalui pesan singkat, Minggu (27/9/2020).

1. Jumlah pemilih sementara masih didominasi laki-laki

KPU Jabar Ungkap Adanya 11 Juta Lebih DPS untuk Pilkada 2020IDN Times/ Arif Rahmat

Endun menuturkan, jumlah pemilih laki-laki dalam Pilkada 2020 di Jawa Barat lebih banyak daripada pemilih perempuan. Meski begitu, Endun mengatakan bahwa jumlah di antara keduanya tidak berbeda jauh.

"Pemilih laki-laki ada sebanyak 5.847.939 orang, sedangkan pemilih perempuan ada sebanyak 5.787.086 orang," ungkapnya.

2. Jumlah DPS masih bersifat sementara

KPU Jabar Ungkap Adanya 11 Juta Lebih DPS untuk Pilkada 2020Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 (http://updatenews.co.id/dua-kandidat-bapaslon-pilkada-pandeg)

Dihubungi terpisah, Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok mengatakan, jumlah 11 juta ini sudah berdasarkan hasil pendataan dari masing-masing kecamatan di delapan kabupaten/kota. Namun menurutnya, angka tersebut masih menjadi data sementara.

"Pemutakhiran itu berasal dari 231 kecamatan, 2.159 desa atau kelurahan, dengan jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) sebanyak 33.301 TPS," kata Rifqi.

3. Semua perhitungan DPS tetap menerapkan protokol kesehatan

KPU Jabar Ungkap Adanya 11 Juta Lebih DPS untuk Pilkada 2020Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (IDN Times/Istimewa)

Rifqi menambahkan, KPU Jabar sudah menetapkan 50 calon atau 25 Paslon yang resmi akan memperebutkan kursi bupati/wali kota di delapan kabupaten dan kota. Adapun untuk calon yang tertua berkisar di usia 70 tahun, sedangkan calon termuda berusia 33 tahun.

"Selain tahapan berjalan baik sesuai dengan jadwal program dan kegiatan yang diterapkan, kita juga sudah memastikan tahapan itu berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19," kata dia.

4. Ada delapan daerah di Jabar gelar Pilkada di tengah pandemik corona

KPU Jabar Ungkap Adanya 11 Juta Lebih DPS untuk Pilkada 2020Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, ada delapan daerah di Jabar yang akan menggelar pesta demokrasi tahun ini di antaranya ialah Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

Saat ini KPU masing-masing daerah juga sudah diizinkan untuk menggelar tahapan kampanye selama 71 hari. Setelah itu, Paslon akan mengikuti tahapan debat dan pada pertengahan Desember 2020 pencoblosan akan di mulai.

Baca Juga: Waspada Klaster Pilkada, 300 Personel TNI Amankan Pilkada Balikpapan

Baca Juga: Berpotensi Merugikan Masyarakat, MUI Jabar Minta Pilkada 2020 Ditunda

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya